Comscore Tracker

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!

Menyehatkan kulit dan rambut

Apa kamu pernah melihat komposisi minyak pinus pada pembersih lantai? Atau kamu pernah menghirup aroma khas yang dihasilkan karbol wangi dari minyak pinus? 

Minyak pinus memang sering digunakan sebagai campuran dalam karbol wangi. Aroma yang dihasilkan pun dapat memberikan efek menenangkan. Selain aromanya, minyak pinus juga memiliki beragam manfaat. Mau tau manfaat lainnya? Yuk, langsung simak ulasan berikut!

1. Mengobati luka ringan

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!healthline.com

Menurut mapleholistics.com, minyak pinus memiliki sifat antiseptik yang kuat, sehingga dapat digunakan untuk mengobati luka ringan. Selain itu, bisa digunakan untuk membersihkan bakteri serta kuman dari permukaan kulit yang terluka.

Minyak ini membantu menstimulasi aliran darah yang mendorong pertumbuhan sel jaringan kulit. Sehingga membuat kulit lebih sehat dan halus. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai produk perawatan kulit. 

2. Mengurangi efek alergi

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!beautyhealth.tips

Beberapa orang menderita alergi debu atau serbuk sari. Sedangkan untuk menyaring udara membutuhkan biaya yang mahal. Selain itu, semakin ribet dengan membersihkan atau mengganti filter secara berkala. 

Buat kamu yang gak mau ribet, bisa menambahkan minyak pinus dan lemon pada diffuser. Dikutip dari wellnessaromas.com, minyak pinus bersifat fungisida. Sehingga dapat membunuh jamur di udara dan cocok buat kamu yang alergi atau asma. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Peace Lily, Gak Cuma Sebagai Dekorasi

3. Melawan kuman dan bakteri

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!nuzest.co.nz

Minyak pinus memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat melawan bakteri dan jamur. Salah satu bakteri tersebut yaitu salmonella dan listeria. Kedua bakteri tersebut sering berada pada daging mentah dan peralatan dapur.

Kamu bisa menjadikan minyak pinus sebagai bahan pembersih untuk membunuh bakteri. Sehingga dapurmu tetap bersih dan beraroma harum. 

4. Mengandung antioksidan yang baik untuk kulit

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!notino.ua

Radikal bebas menjadi salah satu pemicu stres dan kerusakan pada sel tubuh. Kemudian dapat menyebabkan penuaan dini hingga kanker. Dilansir dari laman Natural Living Ideas, kandungan antioksidan alami pada minyak pinus bisa mengurangi dampak yang disebabkan oleh radikal bebas.

Minyak pinus juga bisa menjadi toner kulit alami serta mengurangi minyak berlebih. Sehingga kulit dapat terbebas dari komedo dan jerawat. Kamu bisa mengoleskannya pada kulit atau wajah. Namun, disarankan untuk konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

5. Menjaga kesehatan rambut

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!theskinna.com

Antioksidan pada minyak pinus juga dapat menjaga kesehatan folikel kulit kepala dan rambut. Folikel rambut akan lebih kuat dan membuatnya lebih sehat. Antimikroba yang dikandungnya dapat mengurangi bakteri pada rambut dan kulit kepala.

6. Menjaga kesehatan kulit kepala

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Pinus, Gak Cuma Sebagai Pengharum Lho!thehairfuel.com

Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada minyak pinus dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala, salah satunya ketombe. Sifat antiinflamasinya bisa mengurangi kemerahan serta gatal-gatal pada kulit kepala. Sehingga, kulit kepala lebih bersih dan sehat. 

Kamu bisa membuat sampo sendiri dengan mencampurkan sabun castile dan beberapa tetes minyak pinus. Kulit kepalamu akan sehat dan rambut pun harum berkilau.

Nah, itulah tadi keenam manfaat menakjubkan minyak pinus. Tidak hanya beraroma menenangkan, tapi juga menyehatkan.

Baca Juga: Ajaib! 5 Tanaman dari Famili Solanaceae Ini Punya Manfaat Segudang

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya