Comscore Tracker

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!

Film-film Disney ini dijamin bikin kamu feel good

Selain animasi, film-film live action produksi Walt Disney Pictures juga terkenal selalu sukses meninggalkan kesan di benak penontonnya. Penikmat film Disney pun tak hanya dari kalangan anak-anak, melainkan cocok untuk semua umur di seluruh dunia. Tak heran jika Disney selalu konsisten menelurkan karya keren tiap tahunnya.

Di antara semua film Disney yang pernah dirilis, ini dia sejumlah rekomendasi film Disney terbaik yang sudah IDN Times kurasi. Punya cerita yang tak lekang oleh waktu, gak rugi rasanya menyisihkan dua jam waktumu untuk menontonnya! 

Baca Juga: 10 Film Bertema Bencana Alam Paling Mengerikan, Bikin Deg-degan!

1. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (dok. Disney Pictures/The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe)

Diangkat dari novel karya C.S Lewis pada tahun 1950, The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005) menjadi salah satu film Disney paling terkenal sepanjang masa. Film ini disutradarai oleh Andrew Adamson dan jadi salah satu adaptasi cerita fantasi yang paling membekas di benar anak 90-an.

2. Alice in Wonderland (2010)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Alice in Wonderland (dok. Disney Pictures/Alice in Wonderland)

Terinspirasi dari novel fantasi tahun 1965, Alice in Wonderland (2010) disutradarai oleh Tim Burton dan diperankan oleh berbagai aktor terkenal. Sebut saja Mia Wasikowska, Johnny Depp, dan Anne Hathaway.

Film ini memenangkan Best Art Direction dan Best Costume Design pada ajang Academy Award ke-83 serta menjadi salah satu film paling sukses sepanjang masa.

3. Cinderella (2015)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Cinderella (dok. Disney Picture/Cinderella)

Cinderella (2015) di-remake dari film animasi Disney melegenda sejak tahun 1950. Film live animation ini dibintangi Lily James, Richard Madden, Cate Blancett, hingga Helena Bonham-Carter.

Cinderella versi ini disutradarai oleh Kenneth Branagh. Walau ceritanya kurang lebih sama dengan versi yang selama ini populer, namun film ini memukau dengan visualisasinya yang keren dan akting para pemeran yang ciamik.

4. The Jungle Book (2016)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!The Jungle Book (dok. Disney Pictures/The Jungle Book)

Dirilis pertama kali tahun 15 April 2016, The Jungle Book dibuat berdasarkan buku karya Rudyard Kipling berjudul sama. Film ini disutradarai oleh Jon Favreau dan diperankan oleh Neel Sethi. Berbagai aktor terkenal juga menjadi pengisi suara dalam film ini seperti Bill Murray, Idris Elba, Lupita Nyong’o, dan Ben Kingsley.

5. Beauty and the Beast (2017)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Beauty and the Beast (dok. Disney Pictures/Beauty and the Beast)

Diperankan oleh Emma Watson dan Dan Stevens, film ini merupakan adaptasi dari dongeng karya Jeanne Marie Leprince de Beaumont yang disutradarai oleh Bill Condon. Beauty and The Beast menerima respons positif dari penonton dan kritikus serta berhasil menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang tahun 2017. Bukan hanya itu, film ini juga meraih peringkat kesepuluh untuk film dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata

6. Christopher Robin (2018)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Christopher Robin (dok. Disney Picture/Christopher Robin)

Diadaptasi dari buku karya A. A Milne dan E. H Shepard berjudul Winnie the Pooh, Christopher Robin disutradarai oleh Marc Foster dan diperankan oleh Ewan Mcgregor. Film ini menjadi film berpendapatan tertinggi dalam seri Winnie the Pooh, yang juga masuk nominasi di Academy Awards ke-91 untuk kategori Best Visual Effects.

7. Mary Poppins Returns (2018)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Marry Poppins Return (dok. Disney/Marry Poppins Return)

Mary Poppins (1964) menjadi film Disney yang berhasil mendapat nominasi Oscar paling banyak yakni 13 nominasi. Kepopulerannya disusul dengan Mary Poppins Retuns yang gak kalah disukai penonton. Film ini diperankan oleh aktor kawakan Emily Blunt, Meryl Streep, dan Julie Walters. Kamu sudah nonton belum nih?

8. Aladdin (2019)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Aladdin (dok. Disney Pictures/Aladdin)

Kesuksesan Beauty and The Beast diwariskan pada Aladdin yang menjadi film terlaris kelima sepanjang tahun 2019. Film ini juga meraih peringkat ke-34 sebagai film terlaris sepanjang masa. Banyak penonton dibuat takjub oleh skor musik dan kostum di Aladdin. Film garapan sutradara Guy Ritchie ini diperankan oleh Will Smith, Mena Massoud, dan Naomi Scott.

9. Dumbo (2019)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Dumbo (dok. Disney Pictures/Dumbo)

Didasarkan dari novel karya Helen Aberson dan Harold Pearl berjudul sama, Dumbo disutradarai oleh Tim Burton dan diperankan oleh berbagai bintang ternama seperti Collin Farrell, Michael Keaton, dan Eva Green. Bukan hanya film anak-anak tapi semua usia, kamu sudah nonton belum?

10. Mulan (2020)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan live action Mulan (dok. Disney Pictures/Mulan)

Film Disney terbaru yang gak boleh ketinggalan, Mulan didasarkan pada legenda Tionghoa Hua Mulan yang diperankan oleh Yifei Liu. Disutradarai oleh Niki Caro, film yang sempat diundur jadwal tayangnya karena pandemik ini akhirnya tayang di Disney+ Hotstar pada September 2020 lalu.

Baca Juga: 10 Film Romcom Terbaik Netflix yang Bikin Baper, Sudah Nonton?  

11. Pete's Dragon

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Pete's Dragon (dok. Disney Picture/Pete's Dragon)

Pete's Dragon mungkin gak sepopuler judul-judul lainnya di Indonesia. Tetapi, film besutan David Lowery ini adalah salah satu live action terbaik Disney yang sering menuai pujian lho! Film fantasi ini diperankan oleh Bryce Dallas Howard, Oakes Fegley, Wes Bentley, hingga Karl Urban.

12. Maleficent (2014)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Maleficent (dok. Disney Picture/Maleficent)

Belum lengkap rasanya daftar film Disney tanpa Maleficent (2014). Film ini juga begitu ikonik dan membuat peran sang peri kegelapan melekat pada diri Angelina Jolie.

Maleficent disutradarai oleh Robert Stromberg dan diperankan Elle Fanning, Sharlto Copley, hingga Lesley Manville. Pada 2019, Disney merilis sekuel berjudul Maleficent: Mistress of Evil.

13. Pinocchio (2022)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Pinocchio (dok. Disney Picture/Pinocchio)

Pinocchio jadi legenda berikutnya yang di-remake ke live action. Meski reviewnya kurang oke, namun tetap banyak yang tertarik dengan adaptasi karya sutradara beken, Robert Zemeckis. 

Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Benjamin Evan Ainsworth, hingga Joseph Gordon-Levitt! Top stars Hollywood semua!

14. The Lion King (2019)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan The Lion King (dok. Disney Picture/The Lion King)

Jangan ngaku fans Disney jika tak tahu The Lion King (1994). Animasi legendaris itu akhirnya sukses diadaptasi ke masa kini dan diperankan oleh sejumlah top artis Hollywood. Mereka antara lain Donald Glover, Seth Rogen, Chiwetel Ejiofor, hingga Alfre Woodard.

Kisah Simba ini disutradarai oleh Jon Favreau yang sebelumnya sudah sukses menggaram The Jungle Book (2016).

15. Cruella (2021)

15 Rekomendasi Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton!Cuplikan Cruella (dok. Disney Picture/Cruella)

Setelah kesuksesan 101 Dalmatians (1996) tak disangka Disney berhasil membuat spin-off yang justru mengubah persepsi terhadap sang antagonis, Cruella De Vil. Film Cruella (2021) bahkan sukses menyabet sejumlah penghargaan. 

Film ini dibintangi oleh Emma Stone, Emma Thompson, hingga Joel Fry. Kesuksesannya pun dipiloti oleh sutradara Craig Gillespie.

Dengan berbagai premis menarik dan alur cerita unik yang disampaikan, film-film Disney juga identik dengan visual rapi yang menyenangkan. Penonton seakan dijanjikan untuk mendapatkan movie experience yang berbeda tiap nonton filmnya. Nah, dari berbagai rekomendasi film Disney di atas, kamu sudah nonton yang mana aja sih?

Baca Juga: Disney Bercita-cita Kembangkan Fitur Disney+ agar Lebih Interaktif

Topic:

  • Zahrotustianah
  • Stella Azasya
  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya