Comscore Tracker

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!

Asam urat yang dibiarkan bisa sangat berbahaya

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi dan biasanya paling banyak dialami oleh orang dengan usia lanjut. Penyakit yang menyerang persendian ini dapat memicu rasa nyeri yang luar biasa.

Lalu, jika tidak segera ditangani kondisi ini dapat memicu komplikasi penyakit yang lebih berbahaya. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Diabetes

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!rdmag.com

Asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan diketahui memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes. Hal ini dijelaskan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan jika kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena diabetes hingga 20 persen.

2. Batu ginjal

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!urology.co.za

Saat asam urat menumpuk secara terus menerus, maka penumpukan tersebut lama kelamaan akan terbentuk menjadi batu ginjal. Hal ini biasanya terjadi akibat asam urat dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat. Oleh karena itu, semakin lama kamu membiarkan asam urat tanpa pengobatan, maka akan semakin cepat pula batu ginjal terbentuk.

3. Tophi

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!pcds.org.uk

Tophi merupakan benjolan kecil berwarna putih yang diakibatkan oleh penumpukan kristal padat di bawah kulit. Kondisi ini biasanya muncul karena asam urat yang tidak segera diobati. Selain itu, saat serangan asam urat datang, tophi biasanya akan meradang dan terasa menyakitkan, hingga penderitanya kesulitan melakukan aktivitas.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Mengurangi Nyeri Asam Urat untuk Kamu yang Berisiko Kena

4. Penyakit jantung koroner

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!healthline.com

Kristal yang terbentuk karena asam urat yang menumpuk ternyata tidak hanya memengaruhi kinerja ginjal saja. Sebab, kristal asam urat juga dapat terbawa oleh darah hingga jantung dan menyebabkan penyumbatan. Akibatnya, kamu juga akan berisiko terkena penyakit jantung koroner.

5. Sakit ginjal kronis

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!theconversation.com

Menurut National Kidney Foundation, penyakit ginjal kronis dan asam urat memiliki keterkaitan yang sangat erat. Oleh karena itu, biasanya orang dengan penyakit ginjal kronis akan lebih sering terkena asam urat. Sedangkan, orang dengan asam urat juga berisiko tinggi terkena sakit ginjal kronis.

6. Gagal ginjal

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!kidney.org

Penumpukan batu ginjal akibat terbentuknya kristal asam urat yang tidak segera ditangani pada akhirnya juga akan memengaruhi fungsi ginjal. Tidak hanya menyebabkan munculnya batu ginjal dan sakit ginjal kronis saja, penumpukan asam urat juga dapat menyebabkan gagal ginjal yang sangat berbahaya bagi tubuh.

7. Kerusakan sendi

7 Komplikasi Berbahaya jika Asam Urat Tak Segera Diobati, Waspadalah!practicalpainmanagement.com

Saat kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkontrol, maka akibatnya terjadi kerusakan sendi secara permanen. Biasanya, kerusakan sendi ini akan muncul setelah tophi timbul di bagian sendi yang meradang. Sayangnya, karena kondisi ini cukup serius, maka diperlukan prosedur operasi untuk memperbaiki sendi-sendi yang rusak tersebut.

Itulah beberapa bahaya asam urat yang tidak segera diobati. Oleh karenanya, apabila kamu menemukan gejala-gejala awal asam urat seperti nyeri di bagian persendian, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kadar asam urat dan kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Umum Terjadinya Asam Urat yang Sering Orang Abaikan

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya