Comscore Tracker

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladani

Yuk terapkan di kehidupan kerjamu!

Gak seperti sekarang, Korea Selatan dulu pernah tercatat sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Negeri ginseng tersebut juga miskin sumberdaya alam dan perekonomiannya hanya mengandalkan sektor pertanian.

Ketika Jepang dan perang saudara Korea terjadi, negeri ini bahkan nyaris hancur. Namun sekarang, berkat kegigihan dan etos kerja warganya, Korea Selatan mampu menjadi negara maju dan unggul dalam berbagai bidang, termasuk teknologi.

Yuk, intip beberapa budaya Korea Selatan yang membuat mereka menjadi negara maju dan bisa kamu tiru!

1. Disiplin dan tepat waktu

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanijpninfo.com

Orang Korea Selatan terkenal disiplin, termasuk disiplin waktu. Mereka benar-benar menghargai waktu dan gak mau ada waktu yang terbuang percuma. Dalam kehidupan sehari-hari di kantor, gak ada alasan untuk mereka terlambat masuk kantor atau rapat kecuali ada alasan yang memang benar-benar urgent. Saat punya janji bertemu dengan orang lain, mereka juga akan berusaha datang tepat waktu.

2. Pola kerja cepat, namun tetap memberikan yang terbaik

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanikoreners.com

Pekerja di Korea Selatan terkenal dengan ritme kerjanya yang cepat, namun tetap memberikan hasil terbaik. Sejak kecil, orang Korea Selatan memang sudah diajarkan untuk bekerja serba cepat.

Dalam waktu yang singkat, mereka memiliki banyak target yang tetap bisa terselesaikan dengan baik. Rahasianya, mereka akan menetapkan target kerja dalam kurun waktu tertentu. Dengan prinsip "time is running out", orang Korea Selatan umumnya memiliki semacam list berisi target-target harian, mingguan, dan bulanan yang harus mereka capai.

Dengan list target pengerjaan pekerjaan yang telah ditetapkan sendiri sebelumnya, gak ada waktu yang terbuang percuma selama bekerja. Bahkan gak jarang, pekerjaan orang Korea Selatan sudah selesai sebelum waktu yang telah ditentukan. 

3. Fokus saat bekerja

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanistraitstimes.com

Salah satu kunci bekerja cepat ala orang Korea Selatan adalah fokus dalam bekerja. Selama jam bekerja di kantor, mereka akan benar-benar memakainya untuk bekerja. Selama waktu itu, mereka umumnya gak akan membuka media sosial, membaca portal berita, bergosip, atau melakukan hal-hal remeh lainnya yang gak terkait dengan pekerjaan.

4. Gak baperan

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanibusinesskorea.co.kr

Gak sedikit perusahaan di Korea Selatan yang menerapkan standar tinggi untuk para pekerjanya. Tanpa segan, seorang atasan bisa langsung menegur atau memarahi bawahannya yang bekerja lambat atau berbuat kesalahan. Bahkan, seorang atasan bisa saja memarahi karyawannya di depan orang kantor dengan tujuan agar bisa menjadi pelajaran untuk rekan kerja lainnya.

Hebatnya, bawahan yang dimarahi umumnya gak mudah tersinggung dengan teguran tersebut dan bahkan justru menjadi pecutan untuk memberikan performa lebih baik ke depannya. Orang Korea Selatan menganggap teguran tersebut sebagai wadah untuk melakukan perbaikan diri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Unik Ini Hanya Dilakukan oleh Orang Korea, Sudah Tahu?

5. Gak suka menunda-nunda

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanitheinvestor.co.kr

Dalam budaya kerja di Korea Selatan, menunda-nunda pekerjaan merupakan suatu hal yang "diharamkan". Saat bekerja, orang Korea Selatan umumnya akan menanamkan prinsip "Kalau bisa hari ini kenapa nunggu besok?”.

Para karyawan di Korea Selatan akan berusaha menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu meski harus rela melakukannya secara multitasking. Wah, kalau begitu gak heran deh kalau produktivitas kerja karyawan di Korea Selatan menjadi sangat tinggi.

6. Jujur

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanihelloasia.com.au

Kejujuran menjadi salah satu modal penting dalam dunia kerja. Kabar baiknya, umumnya orang Korea Selatan masih menjunjung tinggi kejujuran. Kejujuran ini bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari mereka, misalnya orang Korea Selatan akan mengembalikan dompet orang lain yang terjatuh ke kantor polisi.

Di dunia kerja, kejujuran ini menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang gak diinginkan, seperti korupsi atau pemalsuan data.

7. Amanah

Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladanikoreabizwire.com

Selain jujur, orang Korea selatan dikenal amanah. Apabila diberikan suatu tanggung jawab, mereka umumnya bisa dipercaya dan akan melakukan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya. Karena itu, jangan heran saat mendengar cerita pejabat pemerintahan di Korea Selatan yang mengundurkan diri jika ia merasa gagal membuat kemajuan atau menyalahgunakan jabatan.

Nah, itulah tadi beberapa budaya kerja orang Korea Selatan yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-harimu. Yuk, mulai dari diri sendiri dulu dan sebarkan nilai-nilai kebaikan ke rekan kerjamu. Tetap semangat lakukan kebaikan!

Baca Juga: Ingin Sukses? Coba Deh Ikuti 8 Prinsip Hidup Orang Korea Selatan Ini

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya