Comscore Tracker

5 Penyebab Mimpi Basah, Minim Aktivitas Seksual Jadi Trigger Utama

Mimpi basah tidak memberikan dampak negatif apapun, kok

Semasa remaja, mungkin kamu pernah mengalami kamu kaget mendapati keadaan celana dalam yang basah dan lengket saat bangun tidur. Kala itu tak lain adalah momen pertama kalinya kamu mengalami yang mimpi basah.

Nocturnal emission atau mimpi basah adalah proses terjadinya orgasme tanpa sadar dalam mimpi saat seorang pria terlelap, baik erotis maupun tidak. Umumnya hal ini memang banyak dirasakan oleh seorang pria yang berada di usia remaja. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi seorang pria yang sudah dewasa, bahkan sudah menikah, masih mengalami mimpi basah.

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang apa, sih, sebenarnya penyebab mimpi basah itu? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut penjelasannya yang dilansir medindia. Simak sampai tuntas, ya!

1. Masa pubertas 

5 Penyebab Mimpi Basah, Minim Aktivitas Seksual Jadi Trigger Utamailustrasi remaja pria (pexels.com/kat wilcox)

Memasuki masa pubertas, seorang remaja akan mengalami perubahan secara alami pada tubuhnya. Salah satunya adalah menstruasi untuk remaja perempuan; sedangkan remaja laki-laki mengalami mimpi basah. Tahapan ini mempunyai arti bahwa seorang anak mulai tumbuh menjadi lebih dewasa secara seksual. Pada anak laki-laki, ini merupakan tanda bahwa testis pada anak sudah bisa memproduksi sperma. Artinya, ia sudah dapat membuahi sel telur jika berhubungan seksual dengan lawan jenis.

Pada masa pubertas di usia kisaran 12-16 tahun, hormon testoteron pada tubuh anak laki-laki akan meningkat secara signifikan. Untuk mengeluarkan cairan sperma yang menumpuk ini akhirnya disalurkan melalui mimpi basah. Seseorang akan mengalami mimpi yang menaikkan hasratnya saat tidur. Pada masa puber, mimpi basah akan lebih sering terjadi karena perubahan hormonal. Kondisi ini adalah wajar dan sangat normal.

2. Kandung kemih penuh 

5 Penyebab Mimpi Basah, Minim Aktivitas Seksual Jadi Trigger Utamailustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan lain penyebab ereksi saat tidur adalah kandung kemih yang sudah terlalu penuh. Ketidakmampuan mengontrol kandung kemih juga menjadi salah satu penyebab terjadinya mimpi basah. Ketika kandung kemih membengkak saat tidur, urine juga menuju ke arah penis. Akibatnya, urine menekan penis yang menyebabkan terjadinya ereksi.

Seorang pria yang sedang terlelap tidak memiliki kendali pada tubuhnya. Kondisi tertidur pulas inilah yang secara otomatis membuat tidak ada kontrol fisik untuk mengendalikan fungsi ereksi sehingga terjadi nocturnal emission. Mimpi basah yang terjadi berbarengan dengan ereksi di pagi hari biasanya disebabkan oleh kandung kemih yang terlalu penuh.

Baca Juga: Cerita Mimpi Basah Pertama 8 Cowok, Mulai Sama Artis Sampai Teman!

3. Tidur tengkurap 

5 Penyebab Mimpi Basah, Minim Aktivitas Seksual Jadi Trigger Utamailustrasi tidur tengkurap (pexels.com/Pixabay)

Posisi tidur tengkurap memang bukan posisi tidur yang disukai banyak orang. Namun, ada sebagian orang yang merasa lebih nyaman dengan posisi tidur seperti ini. Terkait mimpi, ternyata salah satu penyebab mimpi basah adalah tidur tengkurap. Walaupun tidak selalu menjadi faktor pemicu terjadinya mimpi basah, tidur tengkurap bisa membuat seseorang rentan mengalami mimpi erotis.

Hal-hal yang berhubungan dengan percintaan kadang hadir di dalam mimpi dalam posisi tidur tengkurap. Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah posisi tidur cukup berperan dalam menyebabkan mimpi basah. Jika dikaitkan dengan kesehatan, sebaiknya hindari posisi tidur tengkurap. Karena posisi tidur seperti ini dapat membuat badan terasa pegal ketika terbangun nantinya.

 4. Minimnya aktivitas seksual  

5 Penyebab Mimpi Basah, Minim Aktivitas Seksual Jadi Trigger Utamailustrasi pasangan (pexels.com/Jonathan Borba)

Faktor lainnya yang men-trigger mimpi basah adalah kurangnya melakukan aktivitas seksual. Umumnya, mimpi basah lebih sering terjadi pada pria yang belum memiliki pasangan. Hal ini wajar karena artinya pria tersebut tidak sering melakukan macam-macam hal yang berlebihan untuk melampiaskan hasrat seksualnya. Pada dasarnya, mimpi basah menandakan bahwa kantong sperma seorang pria sudah penuh sehingga perlu dikeluarkan.

Lewat mimpi basah inilah cara tubuh untuk melepaskan ketegangan seksual dengan mengosongkan simpanan sperma yang sudah penuh di dalam testis. Bagi yang sudah menikah tapi masih mengalami mimpi basah, bisa dikatakan aktivitas seksual seseorang itu dengan pasangannya cukup minim. Ada baiknya kekurangan ini diimbangi dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang berhubungan dengan aktivitas fisik, khususnya berolahraga.

5. Stimulasi tidur 

5 Penyebab Mimpi Basah, Minim Aktivitas Seksual Jadi Trigger Utamailustrasi tidur (pexels.com/ John-Mark Smith)

Pada saat tidur, tubuh akan mengalami relaksasi dan aliran darah akan deras membanjiri daerah kemaluan. Hal ini dikarenakan pembuluh darah dapat membesar ketika nitro oksida dilepaskan. Nitro oksida ini diproduksi secara alami di dalam tubuh manusia dan membantu peran produksi penting di dinding arteri.

Kondisi ini memungkinkan aliran darah mencapai jaringan penis dan membuat area tersebut menjadi lebih sensitif. Fenomena inilah yang terkadang membuat seorang pria mengalami mimpi basah. Selain itu, posisi dan pergerakan saat tidur juga dapat menyebabkan stimulasi atau rangsangan pada daerah kemaluan yang dalam keadaan sensitif. 

Mimpi basah adalah sesuatu yang normal. Momen ini merupakan respon alami yang terjadi pada tubuh terhadap perubahan hormonal. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari mimpi basah, ya!

Mimpi basah tidak berbahaya bagi tubuh atau mengganggu kesuburan. Hanya saja, pastikan untuk menjaga kebersihan bagian kemaluan setelah mengalami mimpi basah.

Baca Juga: Panduan Lengkap Tata Cara dan Doa Mandi Wajib Setelah Mimpi Basah

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya