Comscore Tracker

Siapa Sangka 5 Hobi ini Ternyata Baik untuk Kesehatanmu!

Ada hobimu di sini?

Buat sebagian orang mungkin hobi sekadar buat kesenangan. Namun, siapa sangka ternyata hobi punya manfaat lebih buat kesehatan lho. Bayangkan, selain bikin senang, ternyata ada hobi-hobi yang membuatmu lebih sehat. Ada apa saja ya? Yuk, kita simak.

1. Berkebun mencegah risiko serangan jantung dan stroke

Siapa Sangka 5 Hobi ini Ternyata Baik untuk Kesehatanmu!unsplash.com/Wang Xi

Meski gak terlihat seperti olahraga, namun berkebun punya manfaat yang baik untuk kesehatanmu. Lihat saja dari caranya mencangkul, membersihkan hama, menanam tanaman, dan mengangkat alat-alat kebun. Semuanya membuat kekuatan, stamina, dan fleksibilitas ototmu meningkat.

Selain itu, berada di luar ruangan juga bagus untukmu. Selain menghirup udara segar, kamu akan memperoleh lebih banyak asupan vitamin D dari sinar matahari. Terakhir, menurut studi dari Karolinska Institutet yang telah dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine, berkebun menurunkan risiko serangan jantung dan stroke sebesar 30 persen.

2. Menulis bagus untuk kesehatan mentalmu dan menyembuhkan luka!

Siapa Sangka 5 Hobi ini Ternyata Baik untuk Kesehatanmu!unsplash.com/Brad Neathery

Kamu suka menulis? Kegiatan yang mengandalkan otak dan sedikit gerakan tangan ini ternyata punya banyak manfaat untuk fisik dan mentalmu lho. Beberapa di antaranya, menulis bagus untuk mengurangi stres, memperkuat ingatan, dan membuat tidurmu makin berkualitas.

Gak hanya itu saja, ternyata menulis jika bisa menyembuhkan lukamu lho! Menurut sebuah studi di University of Auckland, New Zealand menulis mempercepat penyembuhan lukamu. Ternyata gak cuma buat mental, menulis juga bagus untuk kesehatan tubuhmu.

3. Menari mencegahmu terkena demensia

Siapa Sangka 5 Hobi ini Ternyata Baik untuk Kesehatanmu!unsplash.com/Adinda Fika

Menari adalah hobi yang mudah dan murah. Kamu gak memerlukan peralatan apa pun untuk menari. Kamu cuma butuh badanmu dan sedikit alunan lagu. Selain itu, kamu gak perlu jadi profesional untuk melakukannya. Cukup berdiri dan bergerak sebebas yang kamu mau. Ikuti alunan musik dan menarilah dengan hati yang riang.

Terus apa gunanya menari untuk kesehatan? Karena mengandalkan gerakan, menari adalah olahraga kardio yang baik untuk meningkatkan stamina, memperkuat tulang dan otot, serta untuk kesehatan kardiovaskular. Selain itu, menari juga baik untuk kesehatan otakmu. Menurut studi di New England Journal of Medicine, menari dengan rutin menurunkan risiko demensia sebanyak 76 persen.

4. Mendengarkan musik adalah obat yang baik untuk kesehatan mentalmu

Siapa Sangka 5 Hobi ini Ternyata Baik untuk Kesehatanmu!unsplash.com/Attentie Attentie

Dari generasi ke generasi, mendengarkan musik menjadi salah satu hobi yang banyak diminati. Tahu gak, ternyata selain menyenangkan, musik juga punya manfaat untuk kesehatanmu lho. Menurut studi yang dilakukan oleh Prof. Levitin, mendengarkan musik bagus untuk mengatur suasana hati, tingkat stres, sistem imun, dan membangun ikatan sosial.

5. Merawat binatang peliharaan bagus untuk kesehatan jantungmu

Siapa Sangka 5 Hobi ini Ternyata Baik untuk Kesehatanmu!unsplash.com/Ben Chin

Kamu pencinta kucing atau anjing? Kamu perlu berbangga hati karena mereka punya manfaat untuk kesehatanmu. Dilansir dari Centre for Disease Control and Prevention, selain membuat senang dan banyak bergerak, merawat binatang peliharaan juga bisa membuat tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuhmu menurun.

Selain menyenangkan, ternyata hobi juga punya manfaat kesehatan yang banyak ya. Dari beberapa hobi di atas, mana hobi favoritmu? Kalau sudah tahu manfaatnya jadi makin semangat menggeluti hobi dong!

Line IDN Times

Topic:

  • Yudha
  • Tania

Just For You