Comscore Tracker

Ini Dia 5 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Harus Diketahui

Yakin nggak mau minum susu kambing?

Siapa sih yang tidak kenal dengan kambing? Hewan mamalia yang suka makan rumput ini telah berabad lamanya hidup berdampingan dengan manusia dan sangat bermanfaat.

Di Indonesia sendiri, kambing digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat. Satu diantaranya untuk diperah dan diminum susunya. 

Namun, tahukah kamu ada satu jenis kambing bernama etawa yang susunya sudah sangat populer di kalangan pecinta susu kambing?

Sedikit informasi, Kambing Etawa atau yang sering dikenal dengan Peranakan Etawa merupakan kambing hasil perkawinan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia. Satu ekor dari Kambing Etawa yang berkualitas bisa mencapai harga ratusan juta rupiah lho. Dari harganya aja sudah kebayang kan betapa berkualitasnya produk yang dihasilkan dari hewan berkaki empat satu ini?

Nah, ini dia beberapa fakta seputar susu kambing jenis etawa yang harus kamu tahu. 

1. Memiliki kadar nutrisi dan khasiat yang istimewa. Komposisi gizinya bahkan hampir setara dengan ASI

Ini Dia 5 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Harus Diketahuiiorganicmilk.com

Menurut penelitian dari Journal of American Medicine, susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang paling lengkap, bahkan hampir dapat disetarakan dengan Air Susu Ibu (ASI). Itu disebabkan, di dalam susu kambing ini terdapat vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, protein dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain itu, unsurnya yang bersahabat membuat susu kambing mudah dicerna. Terhitung, untuk mencerna susu kambing tubuh kita hanya memerlukan waktu 20 menit, lebih cepat dibandingkan susu sapi yang perlu waktu sekitar 2-3 untuk mencernanya.

2. Memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengobati penyakit asma hingga alergi

Ini Dia 5 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Harus Diketahuinutritionadvance

Susu kambing juga bisa jadi alternatif susu yang menyehatkan, lho. Sudah banyak orang yang memberikan kesaksian akan khasiat susu ajaib ini. Apabila dikonsumsi secara teratur maka dapat dijadikan terapi pengobatan berbagai penyakit seperti asma, tuberkulosis, paru-paru, dan berbagai terapi penyakit pernapasan lainnya.

Apakah kamu punya alergi? Tidak usah khawatir. Laktosa dan gula yang ada pada susu kambing etawa lebih rendah dibandingkan susu sapi. Proteinnya pun lebih baik dari telur. Tak hanya lembut, efek laktasenya pun ringan sehingga tidak akan membuat kamu terkena diare, alergi, maupun perut melilit.  

Baca Juga: 5 Manfaat dari Susu Kuda yang Jarang Orang Ketahui, Berani Coba?

3. Bisa juga digunakan untuk kecantikan dan perawatan kulit. Kulit jadi lebih halus dan nampak awet muda!

Ini Dia 5 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Harus Diketahuistlouisstudiophotography.com

Susu kambing etawa juga memiliki segudang khasiat untuk kecantikan. Asam laktat di dalam susu kambing dapat membantu meregenerasi kulit dan menghilangkan kulit mati.

Tidak hanya itu, kandungan mineral seperti vitamin C, niacin, thiamin, vitamin B, selenium dan seng juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Molekulnya yang lebih kecil membuat kandungan susu kambing mudah diserap oleh kulit. Hal itu membuat banyak sekali produk kecantikan dan perawatan kulit dari susu kambing, mulai dari sabun mandi, sabun wajah, lulur, dan lain-lain. 

Coba saja, campur seperempat sendok teh bubuk susu kambing etawa dengan beberapa tetes minyak zaitun. Jadikan scrub lalu gosokkan di wajah selama 5 menit. Komedo hilang, wajah jadi halus dan cerah.

4. Dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

Ini Dia 5 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Harus Diketahuiprevention.com

Susu kambing etawa memiliki kalsium 6 kali lebih banyak dibandingkan susu sapi. Bagi ibu hamil kalsium adalah asupan yang sangat penting. Apalagi di usia kehamilan enam bulan ke atas, dimana janin sedang mengalami masa pembentukan tulang. Ibu hamil yang kekurangan asupan kalium akan rentan menderita pengeroposan tulang.

Susu kambing etawa pun diklaim dapat melancarkan produksi ASI. Nah, bagi bumil dan busui, susu kambing etawa bisa jadi pilihan yang tepat nih. 

 

5. Mencegah stres

Ini Dia 5 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Harus Diketahuikomoditi.id

Meminum segelas susu kambing etawa hangat akan membantu menenangkan tubuhmu. Hal itu bisa menghindarkan kamu dari stres. Kandungan zinc dan magnesiumnya akan memperkuat jaringan saraf. Penyakit yang berhubungan dengan saraf pun tak akan berani mendekat.

Itulah sederetan manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari susu kambing etawa. Apakah kamu tertarik untuk meminumnya?

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Mengalami Intoleransi Laktosa, Menolak Produk Olahan Susu

Siti Nurdianti Photo Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya