Comscore Tracker

5 Metode Mengeringkan Bunga, Bisa Jadi Ide Bisnis Raup Cuan

Bunga kering bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan, lho

Saat ini, bunga kering menjadi bahan kerajinan DIY yang memiliki banyak peminat. Ini karena, kamu bisa mengkreasikan bunga kering menjadi berbagai item seperti pajangan rumah, buket, pemanis foto estetik, hiasan sarung hp, dan masih banyak lagi. Hemat pengeluaran kamu bisa membuat sendiri bunga kering tersebut. Tidak harus memakai banyak alat, inilah lima metode pengeringan bunga yang bisa kamu coba! 

1. Pemanasan dengan microwave

5 Metode Mengeringkan Bunga, Bisa Jadi Ide Bisnis Raup Cuanilustrasi bunga kering (unsplash.com/Artsy Vibes)

Untuk melakukan ini, kamu harus menyiapkan semangkuk gel silika saat proses pemanasan. Gel ini sendiri berfungsi untuk membantu mengeringkan tanaman tanpa melayukannya. 

Proses pengeringan bunga ini juga terbilang cepat, lho. Metode gelombang mikro membuatmu bisa melihat hasilnya dalam beberapa hari, saja.Kamu bisa memilih metode ini kalau ingin berbisnis buket bunga kering. 

2. Metode diangin-anginkan

5 Metode Mengeringkan Bunga, Bisa Jadi Ide Bisnis Raup Cuanilustrasi bunga gantung (pexels.com/Inga Seliverstova)

Ketika mengeringkan bunga dengan cara diangin-anginkan, pilihlah bunga dengan kandungan air yang minimalis. Bunga dengan banyak kandungan air lebih cenderung tidak bisa benar-benar kering, bahkan membusuk sebelum mengering. 

Bunga seperti lavender, pompom, mawar, African marigold, hydrangea, lakspur, dan lainnya kering lainnya bisa menjadi awal yang bagus untuk melakukan metode ini. Oya, cara ini terbilang hemat tempat karena kamu bisa mengikat beberapa tanaman ke dalam satu ikatan. 

Baca Juga: 5 Jenis Bunga Kering yang Cocok untuk Hiasan Ruangan di Rumah

3. Menekan bunga dengan alat pres

5 Metode Mengeringkan Bunga, Bisa Jadi Ide Bisnis Raup Cuanilustrasi mengeringkan bunga (unsplash.com/Andreea Ch)

Kamu bisa membeli alat pres DIY untuk menekan bunga. Gunakan kertas biasa untuk melapisi bunga sebelum dipres.

Meski mudah didapat, hindari kertas koran untuk melindungi bunga, ya. Ini karena risiko transfer warna kertas koran yang bertinta ke bunga. Dari laman Little Yellow Wheel Barrow, terdapat kelebihan dan kekurangan ketika mengeringkan bunga dengan metode pres. 

Kelebihan penggunaan alat pres:

  • Tidak memerlukan bahan khusus;
  • Metode yang terbilang murah;
  • Mudah dilakukan;
  • Bunga datar terlihat indah;
  • Bisa diaplikasikan di berbagai kerajinan DIY.

Kekurangan penggunaan alat pres:

  • Memerlukan waktu 30 hari agar bunga kering terlihat sempurna;
  • Terkadang bunga rusak saat proses pres;
  • Hasil bunga kering lebih rapuh.

4. Menekan bunga dengan buku

5 Metode Mengeringkan Bunga, Bisa Jadi Ide Bisnis Raup Cuanilustrasi keringkan bunga metode buku (pixabay.com/Ri_Ya)

Menekan bunga di buku lama merupakan metode untuk melestarikan bunga. Meski terlihat ketinggalan zaman, tapi metode ini cocok untuk kamu yang menyukai gaya vintage. 

Gunakan buku berukuran besar dan berat, ikat pinggang, tali sambil menekan bunga, atau sesuatu yang menambah tekanan. Agar benar-benar menekan dengan baik, tidak ada salahnya menggunakan tali ikat untuk semakin mengencangkan tekanan. 

Membuat bunga kering dengan metode ini memerlukan waktu sekitar 30 hari. Tapi ingat, jangan membuka buku ini sebelum 30 hari untuk mengurangi risiko bunga atau daun menjadi retak. 

5. Memanggang bunga dalam oven

5 Metode Mengeringkan Bunga, Bisa Jadi Ide Bisnis Raup CuanIlustrasi bunga kering (unsplash.com/Thea Hdc)

Kamu bisa memanggang bunga segar dengan memasukkan bunga ke dalam oven di suhu rendah selama beberapa jam. Metode ini terbilang cepat untuk mengeringkan bunga, lho. 

Sayangnya, metode ini bisa membuat tanaman kehilangan kelopak ketika proses pemanggangan. Metode ini juga meningkatkan risiko hilang warna pada bunga, lho. Jadi pikirkan baik-baik, ya! 

Untuk menghasilkan bunga kering terbaik, ambillah bunga setelah embun pagi mengering di kelopaknya. Pastikan bunga yang kamu ambil itu segar, tapi tidak ada air yang menempel.

Jangan mengambil bunga setelah hujan atau hari lembap, ya. Kandungan air yang tinggi di dalamnya membuat bunga tak kunjung kering. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbisnis! 

Baca Juga: 9 Ide Kerajinan Cantik dari Bunga Kering yang Mudah Dibuat Sendiri

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya