Comscore Tracker

5 Kesibukan yang Bisa Dilakukan Selama Nganggur, Biar Tetap Produktif!

Yuk, manfaatkan waktu kosongmu dengan bijak

Masa menganggur adalah hal yang cukup membosankan. Sehingga, tak jarang kalau banyak pengangguran yang bengong dan bingung mengisi waktu kosongnya hingga mendapat pekerjaan. Padahal, banyak lho kegiatan positif dan bermanfaat yang bisa dilakukan selagi masih dalam status pengangguran.

Diantaranya, kamu bisa mencoba lima kesibukan dibawah ini. Semoga bisa membuat waktu nganggurmu lebih produktif dan berkualitas!

1. Bergabung di suatu komunitas atau organisasi yang bisa membuatmu lebih berkembang

5 Kesibukan yang Bisa Dilakukan Selama Nganggur, Biar Tetap Produktif!pexels.com/@zhuhehuai

Selama masa pencarian kerja, kamu tidak boleh fokus hanya terus mencari pekerjaan lho. Jangan biasakan terpaku pada satu tujuan sehingga mengabaikan kesempatan-kesempatan baik lainnya yang bisa kamu peroleh. Sambil kamu melamar pekerjaan sana-sini, coba tambah pengalaman dan pengetahuanmu dengan mengikuti organisasi atau komunitas tertentu.

Pastikan yang kamu pilih adalah komunitas atau organisasi yang berkualitas, sehingga bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih berkembang. Mana tau, disaat kamu bergabung pada satu komunitas atau organisasi tertentu bisa membuatmu terhubung pada orang-orang yang punya informasi pekerjaan yang kamu inginkan.

2. Mengikuti kegiatan yang bermanfaat

5 Kesibukan yang Bisa Dilakukan Selama Nganggur, Biar Tetap Produktif!unsplash.com/@productschool

Mengikuti kegiatan-kegiatan atau event bermanfaat bisa kamu lakukan sembari menunggu lowongan pekerjaan yang kamu harapkan. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan bermanfaat seperti seminar, pelatihan, kompetisi, pameran kerja atau kegiatan lainnya yang bisa memberi feedback positif untukmu.

So, kekosongan waktumu bisa diisi untuk hal yang berfaedah. Pun, kamu bisa mendapat banyak keuntungan dari mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat. Karena terkadang banyak kegiatan yang memberikan sertifikat bagi para pesertanya. Lumayan kan, sertifikat partisipasimu bisa menjadi lampiran pendukung ketika melamar kerja. 

3. Mengembangkan minat dan hobi agar bisa menghasilkan

5 Kesibukan yang Bisa Dilakukan Selama Nganggur, Biar Tetap Produktif!pexels.com/@burst

Hobi dan minat bukan hal yang hanya dipendam untuk diri sendiri. Di era teknologi banyak hal menguntungkan yang bermula dari hobi atau minat seseorang. Coba gali apa yang menjadi minat dan hobimu, lalu pikirkan kemana arah hobimu yang bisa kamu lakukan agar menghasilkan keuntungan bagimu.

Misalnya, kamu menyukai dan ahli dalam bidang bahasa asing, maka kamu bisa menjadikan minat dan kemampuanmu tersebut seperti membuka jasa penerjemah, tutor bahasa asing, membuat blog atau video belajar bahasa asing dan tentunya banyak hal kreatif lain yang bisa dilakukan. Nah, perlahan dengan menekuni minat dan hobimu maka bisa sebagai sumber pemasukanmu sebelum mendapat pekerjaan tetap nantinya.

Baca Juga: Ramalan Karier 12 Shio Tahun 2020: Kerbau Waspada, Anjing Berjaya

4. Mempelajari hal baru yang menguntungkan

5 Kesibukan yang Bisa Dilakukan Selama Nganggur, Biar Tetap Produktif!Unsplash.com/Kevin McCutcheon

Waktu adalah uang. Jadi, sangat rugi jika harus membuang uang tanpa alasan yang jelas, bukan? Nah, maksudnya waktu menganggurmu adalah waktu berharga yang tak boleh dilalui dengan sia-sia. Kamu bisa mengisi waktu kosongmu dengan belajar hal-hal baru. Sehingga, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih aktif, kreatif dan produktif.

Apalagi jika kamu bisa mempelajari hal baru yang belum sempat kamu pelajari sebelumnya, tentu waktu kosong sebagai pengangguran bisa menjadi pilihan waktu yang tepat. Misalnya, kamu bisa belajar bahasa asing, menyetir, memasak atau hal lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari hal baru yang berkaitan dengan cita-cita kariermu di masa depan.

5. Membuat rencana sukses kedepannya

5 Kesibukan yang Bisa Dilakukan Selama Nganggur, Biar Tetap Produktif!unsplash.com/Cathryn Lavery

Rejeki seseorang kedepannya memang tidak ada yang tahu. Namun, tak salah jika kita semangat untuk berusaha demi mencapai tujuan dan impian kedepannya. Salah satu caranya adalah dimulai dengan perencanaan. Karena dengan perencanaan kita bisa lebih terarah dalam melakukan dan menggapai sesuatu. So, buatlah rencana suksesmu kedepannya.

Mungkin kamu hanya ingin langsung berkarier, ingin melanjutkan pendidikan baru berkarier, berkarier dulu baru melanjutkan pendidikan, atau ingin berkarier dulu lalu menikah? Tentu keinginanmu hanya kamu sendiri yang tahu. Jadi, selama menganggur kamu bisa merancang rencanamu kedepannya, biar langkah hidupmu lebih jelas dan terarah.

Itulah tadi lima kesibukan yang bisa kamu lakukan selama masa menganggur. Mulailah menghargai waktumu dan jangan biarkan berlalu sia-sia. Oke?

Baca Juga: Menurut Zodiak, Ini Bulan Keberuntunganmu dalam Karier di Tahun 2020!

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya