Comscore Tracker

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakan

Lebih dari sekadar hamil biasa...

Gak semua orang bisa merasakan sensasi anak kembar. Gak hanya kaum adam, kaum hawa sekalipun mungkin penasaran gimana sih rasanya hamil kembar. Nyatanya, hamil kembar sendiri punya perbedaan dengan hamil biasanya. Dilansir dari Very Well Family, berikut sensasinya.

1. Perut dan berat badan bertambah dengan cepat

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanrawpixel.com/roungrout

Pada dasarnya, orang yang hamil akan bertambah besar perutnya. Sementara, jika hamil kembar, perut akan membesar lebih besar dan cepat pada kehamilan biasa. Itu karena rahim akan meregang dan mengembang untuk memuat dua bayi atau lebih. Biasanya, dokter akan mengetahui dan memantau kenaikan berat badan calon ibu yang hamil kembar.

2. Akan terasa gerakan janin lebih awal

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanpexels.com/rawpixel

Salah satu momen berharga dan mengharukan saat hamil adalah merasakan gerakan awal pada bayi yang tengah dikandung. Sebagian perempuan menggambarkannya seperti ada kupu-kupu atau ikan yang berenang di dalam perut. Biasanya, perempuan yang hamil akan merasakan gerakan ini pada usia kehamilan 16-25 minggu.

Sementara, dalam kehamilan kembar, gerakan bayi ini akan hadir lebih cepat yaitu pada awal trimester pertama. Kemungkinan, itu agar menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang lebih dari dua tangan kecil dalam rahimmu. Biasanya, perempuan yang pernah hamil akan menyadari ada yang berbeda jika hamil kembar.

3. Terdengar dua detak jantung, terutama saat dideteksi dengan stetoskop, fetoskop, atau monitor Doppler

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanpexels.com/Negative Space

Jika bayi sudah membesar, bayi yang terasa memiliki detak jantung. Meski susah dibedakan dengan detak jantung sendiri, Ibu hamil tahu ada detak jantung lain di dalam dirimu. Belum lagi kalau hamil bayi kembar. Biasanya, ibu hamil bisa mengetahui adanya detak jantung ganda saat dokter mendeteksinya dengan stetoskop, fetoskop, atau monitor Doppler.

Baca Juga: 13 Cara Punya Anak Kembar, Gak Perlu Punya Garis Keturunan Serupa Kok

4. Merasakan mual yang berlebihan

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanverywellfamily.com

Calon ibu akan merasakan banyak gejala hamil yang gak selalu menyenangkan, salah satunya adalah mual. Hanya saja, saat hamil bayi kembar, rasa mual itu akan berlebihan. Dilansir dari News Kids Center, calon ibu yang hamil kembar akan sangat mual terhadap bau yang menyengat. Bahkan, bisa mual hanya dengan melihat tekstur atau penampilan dari makanan.

5. Ingin terus buang air kecil

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanmnn.com

Gejala ekstrem lain yang terjadi adalah perasaan ingin buang air kecil lebih intens. Itu karena volume bayi yang besar dari bayi kembar akan lebih mendesak saluran kencing sehingga ingin terus buang air kecil.

6. Lebih banyak mengidam

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanmedicalnewstoday.com

Orang yang hamil biasanya akan mengidam ini itu. Saat hamil bayi kembar, calon ibu akan cenderung lebih banyak permintaannya.

7. Merasakan gejala ekstrem lain, seperti lelah berlebih

Gimana Sensasi Hamil Bayi kembar? Ini 7 Tanda yang Akan Kamu Rasakanunsplash.com/goldcircuits

Ukuran bayi yang besar secara gak langsung akan membuat lebih cepat lelah. Namun, tentu saja rasa lelah tersebut perlu diimbangi dengan istirahat yang lebih banyak dari hamil biasa.

Itu tadi gejala dan tanda-tanda yang dirasakan oleh ibu yang hamil kembar. Bisa jadi referensi juga untuk para calon ibu. Bisa jadi bayi yang dikandung benar-benar bayi kembar!

Baca Juga: Ingatlah 5 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil yang Gak Boleh Terlewatkan

Topic:

  • Yudha
  • Pinka Wima

Just For You