Comscore Tracker

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu Kamu

Memanjanglah, wahai tubuh~

Tinggi tubuh yang rendah menjadi masalah untuk sebagian orang. Selain karena ejekan teman-teman, tubuh yang pendek memang sedikit kesulitan dalam melakukan beberapa aktivitas. Begitu pun ketika ingin melamar pekerjaan untuk berbagai posisi yang memerlukan tinggi badan yang mumpuni.

Jangan khawatir, kamu bisa melakukan usaha latihan yang bisa menambah tinggi badanmu. Ada beberapa latihan yang secara signifikan dapat "memanjangkan" badan. Simak artikel ini ya!

1. Pelvic Shift

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu Kamupinterest.com

Pelvic shift adalah salah satu latihan paling populer dan sukses untuk menambah tinggi badan, terlebih lagi untuk wanita. Dikutip dari stylesatlife.com, latihan peregangan khusus ini juga membuat bokong mengencang dan merilekskan tubuh, dan telah terbukti efektif dalam merilekskan pikiran juga.

Caranya, baringkan tubuh kamu di lantai dengan posisi tangan berada di samping. Taruh telapak tangan dan kaki menghadap lantai. Tarik kaki kamu menuju bokong, lalu angkat bagian panggul kamu dengan titik berat berada pada bagian bahu. Tahan posisi ini selama 20 detik, lalu berbaring ke lantai. Lakukan ini secara berulang.

2. Cobra stretch

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu Kamuworkoutlabs.com

Salah satu latihan yoga ini dimaksudkan untuk meregangkan tulang belakang kamu, sehingga membuatnya lentur dan fleksibel. Dilansir dari stylecraze.com, gerakan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang rawan di antara tulang belakang kamu yang menyebabkan peningkatan tinggi badan.

Berbaringlah di lantai menghadap ke bawah dan telapak tangan berada di samping seperti posisi push-up. Angkat dan lengkungkan punggung, lalu tahan posisi ini selama sekitar 20 detik. Setelah itu, rilekskan badan kamu dan kembali ke posisi normal. Ulangi langkah ini untuk setidaknya 5 hingga 10 kali lagi.

3. Kayang

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu Kamuceramicfutures.com

Kamu pasti pernah mencoba gerakan ini ketika mata pelajaran olahraga saat materi senam lantai. Kayang memang cukup sulit bagi sebagian orang, khususnya yang mempunyai berat badan lebih. Namun, gerakan ini bisa membantu meregangkan area punggung sampai ujung kaki kamu.

Caranya berbaring dengan posisi kedua telapak tangan membalik ke arah lantai di samping kepala. Tarik kedua kaki kamu menuju panggul, lalu dorong tangan kamu secara perlahan untuk mengangkat tubuh kamu. Pastikan pinggang kamu rileks dan mendorong ke atas juga.

Baca Juga: 7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepat

4. Hanging dan pull-up

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu KamuPexels.com/Victor Freitas

Menggantung tubuh kamu dengan dukungan tangan memang membantu meregangkan otot-otot pada tubuh. Sebenarnya bergelantungan pada tiang sudah bisa membantu menarik otot-otot.

Namun, untuk memaksimalkan latihan ini lakukanlah dua atau tiga kali pull-up. Secara umum, orang-orang melakukan gerakan pull-up pada bar besi. Jika tidak punya, carilah batang pohon yang sangat kuat dan pastikan ia tidak akan patah.

Dilansir dari blog.decathlon.in, langkah untuk melakukannya adalah melompat dan bertahan di mistar. Selanjutnya, Jaga agar lengan dan tulang belakang kamu tetap dalam posisi lurus. Bertahanlah dalam posisi ini selama 30 detik. Ulangi hal yang sama setidaknya tiga kali sehari.

5. Lompat skipping

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu KamuIlustrasi skipping (parenting.firstcr.com)

Jika berolahraga adalah hal yang sulit untuk dilakukan maka lakukan sesuatu yang membantu kamu bersenang-senang sambil mencapai tujuan kebugaran kamu. Melompat adalah salah satunya. Dikutip dari blog.decathlon.in, semakin sering kamu melompat, semakin besar kemungkinan membuat kaki kamu lebih panjang.

Ada banyak gerakan melompat yang populer seperti, skipping, trampolin, dan masih banyak lagi. Skipping sepertinya lebih mudah karena hanya membutuhkan seutas tali dan kamu bisa mulai latihan melompat.

6. Jogging

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu Kamufreepik.com

Berlari adalah hal yang paling mudah bagi kamu untuk tumbuh tinggi. Dilansir dari iluvesports.com, jogging 30 menit hingga 1 jam setiap hari dapat merangsang kelenjar pituitari untuk melepaskan hormon pertumbuhan 3-4 kali lebih tinggi dari biasanya. Waktu yang tepat untuk berlari adalah pagi atau sore hari, kamu dapat berolahraga sambil menikmati udara luar yang segar dan keindahan alam.

7. Berenang

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu KamuPexels.com/Guduru Ajay bhargav

Salah satu olahraga yang menyenangkan adalah renang. Dilansir dari stylecraze.com, berenang selama beberapa jam setidaknya selama 5 hari seminggu dianggap sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badan kamu. 

Berenang sering disebut juga full body exercise karena memungkinkan kamu untuk menggunakan kaki, tubuh, dan lengan sepenuhnya. Dengan demikian, itu bisa membantu meregangkan dan mengembangkan kekuatan otot. Gaya katak adalah gaya berenang terbaik untuk menambah tinggi badan kamu.

Ingin Menaikkan Tinggi Badan? 7 Gerakan Latihan Ini Bisa Membantu Kamugiphy.com

Itulah tadi beberapa gerakan latihan ataupun olahraga yang bisa meninggikan badan kamu. Tertarik untuk segera mencoba?

Baca Juga: Berapa Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Indonesia? Ini Kata Ahli

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya