Comscore Tracker

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karier

Jangan salah, berpikir kreatif gak melulu soal desain 

Berpikir kreatif adalah salah satu cara yang berbeda dalam mandang suatu hal. Kemampuan ini memungkinkan para pemiliknya untuk menghubungkan apa yang terjadi. Tak hanya itu saja, melalui kemampuan ini juga membuat kamu dapat melihat apa yang terlewatkan oleh orang lain.

Gak selalu berhubungan dengan desain, cara berpikir ini tentunya sangat krusial untuk semua field karier yang ada. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan tersebut, berikut enam cara ini layak untuk kamu coba.

1. Tingkatkan keingintahuanmu terkait segala hal 

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karierilustrasi diskusi (pexels.com/cottonbro)

Sebagai stimulasi awal yang harus kamu lakukan adalah selalu memupuk rasa ingin tahu dalam segala hal. Dalam melihat keadaan, mulai tanyakan pada dirimu mengenai what dan why terkait apa yang terjadi.

Konsep berpikir yang seperti ini akan membantumu untuk tetap dinamis dalam berpikir dan gak berhenti di situ-situ saja. Dalam pekerjaan, setiap keputusan yang kamu ambil pun akan lebih efektif dan baik nantinya. Sebab, pertimbangan yang lebih luas dengan banyak sudut pandang. Coba rasakan bedanya.

2. Latih diri untuk bisa open minded dalam melihat sesuatu 

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karierilustrasi diskusi (pexels.com/Anthony Shkraba)

Tak jarang keterbatasan dalam berpikir kreatif disebabkan karena kamu termasuk tipikal fixed mindset. Pada tipe ini, kamu akan cenderung hanya menganggap sesuatu salah dan benar tanpa mau mengembangkan. Untuk melatih cara berpikirmu, sedikit ubahlah cara pandangmu.

Percayalah gak ada yang seratus persen salah dan benar. Semua yang salah pun bisa diperbaiki jika dilakukan dengan metode yang benar. Belajarlah untuk menjadi pribadi lebih open minded dalam melihat segala kemungkinan dan perubahan yang ada.

3. Sediakan waktu untuk berangan dan bermimpi 

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karierilustrasi pekerja kreatif (pexels.com/Anthony Shkraba)

Hidup memang penuh dengan tuntutan. Gak hanya dalam pekerjaan, tak jarang tuntutan sosial juga dapat membuat keadaan semakin parah. Tetap jalani pekerjaan yang mungkin saat ini bukanlah passion-mu.

Namun, ada baiknya kamu tetap menyediakan waktu untuk setidaknya berangan dan bermimpi. Membayangkan proyeksi dirimu ke depan dalam keadaan yang lebih dari sekarang.

Hal ini bertujuan untuk menjaga dirimu tetap termotivasi dan gak sekedar hidup saja. Selain itu, membayangkan hal yang baik juga bagus untuk merilekskan pikiran yang sudah bekerja keras.

Baca Juga: 5 Alasan Dengarkan Musik dapat Membantumu Berpikir Kreatif

4. Belajar untuk mengamati dan membuat pola 

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karierilustrasi diskusi (pexels.com/fauxels)

Terkadang banyak orang yang hanya melihat gambaran besarnya saja dalam hidup. Oleh karena itu, kamu harus mencoba untuk belajar mengamati hal-hal kecil yang mungkin saja terlewatkan. Menjadi lebih peka dapat membantumu melihat apa yang tidak terlihat.

Kamu akan bisa menghubungkan setiap pola yang terjadi dalam hidup, termasuk pekerjaan. Apa yang sedang terjadi, apa yang sebenarnya menjadi tugasmu, hingga apa yang harus kamu selesaikan berikutnya, akan lebih mudah tergambar.

Dan kamu gak perlu lagi pusing ataupun overwhelmed dengan semua yang terjadi. Sebab, kamu sudah terlebih dahulu melakukan break down untuk semua itu.

5. Buang jauh ketakutan yang selama ini ada dalam benakmu 

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karierilustrasi orang tidak percaya diri (pexels.com/MART PRODUCTION)

Tak jarang kemampuan untuk berpikir kreatif ini bisa mati karena hal buruk, seperti penolakan atau kegagalan. Namun sebaliknya, ada baiknya hal negatif ini semakin memacu kamu untuk memikirkan lebih banyak ide atau kemungkinan lain setiap hal.

Saat satu ide tidak berhasil, kamu masih memiliki dua hingga tiga lainnya yang dapat dijalankan. Berpikir kreatif akan membuatmu siap dengan back up plan yang banyak.

6. Izinkan tubuhmu untuk sedikit lebih santai dan rileks  

6 Tips yang Bantu Kamu Berpikir Kreatif, Dibutuhkan Semua Field Karierilustrasi istirahat sejenak saat bekerja (pexels.com/Andrea piacquadio)

Jangan melulu memikirkan tuntutan atau rutinitas dalan hidup. Ambil jeda dan nikmati hidup untuk sekedar melepas stres yang terjadi. Sebab, kondisi yang fresh akan membantu kamu lebih mudah untuk mendapat ide baru lagi.

Saat kamu merasa sedang stuck, jangan dipaksakan untuk berpikir. Tujuannya untuk mengembalikan versi kamu yang lebih baik.

Berpikir kreatif memang selalu menyenangkan jika dikupas. Bagaimana caramu yang berbeda dalam memandang dunia tak jarang gak dimiliki oleh orang lain. Namun, kemampuan tersebut tentu bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya