Comscore Tracker

5 Prospek Karier Jurusan Akuntansi Selain Menjadi Akuntan

Prospek profesinya sangat menjanjikan

Sebagian besar orang masih berpandangan bahwa mahasiswa dari jurusan akuntansi di berbagai universitas pasti berkarier sebagai akuntan, padahal sebenarnya ada banyak bidang karier lainnya selain menjadi akuntan.

Bagi kalian yang tertarik masuk jurusan akuntansi atau yang merupakan mahasiswa jurusan akuntansi dapat menyimak 5 prospek pekerjaan dari jurusan akuntan ini!!

1. Auditor

5 Prospek Karier Jurusan Akuntansi Selain Menjadi Akuntaniqc.ie

Auditor merupakan pekerjaan yang paling umum bagi mahasiswa jurusan akuntansi selain menjadi akuntan. Seorang auditor secara umum bertugas untuk mengecek kewajaran dari suatu laporan keuangan. Jenis pekerjaan ini termasuk kategori yang cocok bagi kalian semua yang berpikiran kritis karena kalian semua dituntut untuk "mencari-cari" kesalahan dari sebuah laporan keuangan.

Dalam hal gaji, untuk entry-level berkisar antara 5-7 juta rupiah per-bulannya, namun apabila kalian dapat mencapai level associate partner atau partner  konon kisaran gajinya bisa mencapai 50-100 juta tergantung pada kebijakan Kantor Akuntan Publik (KAP) tempat kalian bekerja.

2. Konsultan bisnis / manajemen

5 Prospek Karier Jurusan Akuntansi Selain Menjadi AkuntanPixabay/geralt

Meskipun seorang mahasiswa jurusan akuntansi indentik dengan laporan keuangan, ternyata mereka juga sangat dibutuhkan dalam bidang non-financial misalnya sebagai konsultan bisnis atau manajemen. 

Kemampuan mereka menghubungkan aspek financial dan non-financial inilah yang menjadi kunci dibutuhkannya mahasiswa akuntansi sebagai konsultan bisnis. Salah satu bentuk aplikasinya adalah seorang konsultan ini dapat memberikan saran bagaimana sebuah operasi perusahaan dapat berjalan dengan efektif (non-financial) dan tanpa memakan biaya yang banyak (financial).

Kisaran penghasilan tergantung dari jumlah klien dan tarif per satuan waktu yang telah kalian tentukan.

3. Financial analyst

5 Prospek Karier Jurusan Akuntansi Selain Menjadi Akuntanpixabay/geralt

Kemampuan seorang akuntan dalam hal angka-angka dan laporan keuangan tentu saja tidak perlu diragukan lagi, maka jasa seorang financial analyst menjadi sangat penting. Apabila kalian ingin berhubungan dengan pasar modal atau menjadi pialang saham, menjadi financial analyst merupakan langkah pertama yang tepat.

Financial analyst umumnya banyak berurusan dengan rasio-rasio keuangan guna memproyeksikan atau meramalkan kondisi keuangan sebuah perusahaan di masa yang akan datang. Pekerjaan ini termasuk dengan bayaran tinggi lho, yang pasti untuk sebuah proyek bayarannya dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung dari skala perusahaan klien kalian.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Alami Kekerasan Finansial oleh Pasangan!

4. Konsultan pajak

5 Prospek Karier Jurusan Akuntansi Selain Menjadi AkuntanPixabay/Alexas_Fotos

Perpajakan merupakan salah satu bidang yang menjanjikan karena seluruh perusahaan rela membayar berapapun untuk terhindar dari masalah perpajakan di Indonesia yang sanksinya sangat memberatkan.

Dengan adanya rencana reformasi undang-undang perpajakan pada tahun 2019 mendatang, tentu saja tenaga konsultan pajak akan semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena kabarnya undang-undang perpajakan yang terbaru ini jauh lebih rumit dan sanksi-sanksinya jauh lebih berat daripada peraturan sebelumnya!

5. Forensik

5 Prospek Karier Jurusan Akuntansi Selain Menjadi AkuntanPixabay/mohamed_hassan

Bidang pekerjaan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai audit forensik. Forensik ini cocok untuk kalian yang ingin menjadi detektif, namun dalam bidang ini kalian akan mencari-cari tindak pidana kecurangan dengan mengacu pada berbagai laporan keuangan perusahaan. Tindak pidana kecurangan yang paling umum adalah korupsi yang sangat marak di Indoensia tercinta ini.

Salah satu prospek yang menarik dari audit forensik adalah apabila kalian dapat bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Apabila kalian ingin berkarir di bidang ini, pastikan kalian memiliki mental yang kuat karena kalian akan berurusan dengan para kriminal!!

Nah, barusan adalah beberapa prospek yang menjanjikan dari jurusan akuntansi yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Tentu saja di luar 5 yang telah disebutkan barusan masih banyak prospek lainnya yang menarik, namun biasanya hanyalah spesialisasi dari kelima prospek tersebut. Jadi, apakah kalian sudah menentukan ingin berkarier di bidang apa?

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karier

Joshua Michael Photo Writer Joshua Michael

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya