Comscore Tracker

5 Indikasi Adanya Masalah pada Jantung yang Perlu Diwaspadai 

Jangan diabaikan jika kamu mengalami tanda-tanda ini

Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Setiap harinya, organ tubuh seukuran kepalan tangan ini memompa darah ke seluruh pembuluh darah dan mempertahankan ritme yang stabil yang membuat kamu tetap hidup. Untuk itu, sangat penting bagi kita semua untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung dan mewaspadai adanya masalah pada jantung.

Bicara soal masalah pada jantung, kebanyakan orang beranggapan adanya masalah pada jantung selalu ditandai dengan nyeri dada yang luar biasa. Padahal kenyataannya tidaklah selalu demikian. Bahkan terkadang indikasi adanya masalah pada jantung ditandai dengan hal-hal yang sederhana. Melansir dari The Healthy dan Best Life, berikut beberapa tanda adanya gangguan pada jantung.

1. Mengalami bengkak pada kaki

5 Indikasi Adanya Masalah pada Jantung yang Perlu Diwaspadai viraltalks.com

Ketika jantung tidak memompa darah secara efisien, pembuluh darah akan dicadangkan dan akhirnya mendorong cairan berlebih ke jaringan tubuh yang kemudian menyebabkan bagian tubuh lainnya, seperti kaki jadi membengkak.

Nah, untuk mengetahui apakah bengkak pada tubuh perlu diwaspadai atau tidak, kamu cukup menekan bagian tubuh yang bengkak. Jika bagian yang ditekan ini meninggalkan indentasi seperti lesung pipit, itu berarti ada cairan berlebih di dalam jaringan dan kamu harus segera mengunjungi dokter untuk mengatasinya.

2. Mengalami sleep apnea

5 Indikasi Adanya Masalah pada Jantung yang Perlu Diwaspadai businessinsider.my

Sleep apnea merupakan gangguan tidur persisten yang menyebabkan pernapasan kerap berhenti sementara waktu sepanjang malam, yang kemudian membuat seseorang sulit tidur dengan nyenyak. Kondisi ini juga menyebabkan risiko terjadinya stroke, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi.

Menurut sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, laki-laki yang mengalami sleep apnea parah 58 persen lebih mungkin untuk mengalami gagal jantung kongestif daripada laki-laki sehat.

Baca Juga: 5 Tips Ini Bantu Kurangi Risiko Penyakit Jantung Pada Pria

3. Batuk yang tidak segera sembuh

5 Indikasi Adanya Masalah pada Jantung yang Perlu Diwaspadai rd.com

Gejala batuk yang berkepanjangan juga tidak boleh diabaikan. Sebab, batuk yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan jantung. Terkadang, ketika ada cairan di paru-paru akibat gagal jantung kongestif, seseorang dapat mengi dan batuk, yang menghasilkan bunyi seperti ketika seseorang terserang asma.

Cairan akan menumpuk di dalam paru-paru ketika jantung tidak memompa darah dengan benar, yang kemudian menyebabkan cairan bocor ke tempat-tempat yang tidak semestinya, seperti paru-paru. Jantung yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab penyakit paru obstruktif kronis, istilah umum untuk penyakit paru-paru progresif yang membuat seseorang sulit bernapas.

4. Kerontokan rambut di bagian kaki

5 Indikasi Adanya Masalah pada Jantung yang Perlu Diwaspadai unsplash.com/Jan Romero

Kaki yang tidak berambut bisa menjadi indikasi bahwa tubuh kekurangan oksigen karena arteri menyempit, yang kemudian mengurangi aliran darah. Tanpa darah yang kaya nutrisi, folikel rambut tidak bisa tumbuh. Adanya penyakit arteri perifer, bisa menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut atau memperlambat pertumbuhan rambut pada kaki karena sirkulasi yang buruk. Untuk itu, kamu perlu waspada dan segera mengunjungi dokter apabila mengalami kerontokan parah pada bulu kaki.

5. Terasa nyeri di bagian leher dan rahang

5 Indikasi Adanya Masalah pada Jantung yang Perlu Diwaspadai health.harvard.edu

Kebanyakan orang beranggapan bahwa nyeri dada adalah tanda pertama dari gangguan jantung, padahal kenyataannya gangguan jantung dapat bermanifestasi di bagian tubuh yang lain. Nyeri leher atau rahang bisa menjadi tanda angina, masalah jantung yang terjadi ketika jantung kekurangan darah yang kaya oksigen.

Angina mungkin bisa terasa seperti ada tekanan di dada, tetapi juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti leher, rahang, punggung, atau bahu yang menyebabkan nyeri di bagian tersebut.

Demikian tadi beberapa indikasi adanya masalah pada jantung. Untuk itu, jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya