Comscore Tracker

30 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Ada Film Indonesia!

Jangan ngaku berani kalau belum nonton ini deh

Film horor memang selalu bikin jantung berdegup lebih kencang, apalagi rekomendasi film horor terseram yang sudah dirangkum oleh IDN Times ini. Saking seramnya, deretan film-film horor ini bakal buat kamu tegang dan membuat kamu histeris.

Nah, film horor terseram ini juga ada film Indonesia, lho! Daripada makin penasaran, langsung aja tonton 30 film horor terseram sepanjang masa. Jangan lupa siapkan cemilan untuk teman menonton!

1. Babadook (2014)

https://www.youtube.com/embed/k5WQZzDRVtw

Mendapat rating 98 persen di Rotten Tomatoes, "Babadook" menjadi salah satu film horor terseram tahun 2014-an yang dapat respon positif dari penonton. Film ini bermula dari teror Babadook yang keluar dari buku dongeng yang berjudul "The Babadook".

2. Creep (2015)

Dengan rating 95 persen dari Rotten Tomatoes, "Creep" berhasil mengalahkan "The Visit" yang hadir di tahun yang sama. Film "Creep" termasuk ke dalam tipe film horor dengan alur lambat yang tidak terlalu mengandalkan jumpscare.

3. We Are Still Here (2015)

Awalnya, banyak orang yang meragukan film garapan Ted Geoghegan ini. Namun, Rotten Tomatoes memberi rating 95 persen untuk "We Are Still Here". Film ini menceritakan tentang perjuangan pasangan suami-istri yang harus melawan teror dari para hantu yang bisa menyerap jiwa orang yang masih hidup.

4. Crimson Peak (2015)

Film Crimson Peak akan membuatmu percaya akan adanya hantu dan makhluk astral lainnya. Film horor terseram ini menceritakan tentang seorang keluarga yang mengalami teror di rumah barunya. Film horor terseram ini bakal buat kamu mikir-mikir lagi kalau sendirian di rumah, terutama di malam hari.

5. You're Next (2013)

Awal tahun 2013, "You're Next" memang hanya mendapat 75 persen di Rotten Tomatoes. Namun, film ini masih dianggap salah satu film horor yang akan membuatmu teriak, terkejut, dan deg-degan. Dari judulnya saja sudah buat merinding ya, guys!

6. The Conjuring (2013)

Tidak heran jika film satu ini masuk ke dalam daftar film horor terseram. Berkat arahan James Wan, The Conjuring bukan hanya membuat kita takut, tapi juga was-was dengan keadaan sekitar. The Conjuring dapat kamu saksikan di platform streaming legal kesayanganmu!

7. Inang (2022)

https://www.youtube.com/embed/IugWMQMyc0Y

Kali ini, film horor terseram selanjutnya adalah film karya anak bangsa. Buat kamu yang suka dengan film horor dengan tema sekte dan penumbalan, wajib banget buat nonton film horor pertama besutan Fajar Nugros ini. Film "Inang" berpusat pada seorang perempuan yang hamil di luar nikah, bernama Wulan.

Ketika Ia sedang kebingungan dengan kondisinya, ia bertemu dengan keluarga Santoso yang berjanji mau membantu dan mengadopsi anaknya. Namun, nyatanya Wulan justru dipersiapkan untuk menjadi tumbal untuk ritual Rabu Wekasan.

8. Let The Right One In (2008)

Siap-siap untuk merasakan kengerian dan deg-degan yang nggak akan berhenti sepanjang film. "Let The Right One In" mendapat respon yang positif dengan 8/10 di IMDb dan 98 persen di Rotten Tomatoes.

9. The Orphanage (2007)

Sutradara film ini berhasil membawa rasa horor sekaligus teror untuk para penonton. "The Orphanage" menceritakan tentang seorang ibu yang mencari anaknya yang menghilang di tengah-tengah pesta. Di proses pencariannya tersebut, sang ibu juga harus menghadapi teror dari makhluk tak kasat mata.

10. Insidious (2010)

Kamu pasti nyesel kalau melewatkan film "Insidious". Film yang mengambil tema astral projection ini menceritakan tentang seorang anak yang jiwanya hilang karena dibawa oleh iblis saat melakukan astral projection. Dijamin, film ini bakal bikin kamu ngeri, seram, deg-degan, kaget, semua deh lengkap!

11. Scream (1996)

Siapa yang tidak mengenal topeng dari pembunuh dalam film Scream. Bagaimana rasanya dan apa yang akan kamu lakukan jika suatu malam ada yang menelpon dan menerormu?

12. Ring (1998)

Hati-hati jika kamu ingin menonton film horor "Ring". Pasalnya film ini menyuguhkan sosok hantu yang melakukan terornya melalui televisi. Di film tersebut diceritakan, siapapun yang sudah melihat sosok hantu tersebut hanya punya waktu tujuh hari untuk hidup.

Baca Juga: Kisah Horor Tradisi Rabu Wekasan, Diyakini untuk Tolak Bala

13. Pengabdi Setan (2017)

https://www.youtube.com/embed/0hSptYxWB3E

Masih dengan genre sekte. Film "Pengabdi Setan" garapan sineas kawakan, Joko Anwar ini sukses membuat penonton histeris dengan teror yang harus dihadapi oleh sebuah keluarga. Tidak hanya itu, kamu juga bakal dibuat terbayang-bayang dengan sosok makhluk astral yang akan ditampilkan dalam film "Pengabdi Setan".

14. Silence of The Lambs (1991)

Film horor-thriller  klasik yang berhasil meraih Piala Oscar pada tahun 1992. Film ini menceritakan tentang kasus berantai yang didalangi oleh seorang psikopat gila. Psikopat tersebut selalu menguliti dan memutilasi korban-korbannya. Siap-siap gemetaran deh kalau nonton film "Silence of The Lambs".

15. The Shining (1980)

Pecinta film horor klasik mana yang kelewatan menonton "The Shining"? Film yang diperankan apik oleh Jack Nicholson muda ini menceritakan tentang teror yang dimulai dari hotel yang dibangun di atas pemakaman India. 

16. Hellraiser (1987)

Film "Hellraiser" ini menceritakan tentang teror seorang laki-laki yang terbunuh akibat permainan puzzle terkutuk. Tidak lama setelah kejadian itu, puzzle tersebut pindah ke seorang perempuan bernama Laura. Tanpa disengaja, jari Laura berdarah dan membangkitkan arwah di dalam puzzle tersebut.

17. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film yang dibintangi oleh aktris senior, Tara Basro ini menceritakan tentang dua sahabat bernama Maya dan Dini yang berusaha meloloskan diri dari kejaran pembunuh. Setelah lolos dari ancaman maut tersebut, Maya pergi ke kampung halamannya untuk menengok kondisi rumah warisannya. Sesampainya di sana, justru ia mengalami teror yang mengerikan daripada teror pembunuhan yang sempat dialaminya.

18. Nightmare on Elm Street (1984)

Memang pada 2010, film ini di-remake, tapi versi pertama atau klasik memang yang terbaik! Film ini masih menceritakan tentang teror Fredy Krueger yang bisa membunuh orang melalui mimpi buruk.

19. Mangkujiwo (2020)

https://www.youtube.com/embed/G-F_8OZcQV8

Ingin tahu asal muasal lahirnya kuntilanak? Kamu harus coba nonton film "Mangkujiwo". Di film ini diceritakan lahirnya sosok kuntilanak akibat dari perseteruan dua orang yang memperebutkan pusaka bernama Loji Pusaka. Tidak tanggung-tanggung, salah satu orang yang terlibat dalam perseteruan tersebut membalaskan dendamnya dengan membujuk seorang perempuan yang nantinya akan menjadi kuntilanak.

20. The Thing (1982)

Film horor lawas yang dirilis pada tahun 1982 ini menghadirkan banyak monster aneh dengan bentuk yang menjijikan. Hati-hati kalau kamu mau melihatnya karena banyak adegan yang bikin mual!

21. Poltergeist (1982)

Tahun 80-an memang tahun-tahun film horor terbaik! Sama seperti dua film horor 80-an sebelumnya, "Poltergeist" juga dibuat remakenya 2015 silam. Namun, lagi-lagi, film klasik lebih mendapat respon positif.

22. The Evil Dead (1981)

Sama dengan "Nightmare on Elm Street", film "The Evil Dead" juga sempat di-remake, tapi tidak dapat menandingi kengerian film horor klasik deh! Film ini menceritakan tentang lima orang sahabat yang harus menghadapi teror berbagai makhluk astral yang berasal dari kitab terkutuk.

23. The Exorcist (1973)

Ingin tahu film yang mengawali adegan ikonik, orang kerasukan yang kepalanya memutar sampai ke belakang? "The Exorcist" adalah pelopornya. Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang pengusiran setan yang merasuki seorang perempuan.

24. Halloween (1978)

Ini dia salah satu film klasik yang wajib kamu tonton! Film cerdas ini tidak hanya mengandalkan jumpscare untuk membuat histeria, kengerian tersebut juga berhasil dibangun melalui pengemasan alurnya yang apik. Film dengan genre horor-thriller ini menceritakan tentang psikopat yang kabur dan menebar teror di tengah masyarakat.

Baca Juga: 31 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa, Mana Paling Seram?

25. Dawn of The Dead (1978)

https://www.youtube.com/embed/Yd-z5wBeFTU

Pernah membayangkan terjebak di pusat perbelanjaan yang dipenuhi dengan zombie? Nah, kamu bisa mencoba merasakan kengerian tersebut melalui film "Dawn of The Dead". Film ini menjadi salah satu film zombie yang paling mengerikan di dunia.

26. The Omen (1976)

Ingin melihat teror dari anak titisan iblis? Coba tonton film "The Omen" yang menceritakan tentang teror seorang anak dengan lambang 666 di kepalanya. Lantas, bagaimana nasib dengan keluarga yang mengadopsinya?

27. Sunyi (2019)

Film yang diadaptasi dari film Korea Selatan yang berjudul "Whispering Corridors" ini mengangkat isu perundungan di sekolah. Diceritakan di film tersebut, ada seorang anak bernama Alex yang sering menjadi korban perundungan. Suatu hari, anak tersebut disuruh untuk melakukan pemanggilan arwah penunggu sekolah. Dari situlah teror arwah penunggu sekolah tersebut dimulai.

28. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Film ini menceritakan tentang teror psikopat gila yang dipanggil Leatherface. Psikopat tersebut selalu membawa gergaji untuk membunuh korbannya. Selain itu, topeng yang dipakai oleh psikopat gila itu, terbuat dari kulit manusia. Run bestie run! 

29. Night of The Living Dead (1968)

Bayangkan film tentang zombie yang masih hitam-putih. Betapa kelamnya kondisi film ini membuat kengerian sendiri bagi penontonnya! Cocok banget deh buat para pencinta film zombie.

30. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Film yang dibintangi oleh dua aktris multitalenta, Chelsea Islan dan Pevita Pearce ini wajib banget kamu masukkan ke watching list. Film yang diarahkan oleh sineas berbakat, Timo, ini berhasil membuat penonton ketakutan dengan menyuguhkan alur cerita yang menegangkan. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang harus menghadapi teror iblis yang ingin mengambil nyawa mereka.

Itu dia 30 film horor terseram dan terbaik yang pernah dibuat. Ada yang belum pernah kamu tonton? Pastikan kamu nonton deh!!

Baca Juga: 20 Film Indonesia Terbaik dari Action hingga Horor, Wajib Nonton!

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila
  • Jumawan Syahrudin
  • Septi Riyani
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra
  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya