Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Ampuh Usir Sariawan Lho

Mudah dan murah tentunya!

Siapa yang tidak pernah mengalami sariawan? Rasa-rasanya tiap orang pasti pernah mengalami hal ini. Sariawan tentu sangat mengganggu dan terasa menyakitkan, menyulitkan kita untuk makan bahkan berbicara. Tapi tenang karena ternyata kita bisa melakukan sendiri pengobatan di rumah untuk menyembuhkan sariawan ini. Berikut 5 pengobatan yang bisa kalian coba.

1. Probiotik

thestar.com

Probiotik adalah salah satu kunci yang dapat mengobati sariawan. Probiotik menciptakan lingkungan yang lebih ramah di tubuh sehingga bakteri tidak terlalu banyak dan menjaganya dari masalah. Jika kamu mulai mengalami rasa sakit, yoghurt yang telah ditambahkan dengan probiotik merupakan pilihan terbaik karena kesejukannya juga akan membantu mengurangi rasa geli atau sensasi terbakar yang ada.

2. Teh herbal

healthline.com

Teh jenis ini bisa diisi dengan banyak ramuan herbal yang mungkin merupakan pengobatan yang paling tidak terduga untuk sariawan. Percaya atau tidak, akar dari sariawan tidak ada di mulut tapi dari perut. Setiap faktor stres lingkungan atau makanan yang mengiritasi tubuh menciptakan panas di perut yang bisa menyebabkan sariawan.

3. Madu

healthfoodsolution.com

Madu pada dasarnya adalah obat untuk segala penyakit. Secara khusus, madu mentah yang tidak dipasteurisasi dan tanpa melewati proses filter memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan yang luar biasa yang dapat mengurangi pembengkakan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengoleskan sedikit madu pada sariawan tiga sampai empat kali sehari.

4. Baking soda

brinkleybeautyblog.com

Kumur menggunakan larutan baking soda dapat membantu mengurangi peradangan sehingga lebih mudah mengunyah makanan. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurmencampur 1 sendok teh baking soda, 2 sendok makan jus lidah buaya, dan 1/2 cangkir air hangat kemudian kumur selama 10 detik. Pastikan untuk mengulanginya setiap hari sampai sariawan hilang.

5. Cuka sari apel

healthifyme.com

Cuka sari apel adalah pasangan bagi probiotik. Jika probiotik memberi kita semua bakteri baik, cuka sari apel bisa membunuh semua bakteri jahat dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik tersebut. Cukup mencampur air hangat dan cuka sari apel yang sama dan berkumur setiap hari sampai sariawannya hilang.

Sariawan memang jadi salah satu penyakit kecil tapi dampaknya bisa bikin aktivitas sehari-hari terganggu. Rasa perihnya bikin tidak nyaman, makan pun jadi tak enak. Nah, supaya terhindar dari sariawan, jangan lupa rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin C ya!

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !