Comscore Tracker

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian 

Tiru biar rumahmu terasa Skandinavia banget!

Skandinavia adalah negara-negara yang menghuni kawasan semenanjung Timur Eropa seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia. Bangsa Eropa Timur ini dikenal sebagai bangsa yang dekat dengan alam. Hal ini yang kemudian tertuang dalam konsep huniannya yang menekankan aspek kesederhanaan dan fungsionalitas.

Penasaran seperti apa? Kali ini Arsitag akan membahas bagaimana menerapkan desain interior rumah Skandinavian disertai poin-poin penting dalam gaya desainnya.

1. Gunakan material organik pada atap, dinding, dan lantai 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Penggunaan material kayu pada bagian atap hunian, karya Kaa Studio. (architizer.com)

Hal pertama yang menjadi ciri khas rumah dengan gaya Skandinavian adalah penggunaan material organik yaitu kayu. Aplikasikan material kayu pada interior rumah seperti di bagian atap, dinding, ataupun lantai. Menariknya, kayu yang dipakai sengaja dibiarkan sebagaimana tekstur dan warna aslinya agar memberikan kesan autentik.

Material kayu dapat diterapkan pada lantai dan atap hunian 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Material kayu pada lantai dan atap hunian, karya DKA Architectes. (architizer.com)

2. Pilih warna netral dan natural seperti hitam, putih, dan abu-abu 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Gaya Skandinavian pada interior dengan warna putih, karya Mezzo Atelier. (architizer.com)

Mirip dengan gaya minimalis, gaya Skandinavian cenderung menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. Meski demikian, saat ini gaya Skandinavian sudah sering dikombinasikan dengan warna-warna lainnya agar lebih cerah. Hal tersebut memungkinkan kesan yang lebih hidup dan berwarna pada interior dengan desain yang sederhana.

Hadirkan gradasi abu-abu pada interior Skandinavian  

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Warna abu-abu pada interior Skandinavian, karya Jérémie Koempgen Architecture. (architizer.com)

Baca Juga: Industrial dan Skandinavian Jadi Tren Furnitur Paling Digandrungi

3. Furnitur dan desain sederhana namun fungsional 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Kamar dengan interior Skandinavian yang khas, karya Carl Turner Architects. (architizer.com)

Kunci karakter gaya Skandinavian berikutnya adalah desain yang sederhana, namun menekankan pada aspek fungsionalnya. Beberapa furnitur khas yang bisa kamu pilih di antaranya kursi kayu lipat, tikar anyaman, meja kayu, serta rak-rak berdesain sederhana tanpa ornamen berlebih.

Dalam hal warna, biasanya sengaja menunjukkan warna asli material organiknya. Namun, jangan ragu untuk dapat mewarnainya dengan warna putih, hitam, atau abu-abu.

Ruangan fungsional yang efisien    

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Ruangan fungsional, karya Murray Legge Architecture. (architizer.com)

4. Maksimalkan pencahayaan 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Jendela kaca yang banyak untuk pencahayaan maksimal dalam ruangan, karya Kaa Studio. (architizer.com)

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam interior rumah Skandinavian adalah sumber pencahayaan alami yaitu sinar matahari. Rumah dengan gaya desain ini lazim memiliki jendela serta pintu kaca yang besar yang mengundang cahaya matahari dapat masuk ke seluruh bagian rumah. Selain itu, untuk pencahayaan di malam hari, umumnya digunakan lampu dengan warna cahaya kuning redup yang memberi kesan hangat.

Jendela kayu untuk sentuhan Skandinavian yang cantik 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Jendela kayu pada kamar bergaya Skandinavian, karya Block Architects. (architizer.com)

5. Tambahkan lebih banyak elemen alami 

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Ayunan rotan dalam ruangan, karya Hudson Design Architecture & Construction Management PLLC. (architizer.com)

Selain atap dan lantai dengan material kayu serta furnitur kayu sederhana, interior rumah Skandinavian biasanya memiliki tambahan unsur alami lainnya. Cobalah menambahkan furnitur berbahan anyaman rotan seperti ayunan di ruang santai. Agar lebih terasa ala Skandinavian, tempatkan tanaman hidup dengan desain sesuai tema ruangan. Salah satu poin penting dari gaya Skandinavian adalah pencahayaan alami yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah dan menyinari tanaman yang ada.

Tanaman dan batu indoor mempercantik area tangga kayu    

Panduan Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian Tanaman dan batu di dalam ruangan, karya DKA Architectes. (architizer.com)

Seiring perkembangannya, interior rumah Skandinavian semakin sering dikombinasikan dengan gaya desain lain, sehingga membentuk gaya desain baru yang lebih kontemporer. Meski demikian, kelima aspek di atas adalah bagian-bagian terpenting yang khas dari desain Skandinavian.

Lakukan kelima langkahnya untuk merasakan nuansa rumah ala Skandinavian secara totalitas. Buat kamu yang berencana membuat hunian dengan gaya desain khas Eropa Timur ini, pastikan kamu tidak melewatkan salah satunya ya! Sst, menambahkan karpet tenun etnik bakal menyempurnakan gaya Skandinavian yang lebih hangat lagi, lho!

Baca Juga: 6 Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Skandinavian Simpel dan Keren Abis

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang. *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya