Comscore Tracker

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!

Pernah mengalaminya?

Bagi sebagian orang kuku kaki yang bersih dan cantik jadi dambaan. Bahkan untuk mewujudkannya, orang-orang akan melakukan perawatan kuku kaki dengan pedicure. Namun, gimana kalau kamu menemui kuku kakimu yang menghitam, tebal dan kadang terasa gatal?

Mungkin kamu pikir gak masalah, toh juga gak banyak orang yang lihat. Jangan disepelekan ya. Bisa-bisa jadi berbahaya. Ini fakta-fakta seputar kuku kaki hitam dan tebal yang perlu kamu tahu.

1. Kuku kaki yang sehat seharusnya berwarna jernih dengan tekstur halus dan tanpa rasa gatal

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!floorxpert.com

Jika kamu merasakan hal yang sebaliknya, seperti kuku kaki yang menghitam, menebal serta terasa gatal, itu berarti ada yang salah dengan kuku kakimu.

2. Kuku kaki yang menghitam dan menebal bisa disebabkan akibat trauma

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!medicalnewstoday.com

Adapun trauma tersebut, antara lain karena terbentur benda padat tepat di kuku, cedera setelah main sepak bola atau sekadar pakai sepatu terlalu sempit. Jika penyebab itu berulang, kamu akan mendapati kuku kakimu menghitam dan menebal. Wajar saja karena kuku kakimu terkena tekanan yang besar. Biasanya perubahan warna disertai dengan rasa nyeri, sakit bahkan gak jarang bikin kamu susah jalan.

3. Bisa juga disebabkan akibat infeksi jamur yang membuat kuku kakimu terasa gatal

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!runnersworld.com

Jangan salah. Tubuh manusia itu adalah sarang untuk berbagai spesies jamur. Salah satunya adalah jamur yang suka bersarang di kulit dan kuku kakimu. Jamur mudah menjangkit karena kakimu dalam keadaan lembap dan hangat. Jika dibiarkan, jamur ini bisa berkembang biak dan menyebabkan infeksi serius.

Baca Juga: 7 Hewan yang Amputasi Lengan, Kaki dan Kelaminnya untuk Bertahan Hidup

Adapun, salah satu infeksinya adalah kuku kakimu yang menghitam, menebal dan terasa gatal. Selain itu, bisa juga disertai bau menyengat dan gak sedap. Jika dibiarkan, kukumu akan jadi rusak dan gak bisa kembali ke bentuknya yang semula.

4. Hati-hati dengan gejala melanoma ya

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!jfootankleres.biomedcentral.com

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit yang biasanya menyerang kuku tangan dan kaki. Awalnya, sekadar ditandai dengan perubahan warna kuku yang menggelap dan menghitam. Kemudian, kuku akan menjadi tebal dan rapuh. Bahkan, jika berlangsung lama bisa menyebabkan pendarahan.

Biasanya, kanker kulit melanoma disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung. Sementara itu, ada kasus melanoma subungual yang terjadi karena kuku kaki mengalami cedera berulang kali. Jika sudah mengalaminya, kamu harus segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan ya.

5. Selain itu, kuku kaki menghitam dan menebal juga bisa jadi pertanda kamu mengalami penyakit yang serius

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!achieveclinical.com

Adapun, beberapa penyakit di antaranya, seperti: diabetes, anemia, penyakit ginjal dan jantung.

6. Kamu perlu menemui dokter apabila kamu mengalami diabetes atau ada gejala melanoma

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!nbcnews.com

Sebenarnya, gak semua gejala kuku kaki menghitam dan menebal perlu ditangani oleh dokter. Kamu hanya perlu mengetahui penyebabnya dan melakukan perawatan sendiri. Namun, jika itu berkaitan dengan penyakit serius, seperti diabetes atau melanoma, segera berkonsultasi ke dokter ya. Kamu akan mendapatkan perawatan terbaik.

7. Kamu bisa menanganinya sendiri apabila penyebabnya adalah trauma dan jamur

Jangan Dibiarkan, Ternyata Ini 7 Fakta Kuku Kaki Jadi Hitam dan Tebal!santemagazine.fr

Kuku kaki yang menghitam karena cedera disebabkan oleh pembuluh darah yang rusak. Namun, seiring berjalannya waktu, kuku hitam tersebut bisa sembuh dengan sendirinya kok. Sementara, jika disebabkan oleh jamur, kamu bisa menanganinya sendiri di rumah dengan salep atau krim antijamur. Meski begitu, kalau ragu, kamu bisa minta resep dokter.

Jika kamu melihat tanda-tanda di atas, segera lakukan perawatan ya. Namun, kalau kamu merasa gak bisa menanganinya sendiri, kamu bisa meminta bantuan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Baca Juga: 8 Fakta Soal Duduk Menyilangkan Kaki, Awas Bahaya Tekanan Darah Naik!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You