Comscore Tracker

5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energi

Bikin semangat dan produktif sepanjang hari

Aktivitas yang kamu lakukan setelah bangun tidur sedikit banyak memengaruhi harimu. Jika bangun mepet dengan jam berangkat kerja, kamu akan terburu-buru karena takut terlambat. Alhasil, kamu tak sempat melakukan kegiatan self-care seperti sarapan dan meditasi.

Akibatnya, suasana hati cenderung naik turun dan kamu menjadi mudah lesu. Hal ini tentunya berdampak pada tingkat produktivitasmu. Agar performa tetap optimal sepanjang hari, cobalah lakukan kebiasaan sehat berikut ini sebelum sarapan untuk membantu menyuplai tambahan energi.

1. Membereskan tempat tidur

5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energiilustrasi orang merapikan kasur (pexels.com/cottonbro)

Membereskan kasur menjadi part yang paling sering dilewatkan oleh banyak orang usai bangun tidur. Alasannya beragam, mulai dari tak sempat hingga enggan merapikan karena, toh, kasur akan berantakan lagi.

Padahal, aktivitas merapikan tempat tidur pada pagi hari bantu tingkatkan energi lantaran membuat tubuh kamu bergerak, seperti dijelaskan dalam laman Livestrong. Lagipula, melihat tempat tidur tertata rapi usai beraktivitas seharian mampu meningkatkan suasana hati di penghujung hari, lo!

2. Melakukan peregangan

5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energiilustrasi orang melakukan perenggangan (pexels.com/Andres Ayrton)

Tak hanya mengawali olahraga, peregangan juga dapat dilakukan sebelum memulai aktivitas. Melakukan peregangan dapat membuat suhu tubuh lebih hangat sehingga proses metabolisme berjalan lebih lancar.

Sebuah studi dalam jurnal Perceptual and Motor Skills pada 2020 menyebutkan, orang yang melakukan peregangan selama 10 hari merasa lebih berenergi dan suasana hatinya cenderung lebih stabil. Jenis gerakan yang dapat dilakukan dalam hal ini di antaranya ialah planklunges, push-up, atau sit-up.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Minum yang Dapat Merusak Tubuh

3. Berjalan kaki

5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energiilustrasi orang berjalan (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Aktivitas lain yang bisa dilakukan sebelum sarapan dan memulai aktivitas pada pagi hari ialah berjalan kaki. Dijelaskan melalui studi dalam British Journal of Sports Medicine pada 2019, berolahraga pada pagi hari bisa pertajam fokus dan daya ingat. Efeknya akan bertambah jika aktivitas ini dilakukan dengan orang tersayang.

Selain baik untuk kesehatan fisik, berjalan kaki di sekitar rumah juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Sebab, kamu berkesempatan mendapat sinar matahari yang cukup, berinteraksi dengan orang sekitar, dan menghirup udara segar.

4. Penuhi kebutuhan hidrasi

5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energiilustrasi minum (pexels.com/Andrea Piacquadion)

Sebagai komponen terbesar tubuh, air memerankan banyak fungsi vital. Salah satunya ialah memperlancar sistem metabolisme. Dilansir SelectHealth, konsumsi air dapat tingkatkan laju metabolisme hingga 25 persen. 

Selain itu, air juga diketahui bantu optimalkan performa kerja sebab dapat mempertajam fokus dan konsentrasi sehingga produktivitas kian meningkat. Tanpa cairan yang cukup, tubuh berisiko mengalami dehidrasi dan efeknya terhadap performa tak bisa dianggap sepele.

Sebuah studi dalam International Journal of Environmental Research and Public Health pada 2019 melaporkan, orang-orang yang mengalami dehidrasi cenderung mendapat skor rendah di ujian. Namun, skornya melonjak setelah mereka terhidrasi dengan baik.

5. Melakukan meditasi

5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energiilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dikenal sebagai metode yang bantu kelola stres, meditasi ternyata membawa manfaat yang lebih dari itu. Dijelaskan melalui Journal of Cognitive Enhancement pada 2018, rutin bermeditasi memiliki efek jangka panjang terhadap attention span dan kapabilitas kognitif.

Meditasi bisa dilakukan dengan mudah, lo! Tips dari Harvard Health Publishing, duduklah di kursi dan bernapas lewat hidung. Biarkan udara masuk dan mengisi paru, lalu keluarkan napas secara perlahan melalui mulut. Proses ini dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga kamu lebih merasa rileks.

Untuk mendongkrak energi dan produktivitas sepanjang hari, kamu bisa mencoba bangun lebih awal untuk melakukan serangkaian kegiatan di atas. Walau mungkin awalnya sulit, tetapi sangat worth it untuk dicoba. Sebab, selain membantu tingkatkan performa, ini juga baik untuk melatih kedisiplinan. Yuk, lakukan dengan konsisten mulai sekarang!

Baca Juga: 14 Kebiasaan Ini Memengaruhi Keseimbangan Hormon

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya