Comscore Tracker

Jangan Diabaikan, Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Stres Saat di Kantor

Sebaiknya jangan kamu lakukan!

Anggapan dunia kerja itu keras memang benar adanya. Sebab saat masuk dalam dunia karier akan disuguhkan oleh berbagai persoalan yang lebih rumit. Sehingga ketika kita tidak bisa menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik, bisa memicu yang namanya stres. 

Selain itu, ada beberapa hal di kantor yang bisa memicu terjadinya tekanan atau stres berlebih, seperti dihadapkan oleh rekan kerja toxic, tugas yang menumpuk, dan sebagainya. Nah supaya lebih jelas berikut lima hal yang dapat memicu stres di tempat kerja. 

1. Rekan kerja yang toxic

Jangan Diabaikan, Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Stres Saat di Kantorteman perempuan (pexels.com/@cottonbro)

Hal pertama yang bisa memicu stres saat di kantor, yaitu punya rekan kerja yang toxic. Berhadapan dengan teman kerja beracun seperti ini sangatlah menyebalkan dan bikin emosi. Sebab ia suka cari-cari masalah, abai terhadap tanggung jawab, suka menyepelakan pekerjaan yang diberikan atasan, dsb. Sehingga bisa membuat produktivitas kita jadi menurun. 

Tapi di dunia kerja, kita harus tetap profesional saat dihadapkan berbagai macam sifat orang tersebut. Namun tenang, kamu bisa mengatasinya dengan menjaga jarak atau berkomunikasi seperlunya saja. 

2. Pekerjaan menumpuk yang selalu kamu tunda-tunda untuk diselesaikan 

Jangan Diabaikan, Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Stres Saat di Kantorwanita sedang telepon (pexels.com/@Karolina Grabowska)

Poin selanjutnya disebabkan oleh pekerjaan menumpuk yang kamu tunda-tunda untuk diselesaikan. Nampaknya hal satu ini selalu menjadi kebiasaan dan sering kita alami. Hobi menunda dan menumpuk pekerjaan, alhasil kerjaan gak kelar-kelar yang mengakibatkan kamu stres duluan. 

Yuk, ubah kebiasaan tersebut selesaikan tugas satu per satu dulu dari yang urgent  ke lebih longgar. Selain itu, sesuaikan juga dengan deadline dari pekerjaan tersebut. Jangan sampai menumpuk di akhir sehingga membuatmu keteteran dan hasilnya gak maksimal. 

Baca Juga: Jangan Cemas Dulu, 5 Tips Unik Ini Bisa Membantu Mengatasi Stres

3. Lingkungan kerja yang tidak nyaman

Jangan Diabaikan, Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Stres Saat di Kantorrekan kerja (pexels.com/@Mikael Blomkvist)

Selain disebabkan rekan kerja toxic, penyebab stres di kantor juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang tidak nyaman. Seperti fasilitas kantor yang tidak memadai atau tidak lengkap, bekerja melebihi batas waktu yang ditetapkan, hingga buruknya birokrasi perusahaan, bisa memicu stres dalam bekerja. 

Maka alangkah baiknya sebelum melamar kerja, cari tahu bagaimana profil perusahaan yang kamu lamar, citra perusahaannya bagaimana, fasilitasnya seperti apa, jangan asal memilih. 

4. Tidak memiliki ruang untuk berkembang

Jangan Diabaikan, Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Stres Saat di KantorIlustrasi capek kerja (pexels.com/@monstera)

Selain tiga poin di atas, penyebab selanjutnya yang bisa memicu stres di tempat kerja yaitu, tidak adanya ruang untuk berkembang. Perusahaan menuntutmu untuk kerja terus dengan gaji pas-pasan, namun sayangnya perusahaan tidak memberimu waktu untuk mengembangkan diri. 

Padahal di dunia kerja semakin ke sini semakin dituntut untuk jadi pekerja yang bisa apa saja, dan punya banyak skill atau pengalaman yang mumpuni. Namun nyatanya, ada perusahaan yang membatasi karyawan untuk maju dan ha nya mementingkan untuk kepentingannya sendiri. 

5. Ketakutan terhadap masa depan karier

Jangan Diabaikan, Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Stres Saat di Kantorlaki-laki bekerja (pexels.com/@Tima Miroshnichenko)

Poin terakhir yang bisa memicu stres di tempat kerja yaitu ketakutan diri terhadap masa depan karier. Mengingat dunia kerja itu penuh persaingan, pasti dari kalian pernah bertanya-tanya bagaimana ya masa depan karier kita, apakah bisa naik jabatan, bisa dapat promosi, dan pertanyaan lain. 

Mengingat semakin kesini akan banyak ditemukan orang dengan keahlian lebih mumpuni, yang bisa saja menggeser posisi kita di perusahaan. Selain itu peraturan seperti pemberian nilai buruk dari atasan bisa membuat kita jadi cemas terhadap masa depan. Namun tenang, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan fokus bekerja dan jangan lupa untuk terus meng-upgrade kemampuan. 

 

Itulah lima hal yang bisa memicu stres di tempat kerja. Maka dari sekarang, bangun energi positif supaya kamu bisa menjalani pekerjaanmu dengan baik. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres yang Ternyata Tidak Efektif, Banyak Ruginya!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya