Comscore Tracker

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinya

Ya, ternyata biji salak bisa dikonsumsi dan penuh manfaat

Buah salak dengan nama latin Salacca zalacca merupakan jenis buah berduri yang memiliki daging berwarna putih gading dan biji cokelat gelap cenderung hitam yang cukup besar. Biasanya, biji buah yang bertekstur keras ini akan dibuang begitu saja setelah daging buahnya habis dimakan. Namun ternyata, biji salak dapat diolah dan dikonsumsi kembali, karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Salah satu olahan tersebut ialah bubuk kopi biji salak yang memiliki rasa khas serta berbeda dengan rasa kopi pada umumnya. Dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, pati, air, dan selulosa, biji salak memliki khasiat yang beragam. Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Mengatasi asam urat

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyathehealingsole.com

Mengonsumsi biji salak menjadi salah satu cara alternatif untuk mengatasi penyakit asam urat. Tidak hanya itu, kandungan senyawa dalam biji salak juga ampuh untuk mencegah penyakit rematik, nyeri otot, serta mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian.

2. Memperlancar peredaran darah

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu MengonsumsinyaPixabay.com/allinonemovie

Kandungan senyawa dalam biji salak juga mampu melancarkan peredaran darah. Aliran darah yang lancar menghasilkan suplai oksigen yang baik untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga, tubuh akan terasa lebih ringan dan sehat.

3. Mencegah hipertensi

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyaedisoninst.com

Lancarnya aliran darah dan suplai oksigen yang cukup setelah mengonsumsi biji salak ternyata mampu mengurangi risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika sudah begini, kamu dapat terhindar dari timbulnya penyakit akibat tersumbatnya aliran darah.

4. Meningkatkan massa otot

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyapexels.com/anush

Mengonsumsi biji salak yang kaya akan protein dan zat baik lainnya ini dapat membantu meningkatkan kinerja otot, membantu proses yang berkaitan dengan sistem syaraf, dan meningkatkan kesehatan otot. Dengan begitu, otot akan menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Jangan Menolak Pepaya, Karena Ada 7 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Ini

5. Meningkatkan kecerdasan

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyakulturehub.com

Selain menyehatkan badan, kandungan senyawa pada biji salak dapat meningkatkan konsentrasi dan merangsang daya motorik otak. Dengan pola pikir yang menjadi lebih cepat dan baik, kamu juga dapat terhindar dari stres dan depresi.

6. Menambah tenaga

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyamenshealth.com

Kandungan karbohidrat yang berasal dari biji salak mampu memenuhi kebutuhan energi harian yang diburuhkan tubuh untuk menjalani berbagai aktivitas setiap harinya. Dibandingkan dengan meminum minuman kemasan dengan embel-embel dapat menambah tenaga secara instan, lebih baik mengonsumsi biji salak yang dijadikan sebagai kopi, sebagai salah satu cara alternatif yang alami.

7. Menyehatkan lambung

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyahellosehat.com

Biji salak yang dijadikan minuman layaknya kopi ini, jika diminum secara baik dan teratur, dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk menyehatkan lambung. Selain itu, kondisi lambung yang sehat akan membuat kamu terhindar dari penyakit maag dan radang.

8. Memperlancar sistem pencernaan

Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinyapopsci.com

Dalam kepercayaan orang-orang dahulu, memakan buah salak dipercaya dapat menghambat saluran pencernaan dan membuat BAB susah. Sebenarnya, salak memiliki kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi biji buah ini dapat membantu organ pencernaan mengolah makanan dengan lebih baik.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari biji salak yang dapat kamu peroleh jika mengonsumsinya dengan teratur. Namun, tetap harus diingat jika segala sesuatu yang berlebihan tidak akan berakhir baik. Oleh karena itu, konsumsi biji salak sesuai dengan kebutuhan saja agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: Ternyata Jus Rumput Punya 6 Manfaat Kesehatan Ini Lho, Bersedia Coba?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:00:04

Progress: 751.508 dari 813.350 TPS (92.39663%)

Just For You