Comscore Tracker

Catat Bun! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperlancar ASI

Mudah dicari dan juga nikmat!

Air susu ibu (ASI) adalah nutrisi paling penting untuk diberikan kepada bayi. Bahkan, para peneliti sepakat bahwa tidak ada nutrisi terbaik untuk bayi selain ASI. Maka dari itu, ASI yang sedikit alias macet kerap membuat para ibu menjadi resah.

Ibu menyusui jangan cemas dulu, karena ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu melancarkan ASI. Apa saja? Yuk, intip daftarnya di bawah ini!

1. Kacang-kacangan

Catat Bun! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperlancar ASIilustrasi kacang almond (pexels.com/Karolina Grabowska)

Camilan sehat, nikmat, dan punya kemampuan untuk melancarkan ASI adalah kacang-kacangan. Dilansir Sanford Health, kacang-kacangan mengandung kalsium, protein, vitamin serta zat besi yang dapat membantu memproduksi ASI.

Ditambah lagi, kacang-kacangan juga mengandung serat dan antioksidan tinggi, sehingga akan membuat kulit awet muda dan memperlancar sistem pencernaan.

Mengutip Verywell Health, kacang-kacangan, khususnya almon mentah, menyehatkan dan tinggi akan protein dan kalsium. Susu almon juga bisa menjadi pilihan.

2. Bayam

Catat Bun! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperlancar ASIilustrasi bayam (pexels.com/Rodolfo Quirós)

Selain daun katuk, sayur bayam turut dianggap sebagai makanan yang dapat memperlancar ASI. Apa benar begitu? Faktanya, ibu menyusui memang disarankan untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau, contohnya bayam. 

Dilansir Verywell Family, sayuran hijau seperti bayam, selada, kangkung, dan brokoli sangat kaya akan nutrisi, terutama kalsium dan vitamin A.

Belum lagi sayuran hijau ini mengandung fitoestrogen yang juga dipercaya memiliki efek positif pada produksi ASI.

Baca Juga: Amankah Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Menyusui? Ini Anjurannya

3. Telur rebus

Catat Bun! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperlancar ASIilustrasi telur rebus (pexels.com/Jane D)

Telur rebus kaya akan protein, tetapi tetap rendah kalori yang tentu sangat cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Dilansir Sanford Health, telur mengandung protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D serta folat. Semua nutrisi tersebut dapat meningkatkan produksi hormon prolaktin sehingga akan merangsang produksi lebih banyak ASI, lo!

4. Susu kacang

Catat Bun! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperlancar ASIilustrasi susu kacang (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Rasanya yang nikmat serta kaya nutrisi membuat banyak orang percaya jika susu kacang dapat meningkatkan produksi ASI. Faktanya, susu kacang tidak berdampak langsung dalam meningkatkan produksi ASI.

Dilansir Healhtline, susu berbahan kacang merupakan sumber vitamin B6 serta vitamin B12 yang dapat memperbaiki suasana hati (mood) ibu menyusui serta menurunkan risiko depresi. Nah, suasana hati yang baik pada ibu menyusui tentunya akan mempermudah tubuh untuk memproduksi ASI.

5. Kurma

Catat Bun! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperlancar ASIilustrasi kurma (pexels.com/Adhitya Rizky)

Anggapan bahwa mengonsumsi buah kurma atau minum sari kurma dapat memperlancar ASI ternyata bukan isapan jempol belaka, lo. Nyatanya, ini didukung oleh penelitian dari Journal of Pediatric Sciences tahun 2012. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa berbagai kandungan nutrisi buah kurma, seperti kalsium, magnesium, fosfor, zink, kalium, mangan, dan selenium dapat membantu meningkatkan produksi ASI secara bertahap. 

Tak hanya memperbanyak produksi ASI, konsumsi kurma akan menjadi penambah energi sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu menyusui. 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu memperlancar ASI. Selain memperhatikan asupan nutrisi, mengelola stres juga tak kalah penting agar ASI tetap lancar dan berkualitas baik. Bila produksi ASI menurun dan khawatir si Kecil tidak mendapatkan ASI yang cukup dan merasa bayi tidak berkembang, konsultasikan ke dokter atau konsultan laktasi.

Baca Juga: Dear Mom, Ini Alasan Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya