Comscore Tracker

Penuh Kearifan Lokal, 5 Manfaat Oncom Ini Baik untuk Kesehatan

Jangan gengsi buat nyobain ya

Oncom adalah bahan makanan tradisional yang berasal dari Indonesia, tepatnya di provinsi Jawa Barat. Proses pembuatan dari oncom menggunakan teknik fermentasi mirip seperti pembuatan tempe. Perbedaan mencolok dari fermentasi antara tempe dan oncom adalah bahwa proses fermentasi pada oncom dinyatakan telah siap apabila tumbuh spora, sementara tidak dengan tempe.

Meski terlihat seperti makanan busuk, tetapi faktanya oncom merupakan makanan yang kaya gizi dengan nilai ekonomis.

Untuk kamu yang penasaran mengenai kandungan dan manfaat gizi dari oncom, simak yuk apa saja!

1. Sumber energi baik

Penuh Kearifan Lokal, 5 Manfaat Oncom Ini Baik untuk KesehatanPexels/Artem Bali

Oncom memiliki kandungan gizi yang baik dengan karbohidrat dan protein di dalamnya. Kandungan gizi tersebut memiliki jumlah yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan gizi yang baik ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan jaringan dari janin sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Bermanfaat mengurangi kolesterol tinggi

Penuh Kearifan Lokal, 5 Manfaat Oncom Ini Baik untuk KesehatanPexels/rawpixel.com

Kolesterol seringkali menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, hal ini karena mayoritas makanan sekarang memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi sehingga berdampak kepada kesehatan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa oncom ternyata mampu mengurangi kandungan kolesterol pada tubuh, namun yang patut diperhatikan adalah oncom hanya mampu bertahan 1-2 hari pada suhu ruang.

Baca Juga: Yuk, Coba 5 Resep Kuliner Jamur yang Super Lezat Ini!

3. Mencegah perut kembung

Penuh Kearifan Lokal, 5 Manfaat Oncom Ini Baik untuk Kesehatansickchirpse.com

Efek dari mengonsumsi oncom akan membantu mencegah fluktuasi karena kandungan didalamnya. Enzim alpha-galaktosidase dihasilkan dari kepang selama proses fermentasi. Hal ini akan membuatnya tidak menimbulkan gas sehingga tidak menyebabkan kembung dalam perut. Tentunya oncom dapat menjadi obat kembung alami yang lezat untuk dikonsumsi.

4. Menjaga metabolisme

Penuh Kearifan Lokal, 5 Manfaat Oncom Ini Baik untuk KesehatanPexels/Luis Quintero

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan gizi dalam oncom sangatlah tinggi sehingga dapat menjadi sumber karbohidrat dan protein yang baik bagi tubuh. Hal inilah yang membuat oncom dapat bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh sehingga berdampak baik bagi kesehatan. Dengan rutin mengonsumsinya, kita akan mendapatkan manfaat baik dengan terjaganya metabolisme kita.

5. Bermanfaat bagi kesehatan tulang

Penuh Kearifan Lokal, 5 Manfaat Oncom Ini Baik untuk KesehatanPexels/rawpixel.com

Oncom ternyata memiliki kandungan fosfor yang cukup sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang secara lebih baik. Tentu hal ini sangat baik apabila dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan atau lansia untuk mencegah permasalahan dalam tulang. Dengan rajin mengonsumsi oncom, kita dapat merasakan manfaat nyata dalam menjaga tulang kita.

Nah, 5 manfaat dari oncom ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsinya, tentu kita akan mendapatkan manfaat secara nyata. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Manfaat Rajin Mengonsumsi Chia Seed, Bikin Tulang Kuat!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You