Comscore Tracker

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!

#IDNTimesLife Jangan buru-buru buang baju rajut yang melar

Ada yang suka mengoleksi baju berbahan rajut? Di Indonesia, awal tahun biasanya diwarnai hawa dingin dan musim penghujan. Baju-baju berbahan rajut bakal laris karena bisa membantu menghangatkan tubuh.

Baju rajut butuh perawatan khusus. Bahannya bisa melar, bahkan rusak jika dicuci dengan cara yang salah. Kalau beberapa koleksimu sudah telanjur melar, yuk simak enam cara mengatasi baju rajut yang melar!

1. Hindari mencuci dengan mesin cuci

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!Pexels.com/cottonbro

Jika baju rajutmu mulai melar, sebaiknya hindari proses pencucian dengan mesin cuci. Saat dicuci dengan mesin, baju rajutmu bisa mengalami tarikan yang kencang, apalagi jika terbelit oleh pakaian yang lain. Ini akan membuat serat rajutnya makin renggang.

Sebaiknya cuci secara manual, hindari mengucek terlalu keras. Jika nodanya cukup banyak dan membandel, rendam dengan air dingin dan deterjen dalam waktu lama sebelum menguceknya.

2. Jangan menyimpan baju rajut dengan cara digantung

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!Pexels.com/Taryn Elliott

Baju rajut sebaiknya disimpan dalam bentuk terlipat. Menggantung baju rajut akan membuat seratnya longgar, apalagi jika menggunakan gantungan baju berbahan kawat tipis.

Saat menjemur, hindari penggunaan gantungan baju, apalagi jika benar-benar dalam keadaan basah. Bahan rajut sangat menyerap air. Jika dijemur dengan cara digantung dalam keadaan basah, berat baju akan terpusat di bagian bawah. Ini bisa membuat bagian atasnya makin melar karena tertarik ke bawah.

3. Gunakan mesin pengering suhu tinggi

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!Pexels.com/Rodnae Production

Suhu tinggi bisa bikin serat kain mengerut. Nah, ini bisa jadi solusi buat baju rajutmu yang melar.

Jika kamu menggunakan mesin cuci yang punya pengering dengan suhu tinggi, masukkan baju rajut setengah basah ke dalamnya. Semprot baju rajut yang melar dengan sedikit air. Pastikan semua permukaannya basah, namun gak sampai kuyup.

Masukkan dalam pengering, atur waktu pengeringan selama 10-15 menit. Jika bajumu masih belum menyusut ke ukuran semula, ulangi proses ini 1-2 kali lagi.

Baca Juga: Sebelum Mengenal Sabun, Inilah 5 Cara Mencuci Pakaian ala Romawi Kuno

4. Rendam dalam air panas

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!Pexels.com/Cats Coming

Gak punya mesin pengering suhu tinggi? Tenang, kamu bisa mendapatkan efek yang sama dengan bermodalkan panci dan kompor.

Panaskan air sampai benar-benar mendidih terlebih dahulu. Setelah mendidih, matikan api lalu masukkan baju rajutmu ke dalam panci. Jika pancimu berukuran kecil, pindahkan air panas ke ember atau baskom, lalu rendam bajumu.

Rendam selama 5-10 menit, setelah itu angkat dan peras perlahan baju rajutmu. Ingat, lakukan semuanya secara perlahan agar seratnya gak kembali melar!

Setelah itu, jemur dengan cara membentangkannya di atas handuk atau lap di permukaan yang datar. Jangan digantung, ya karena usahamu bisa sia-sia nanti!

5. Menyimpan baju rajut dalam freezer

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!Pexels.com/cottonbro

Ada dua cara berlawanan dalam mengatasi baju rajut yang melar. Pertama dengan memanaskannya, kedua dengan menyimpannya di suhu rendah.

Cuci terlebih dahulu baju rajutmu, lalu peras perlahan dan tiriskan sebentar sampai gak ada air yang menetes. Masukkan dalam plastik bersih, lalu simpan dalam freezer selama beberapa jam. Cara ini juga manjur, lho!

6. Perbaiki bagian tertentu yang rusak

6 Cara Mudah Mengatasi Baju Rajut yang Melar, Bisa Pakai Freezer!Pexels.com/Daria Shevtsova

Baju rajut kadang hanya melar di bagian tertentu, misalnya karena tersangkut benda runcing. Jika bagian yang melar hanya sedikit saja, kamu bisa memperbaikinya tanpa melakukan lima cara di atas.

Tutup bagian yang rusak dengan emblem atau potongan kain, sehingga memberi variasi yang unik. Atau, kamu bisa menarik serat yang melar dengan bantuan jepit rambut berbentuk lidi.

Jangan buru-buru membuang baju rajut yang sudah melar, ya! Cobain enam cara di atas, yuk!

Baca Juga: Hindari Tertular, Ini Cara Mencuci dan Mensterilkan Baju Orang Sakit 

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya