Comscore Tracker

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di Australia

Universitas impian dengan kualitas yang tak perlu diragukan

Istilah Ivy League maupun C9 League mungkin sudah tidak asing bagi kalian. Namun, bagaimana dengan istilah Go8? Go8 atau kependekan dari Group of Eight merupakan asosiasi universitas-universitas bergengsi dan prestisius di Australia. Universitas-universitas tersebut pun sudah memiliki kualitas pendidikan terbaiknya. Bahkan, universitas-universitas ini menempati peringkat terbaik versi QS World University

Beranggotakan delapan universitas terbaik di Australia, tentunya Go8 menjadi alternatif pilihan yang wajib kamu pertimbangkan apabila ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Lantas, universitas apa saja yang menjadi bagian dari Go8?

1. Monash University 

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaMonash University (instagram.com/monash_uni)

Monash University berdiri pada tahun 1958 dan terletak di Clayton, Victorya, Australia. Tentunya sebagai kampus terbesar di Australia, prestasi dari Monash University sudah tidak diragukan lagi.

Pada tahun 2022, Monash University menduduki peringkat ke-58 kampus terbaik di dunia versi QS World University Rankings. Kampus ini juga menduduki peringkat ke-40 versi US News and World Report, lho.

Monash University sendiri tidak hanya berlokasi di Australia, tapi juga berada di negara-negara lain, seperti Malaysia, Afrika Selatan, Indonesia, dan Italia. Kampus ini menawarkan berbagai macam jurusan untuk program studi sarjana, magister, maupun doktor. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat beragam dan komplet.

2. University of Sydney 

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaUniversity of Sydney (unsplash.com/Eriksson Luo)

University of Sydney merupakan kampus tertua di Australia yang berdiri sejak tahun 1850. Berdiri di Sydney, universitas ini menjadi kampus ke-2 terbesar di Australia. Dari segi kualitas, University of Sydney menduduki peringkat ke-28 versi Best Global University. 

Terdapat empat ratus program studi yang ditawarkan di University of Sidney, baik untuk program S1, S2, dan S3. Selain itu, universitas ini juga menawarkan berbagai macam beasiswa selama berkuliah. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, lho. Paket komplit, bukan? 

3. University of Melbourne

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaUniversity of Melbourne (study.unimelb.edu.au)

University Of Melbourne merupakan anggota Go8 yang terletak di Melbourne, Victoria, Australia. Berdiri pada tahun 1853 menjadikannya sebagai universitas tertua ke-2 di Australia. University of Melbourne juga menjadi kampus tertua di Victoria. Dari segi kualitas, universitas ini menduduki peringkat ke-33 kampus terbaik di dunia versi QS World University Rank 2022. 

Universitas ini terbagi menjadi sepuluh fakultas, meliputi arsitektur, bangunan dan perencanaan, seni, bisnis dan ekonomi, pendidikan, rekayasa, seni rupa dan musik, kedokteran, dan yang lainnya. Beragam beasiswa juga ditawarkan di kampus ini, lho. Menarik, bukan?

4. Universitas of Adelaide

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaUniversity of Adelaide (international.adelaide.edu.au)

University of Adelaide merupakan salah satu universitas bergengsi di Australia. Berdiri pada tahun 1874, menjadikan University of Adelaide sebagai universitas tertua ke-3 di Australia. Pada tahun 2022, universitas ini bahkan mendapatkan peringkat ke-108 versi QS World Rangkings. 

University of Adelaide menawarkan berbagai program studi untuk S1 maupun S2. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, tentunya dengan penawaran berbagai beasiswa selama berkuliah di sana. 

Baca Juga: 5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeri

5. University of Western Australia 

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaThe University of Western Australia (uwa.edu.au)

University of Western Australia merupakan anggota dari Go8 yang berdiri pada tahun 1911. Kampusnya sendiri berlokasi di Perth dan Albani, Australia.

Memiliki moto seek wisdom, University of Western Australia menempati peringkat 100 besar universitas terbaik dunia, lho. Berdasarkan QS World Rangkings, University of Western Australia menduduki peringkat ke-93.

6. University of New South Wales

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaUniversity of New South Wales (unsw.edu.au)

University of New South Wales merupakan universitas yang terletak di Sydney, tepatnya di Kensington. Berdiri pada tahun 1949, kampus ini memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

Dengan meraih peringkat ke-43, University of New South Wales juga masuk ke daftar 50 besar kampus terbaik versi QS World Rankings. Terdapat 6 jurusan di University of New South Wales yang juga termasuk ke dalam 20 jurusan terbaik di dunia versi QS World Rankings.

7. Australia National University

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaAustralia National University  (instagram.com/ouranu)

Australian National University merupakan universitas yang terletak di Canberra, ibukota Australia. Didirikan oleh parlemen Australia pada tahun 1946, universitas ini memiliki moto naturam primum casnogcere rerum.

Pada tahun 2022 ini, Australia National University masuk ke daftar 100 kampus terbaik. Australia National University meraih peringkat ke-56 versi Best Global University. 

8. University of Queensland

Mengenal Group of Eight, 8 Universitas Paling Bergengsi di AustraliaUniversity of Queensland (instagram.com/uniofqld)

University of Queensland merupakan universitas yang berdiri pada tahun 1909 dan terletak di Brisbane, Australia. Universitas ini merupakan kampus ke-5 tertua di Australia.

Dari segi kualitas, universitas ini termasuk ke dalam 50 besar daftar kampus terbaik. Menurut versi QS World Rankings, University of Queensland menduduki urutan ke-47, lho. 

Itulah delapan kampus bergengsi dan prestisius yang tergabung dalam Go8. Sangat berkualitas, bukan? Apakah salah satu universitas di atas adalah kampus impianmu?

Baca Juga: 5 Universitas Paling Terkemuka di Italia, Ada yang Tertua di Dunia!

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya