Comscore Tracker

5 Jenis Virus yang Sempat Meresahkan Dunia, Kamu Wajib Waspada

Gejalanya samar dan tidak terasa

Status virus sebagai makhluk hidup masih diperdebatkan hingga kini. Bahkan jurnal sains dalam laman Virology menjelaskan bahwa virus bukanlah makhluk hidup. Virus hanyalah sekumpulan molekul, protein, asam nukleat, lipid, dan karbohidrat.

Namun virus tidak dapat melakukan apa pun, termasuk berkembang biak jika mereka tidak berada pada inang yang hidup dan sehat. Inilah sebabnya banyak ilmuwan yang beranggapan bahwa virus bukanlah makhluk hidup.

Inilah lima jenis virus yang sempat meresahkan dunia, kamu harus tahu dan waspada.

1. Virus Corona

5 Jenis Virus yang Sempat Meresahkan Dunia, Kamu Wajib Waspadasciencenews.org

Tentu kamu sudah banyak mendengar dan membaca berita tentang virus Corona, bukan? Ya, virus ini belakangan telah menyita perhatian dunia karena penyebarannya yang cukup masif.

Menurut Live Science, virus Corona adalah keluarga besar virus yang dapat mengakibatkan penyakit pernapasan pada manusia. Bahkan pada beberapa kasus, virus ini dapat menyebabkan bronkitis dan pneumonia atau paru-paru basah.

Virus ini menyebar di Tiongkok dan negara-negara lainnya di dunia. Jumlah kasus dan kematian akibat virus ini terus mengalami peningkatan, dan membuat banyak negara waspada terhadap penyebaran virus Corona.

2. Cacar Monyet

5 Jenis Virus yang Sempat Meresahkan Dunia, Kamu Wajib Waspadafreemalaysiatoday.com

Virus cacar monyet atau monkeypox sempat menghebohkan Singapura dan beberapa negara di Asia Tenggara pada 2019 silam. Seperti ditulis WHO dalam lamannya, virus ini merupakan penyakit zoonosis yang biasanya ditularkan dari hewan (tikus dan primata) ke manusia.

Virus ini berasal dari Afrika dan penyebarannya bisa ke negara-negara lainnya. Gejala yang dialami adalah demam, ruam, dan terdapat pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pada 2019 silam Singapura sempat berstatus waspada karena adanya wisatawan asal Afrika yang ternyata telah terinfeksi virus cacar monyet. Wisatawan tersebut akhirnya dikarantina selama 21 hari.

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

3. Flu Burung

5 Jenis Virus yang Sempat Meresahkan Dunia, Kamu Wajib Waspadascmp.com

Tentu kamu sudah tidak asing dengan virus yang satu ini. Yup, flu burung merupakan salah satu virus mematikan yang sempat membuat dunia panik. Flu burung atau avian flu merupakan keluarga virus yang ditularkan dari unggas ke unggas lainnya, dan bahkan ke manusia.

Virus yang juga dinamakan H5N1 ini juga memiliki tingkat penyebaran yang sangat cepat, sehingga sempat mengakibatkan kematian secara masif.

CDC dalam lamannya menulis bahwa gejala flu burung terkadang bisa samar dan terlihat seperti penyakit ringan. Gejala pada umumnya adalah demam, batuk, nyeri otot, dan sakit tenggorokan.

Pada tingkat yang parah flu burung dapat mengakibatkan gagal napas, kejang, diare, dan kematian. Flu burung juga dianggap sebagai salah satu jenis virus yang memiliki tingkat kematian tertinggi di dunia.

4. SARS

5 Jenis Virus yang Sempat Meresahkan Dunia, Kamu Wajib Waspadafrance24.com

SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome adalah virus yang mengakibatkan terganggunya sistem pernapasan manusia. Virus ini pertama kali muncul di Tiongkok pada 2002 silam, seperti dilansir laman Mayo Clinic.

SARS memiliki penyebaran yang sangat cepat, dan efeknya bisa sangat fatal, yakni mengakibatkan kematian. Untungnya upaya internasional dalam pencegahan virus ini bisa dikatakan berhasil. Terbukti sejak 2004 silam belum ada penyebaran SARS yang dilaporkan di mana pun.

5. Ebola

5 Jenis Virus yang Sempat Meresahkan Dunia, Kamu Wajib Waspadabbc.com

Di samping HIV/AIDS ada satu jenis virus yang tak kalah mematikan, yakni Ebola. Virus ini dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau manusia ke manusia.

Mayoritas terjadi di benua Afrika, virus ini memiliki tingkat fatality atau kematian mencapai 90 persen. Beberapa gejala dari virus ini adalah demam, ruam, dan pendarahan hebat.

Selain mematikan, ternyata tingkat penyebaran Ebola juga sangat cepat. Dalam beberapa kasus yang sangat parah, pasien sering mengalami pendarahan di hampir semua lubang di tubuhnya.

Itulah lima virus yang sempat membuat dunia panik. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: WHO: Virus Corona Telah Menyebar di 10 Negara

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya