Comscore Tracker

5 Cara Menangani dan Mengobati Flu Singapura, Sebelum Makin Parah

Flu Singapura akan hilang sendiri dalam waktu satu minggu

Flu Singapura atau dikenal juga sebagai penyakit tangan, kaki dan mulut ini merupakan penyakit yang datang dari virus bernama coxsackie. Penyakit ini umum menyerang anak-anak di bawah 10 tahun, namun bukan tidak mungkin orang dewasa juga menderitanya.

Mereka yang mendapatkan flu Singapura akan merasakan rasa serak di tenggorokan, demam hingga muncul bercak serta lepuhan di area mulut dan lidah. Tidak ada obat penyembuh ataupun vaksin untuk mengatasi penularan virus ini.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan menuliskan jika tidak ada pula cara perawatan spesifik terhadap penyakit ini mengingat flu Singapura umumnya hilang sendiri dalam kurun waktu tujuh hingga sepuluh hari. Namun minimal ini yang bisa kamu lakukan untuk merawatnya.

Simak ulasan di bawah ini mengenai cara mengobati flu Singapura yang ampuh dan beberapa tips menanganinya secara cepat!

1. Memberikan paracetamol untuk menurunkan demam

5 Cara Menangani dan Mengobati Flu Singapura, Sebelum Makin Parahnigeriamaritime360.com

Salah satu gejala yang didapat dari flu Singapura adalah demam. Demam ini akan menjadi permulaan sebelum timbulnya gejala lain, seperti lepuhan di mulut, lidah dan kaki. Penanganan paling sederhana mengatasi hal ini adalah

dengan memberikan obat penurun demam atau paracetamol.

2. Berikan minuman dingin

5 Cara Menangani dan Mengobati Flu Singapura, Sebelum Makin Parahgq.com

Flu Singapura membuat seseorang susah menelan karena rasa tidak enak di tenggorokan. Sangat disarankan untuk memberikan sesuatu yang dingin, seperti es krim karena dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Namun sering kalinya penderita flu Singapura akan menolak jus dan soda karena rasa asamnya memberikan sensasi terbakar di bagian nanah.

Baca Juga: 7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan

3. Berkumur air garam

5 Cara Menangani dan Mengobati Flu Singapura, Sebelum Makin Parahwomenshealthmag.com

Doc4kids.com menyarankan bagi anak-anak yang menderita flu Singapura dan susah menelan untuk berkumur air garam. Tujuannya adalah untuk melegakan sekaligus mengurangi rasa sakit yang ada di area mulut dan tenggorokan. Komposisinya adalah garam dengan takaran setengah setengah sendok teh, dicampurkan ke satu gelas air hangat.

4. Memberikan makanan yang lunak atau cair

5 Cara Menangani dan Mengobati Flu Singapura, Sebelum Makin Parahdownshiftology.com

Karena kesusahan menelan, ada baiknya para penderita flu Singapura diberikan makanan berupa bubur atau sup. Makanan itu akan memudahkan mereka menelan dan mengisi perutnya tanpa terlalu merasakan sakit.

5. Mengoleskan krim anti gatal pada daerah yang dipenuhi ruam

5 Cara Menangani dan Mengobati Flu Singapura, Sebelum Makin Parahmedicalnewstoday.com

Seperti cacar, ruam hasil virus coxsackie akan memberikan sensasi gatal pada penderitanya. Untuk mengurangi rasa mengganggu tersebut, berikan krim anti gatal pada bagian-bagian tersebut. Setidaknya itu bisa menenangkan penderitaan para pasien flu Singapura.

Demikianlah beberapa tips atau cara mengobati flu Singapura secara cepat dan ampuh yang bisa kamu lakukan. Seperti yang sudah dikatakan flu Singapura tidak memiliki cara penanganan yang spesifik.

Oleh karena itu, orang-orang lebih dianjurkan untuk menjaga diri dan meninggikan higienitas tubuh agar terhindar dari penyakit ini. Setidaknya butuh waktu hingga satu minggu bagi tubuh agar bisa sembuh dari flu Singapura dengan sendirinya.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Dokter dan Tenaga Medis untuk Menghindari Flu, Bisa Ditiru

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya