Comscore Tracker

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besar

Bahkan mungkin duduk di kursi saja tidak nyaman

Sistem pencernaan kita adalah salah satu sistem terpenting dalam tubuh. Proses pencernaan yang berjalan lancar membuat tubuh kita mendapatkan energi yang lebih efektif. Sebaliknya proses yang buruk membuat kita mendapatkan sakit. Umumnya yang paling mudah terserang adalah usus.

Berdasarkan my.clevelandclinic.org, permasalahan pada usus memberikan dampak yang berturutan dan yang paling dirugikan adalah bagian anus. Permasalahan kesehatan yang menyerang organ ini digolongkan menjadi dua tipe, yaitu gangguan fungsi dan gangguan struktur. Berikut ini adalah masalah-masalah kesehatan yang merang anus tersebut.

1. Sembelit

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besareyeni.ru

Sembelit didefinisikan sebagai buang air besar yang keras, sulit atau kecil. Sembelit bisa disebabkan oleh kurangnya serat pada makanan; tidak cukup banyak minum; kebiasaan sehari-hari yang jelek, seperti lama menghabiskan waktu di toilet hingga adanya permasalahan gerakan pada usus besar. Susah buang air besar dapat menyebabkan permasalahan anus lebih lanjut, seperti wasir.

2. Wasir dalam

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besarmedicalnewstoday.com

Wasir dalam adalah pembuluh darah yang membengkak di dalam anus. Masalah ini bisa dialami ibu hamil yang sedang melahirkan. Saat wasir sudah terlalu besar, entah karena kehamilan atau akibat otot anus yang sering tegang, ini menyebabkan anus berdarah. Jika membesar terus menerus, wasir dalam ini dapat menonjol keluar ke pembukaan anus.

3. Wasir luar

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besarcrhsystem.com

Wasir ini berada di lapisan luar tepat di bagian bawah kulit di luar anus. Biasanya tidak ada gejala yang terjadi, tapi jika dibiarkan bisa menjadi sangat menyakitkan. Seiring waktu wasir luar akan sembuh dengan sendirinya, tapi ada kalanya wasir itu perlu dihilangkan dengan prosedur dari dokter.

Baca Juga: Ini Lho 10 Faktor yang Bisa Bikin Pantatmu Bau! Ayo Hindari!

4. Celah anal

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besarmedicalnewstoday.com

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai anal fissure. Ini adalah kondisi terbelah atau robeknya lapisan anus akibat trauma dikarenakan kotoran yang keras atau diare. Celah anal menyebabkan pendarahan serta rasa sakit yang panas saat buang air besar. Mudahnya rasa sakit itu seperti teriris silet.

Masalah anal sering mendapat salah diagnosis. Dokter umumnya akan memberikan salep atau obat untuk mengurangi rasa sakit, namun dalam beberapa kasus dibutuhkan operasi.

5. Fistula in ano

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besaribdrelief.com

Alias anal fistula atau fistula ani adalah reaksi dari infeksi kelenjar pada anus yang berkembang menjadi abses anus. Fistula in ano berbentuk kantung atau benjolan berisi nanah yang mana akan terlihat seperti saluran atau lubang kecil setelah nanahnya keluar. Penderita ini akan merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman di sekitar kulit anus. Untuk pengobatannya, yang utama adalah operasi.

6. Kanker anal

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besarchicagotribune.com

Kanker ini muncul ketika sel yang ada di dinding-dinding anus membesar dan menyebar tak terkontrol. Banyak hal yang memicu penyakit ini. Mulai dari kondisi lingkungan sekitar kita, makanan yang kita makan, hingga permasalahan genetik. Akan muncul polip, suatu tonjolan kecil seperti jamur, di dinding usus. Hal ini bisa disingkirkan untuk mengurangi risiko munculnya kanker.

Jika kanker sudah berkembang, maka cara penyembuhannya adalah melalui operasi. Kemoterapi juga disarankan untuk pengobatan.

7. Inkontinensia tinja

7 Masalah Kesehatan pada Anus, Bikin Kamu Tak Nyaman Buang Air Besarupi.com

Ini adalah kondisi di mana kamu tidak bisa mengontrol masalah buang air besar. Kamu tidak dapat menahan buang air besar dan menyebabkan kotoranmu bocor dari anus. Permasalahan ini lebih disebabkan oleh masalah saraf dan sering terjadi untuk orang tua serta wanita. Bisa disebabkan karena pengobatan, trauma akibat kecelakaan ataupun bekas operasi.

Permasalahan kesehatan pada anus bisa terbilang menyebalkan mengingat sangat mengganggu sekaligus mampu membuat seseorang tidak percaya diri. Baiknya kamu mulai mengikuti pola hidup sehat dengan memperbanyak makan sayur dan makanan berserat. Percayalah, sangat tidak enak untuk susah buang air besar.

Baca Juga: Yakinkah Seks Anal Bisa Bebas dari Hamil dan Penyakit Menular Seksual?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya