Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Rekan Kerja yang Kompetitif di Kantor

Terkadang sulit menghadapi rekan kerja yang demikian

Bekerja di kantor rupanya tak sekadar menyelesaikan pekerjaan lalu pulang. Di kantor, kamu juga akan dihadapkan dengan seseorang dengan berbagai karakter, salah satunya rekan kerja yang kompetitif. 

Rekan kerja yang kompetitif cenderung 'senang' untuk bersaing dengan sesama rekan kantornya. Biasanya tipe rekan kerja yang seperti itu akan sangat terlihat melalui beberapa tanda yang berikut ini.

1. Mudah merasa sinis dengan orang yang dianggap saingannya

5 Cara Mengenali Rekan Kerja yang Kompetitif di Kantorilustrasi berkonflik (unsplash.com/@proxyclick)

Hal pertama yang dapat kamu lihat dari rekan kerja yang kompetitif adalah sikap sinis nya terhadap orang-orang tertentu. Biasanya mereka dapat mengetahui siapa saja orang-orang yang dianggap sebagai saingan, sehingga cenderung sangat antisipasi terhadap orang-orang tersebut.

Tidak mengherankan bahwa mereka tidak akan ragu dalam menunjukkan rasa tidak suka hingga bersikap sinis di depannya. Cara tersebut dilakukan sebagai bentuk dari rasa kompetitif yang tinggi dalam urusan bekerja.

2. Cari perhatian dengan atasan

5 Cara Mengenali Rekan Kerja yang Kompetitif di Kantorilustrasi boss dan pegawai (pexels.com/@Jonathan-Borba)

Istilah caper atau cari perhatian merupakan salah satu hal yang kerap terjadi di dunia kerja. Biasanya orang-orang yang melakukan tindakan seperti ini justru akan dilabeli sebagai seorang penjilat. Hal tersebut karena memang mencari perhatian seakan menjadi sesuatu yang memiliki konotasi buruk dan kurang disenangi oleh rekan kerja yang lainnya.

Begitu pula dengan para rekan kerja yang memiliki sikap kompetitif tinggi, sebab mereka tidak akan ragu dalam mencari perhatian pada atasan. Hal tersebut dilakukan untuk dapat memuluskan langkah dalam mencapai target karier yang cemerlang di masa depan.

3. Berusaha menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin

5 Cara Mengenali Rekan Kerja yang Kompetitif di Kantorilustrasi pria sedang bekerja (unsplash.com/@studiorepublic)

Salah satu hal lain yang mungkin cukup sering ditemukan pada rekan kerja yang kompetitif adalah bagaimana cara mereka dalam menyelesaikan pekerjaan. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki semangat juang tinggi, sehingga motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan juga akan kuat.

Biasanya mereka memiliki ambisi untuk dapat menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Bukan hanya untuk menunjukkan kualitas diri, namun agar dapat menunjukkan posisinya dengan rekan kerja yang lain. Hal ini membuat mereka akan menjadi sosok yang profesional dalam bidangnya.

Baca Juga: 5 Sinyal Kamu Sudah Dikendalikan Kehidupan Dunia Maya, Hati-hati!

4. Tidak suka dengan pencapaian orang lain

5 Cara Mengenali Rekan Kerja yang Kompetitif di Kantorilustrasi temperamen (unsplash.com/@julienlphoto)

Setiap orang memiliki pasang surutnya tersendiri dalam urusan karier. Hal ini membuat prestasi bekerja tidak selalu mulus dan ada pula saat-saat di mana mungkin akan terasa sulit. Orang-orang yang berprestasi pun seakan silih berganti dan membuat kompetisi bekerja jadi kian seru.

Sayangnya hal ini ini tidak akan mudah diterima oleh orang-orang yang memiliki sikap kompetitif yang tinggi. Mereka akan merasa tidak suka dengan orang-orang yang memperoleh pencapaian dalam pekerjaannya. Rasa tidak suka tersebut diakibatkan karena iri, sebab tidak mampu dalam memperoleh hal tersebut.

5. Berpotensi melakukan cara apa pun untuk dapat bersaing

5 Cara Mengenali Rekan Kerja yang Kompetitif di Kantorilustrasi bekerja (unsplash.com/@anniespratt)

Persaingan dalam dunia kerja dapat dikatakan sebagai salah satu yang tidak sehat. Hal ini karena memang yang tidak semua orang dapat berkompetisi sesuai dengan aturannya. Tidak jarang ada pula orang-orang yang mungkin akan menggunakan cara kotor untuk memuluskan jalannya jalannya dalam bersaing.

Sama halnya dengan orang-orang yang memiliki sikap kompetitif tinggi. Bukan tidak mungkin mereka akan sangat mudah dalam mencari kesempatan dalam kesempitan, sehingga cenderung melakukan hal apapun dalam bersaing. Contoh seperti ini jelas akan menunjukkan kualitas yang kurang baik dalam urusan persaingan kerja.

Memang tidak mudah untuk dapat berbaur dengan semua orang, terutama jika rekan kerja yang kompetitif ada di kantormu. Sebab tidak seorang pun mungkin dapat kamu percayai dengan betul-betul. Hal ini karena memang persaingan di dunia kerja sangatlah nyata, sehingga kamu harus ekstra berhati-hati dengan hal tersebut. Terpenting, bersainglah dengan cara sehat, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Mendambakan Kehidupan Rukun dan Bertoleransi

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya