Comscore Tracker

Mengulik Harmoni di Balik Keberagaman Sosial Budaya Indonesia

Tak perlu pandang perbedaannya, namun tujuannya

Indonesia merupakan negara contoh yang menjadi bukti nyata adanya keberagaman dalam pola pembentukan masyarakat dan kehidupan sosialnya. Di balik kasus-kasus yang pernah terjadi di Indonesia, baik perang antar suku tertentu dan isu-isu SARA yang pernah merebak, namun Indonesia tetaplah satu negara yang menjunjung toleransi.

Namun itu semua bisa tercapai karena masyarakat Indonesia bisa menemukan harmoni dalam kehidupan yang beraneka ragam tersebut. Nah, harmoni inilah yang akan dibahas dalam penjelasan mengenai keberagaman ini. Bagaimana cara melihat dan menemukannya, serta bentuk pengamalannya dalam masyarakat. 

Baca Juga: Menemukan Keberagaman Melalui Musik, Film dan Keagamaan

Harmoni adalah kunci pengamalan tertinggi keberagaman yang ada

Mengulik Harmoni di Balik Keberagaman Sosial Budaya Indonesiailustrasi keberagaman (pixabay.com/sasint)

Pengertian harmoni sebenarnya beragam. Namun dalam konteks keberagaman sosial, maka harmoni bisa diartikan sebagai keselarasan dan keseimbangan dalam hidup keberagaman guna menjaga kerukunan dan persatuan masyarakat. Arti ini sebenarnya jelas menggambarkan bahwa harmoni ini yang menjadi sikap pengamalan dalam hidup yang beraneka ragam.

Contohnya saja para wakil rakyat memiliki berbagai ragam latar belakang suku dan pendidikan. Mereka berangkat dari berbagai daerah di Indonesia dan hanya memiliki satu tujuan yaitu menyuarakan apa yang menjadi hak warga negara. Tak lagi dilihat, komisi berapa harus dari suku apa, dan suku apa yang harus mewakili bidang tertentu. 

Bagaimana cara menemukan harmoni dalam suatu keanekaragaman? Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan:

  • Menilai secara objektif sesuai dengan uji kompetensi dari suatu bidang;
  • Melepaskan paradigma negatif terhadap golongan tertentu sebelum melakukan sesuatu ;
  • Menerima perbedaan yang merupakan ciri khas dari kelompok tertentu;
  • Tidak mengeneralisasi kesalahan satu orang menjadi satu kelompok tertentu;
  • Dan lain-lain.

Meski keberagaman sosial ini bisa membawa dampak positif, berupa bisa menjadi sumber identitas suatu negara, melatih jiwa toleransi sesama masyarakat, namun tak dapat dimungkiri bahwa perbedaan juga bisa dapat memicu perselisihan satu sama lain.

Solusi supaya perpecahan tidak terjadi hanya karena berbeda adalah kesadaran untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai warga negara, yang menyamakan kamu dan lainnya adalah sama-sama warga Indonesia yang menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik untuk negara tercinta. Jadi, sudah siapkah untuk menemukan keindahan dalam perbedaan?

Baca Juga: 5 Hal tentang Keberagaman dan Ucapan Natal Menurut Quraish Shihab

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya