Comscore Tracker

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford University

Salah satunya bisa disewa untuk tempat pernikahan

The University of Oxford adalah perguruan tinggi dalam bidang riset yang terkenal di Inggris dan menjadi salah satu universitas favorit yang kerap dijadikan tujuan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Salah seorang sosok populer yang pernah menempuh pendidikan di sana adalah Maudy Ayunda.

Nah, jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di kampus yang sama dengan pemeran Ainun dalam film Habibie dan Ainun 3 tersebut, ketahui terlebih dahulu beberapa fakta menarik mengenai Universitas Oxford yang telah IDN Times rangkum berikut ini.

1. Merupakan universitas nomor satu di dunia pada 2017-2019

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universitypexels/David Jakab

Berdasarkan daftar peringkat universitas Times Higher Education (THE), Universitas Oxford berada di ranking pertama pada 2017 hingga 2020. Selain itu, dikutip dari laman resminya, Oxford juga berada di peringkat pertama dunia dalam bidang Seni dan Humaniora berdasarkan QS Rangking, serta menempati peringkat kedua sebagai universitas terbaik di Inggris berdasarkan The Sunday Times, The Guardian, dan The Complete University Guide pada 2017 silam.

2. Menjalankan lebih dari 1000 program pendidikan per tahun

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universityinstagram.com/oxford_uni

Departemen pendidikan Oxford telah menjalankan lebih dari 1000 program pendidikan per tahun. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Oxford awards and degrees, yang menawarkan program pendidikan di tingkat sarjana dan pascasarjana di beberapa bidang studi, seperti seni, ilmu sosial, studi diplomatik, perawatan kesehatan, ilmu biomedis, dan sebagainya.
  • Kursus singkat via online, menawarkan lebih dari 90 program di berbagai disiplin ilmu dengan durasi 5-10 minggu.
  • Kelas mingguan, merupakan kelas paruh waktu yang terbuka untuk umum dengan waktu 10 atau 20 minggu.
  • Summer schools, professional development courses, dan masih banyak lagi.

3. Terdiri dari 38 perguruan tinggi konstituen dengan 100 departemen akademik utama yang diawasi oleh 4 divisi akademik

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universityunsplash/Sidharth Bhatia

Oxford memiliki struktur perguruan tinggi yang khas. Pasalnya, ada 38 perguruan tinggi yang mandiri secara finansial dan memerintah sendiri namun tetap berhubungan dengan Universitas pusat dengan sistem federal. Misalnya, Lincoln College, Mansfield College, Hertford College, St Edmund Hall, dan masih banyak lagi.

Universitas pusatnya sendiri terdiri dari banyak bagian yang berbeda, termasuk departemen akademik dan administrasi, serta perpustakaan dan museum. Selain itu, ada sekitar 100 departemen akademik utama yang diawasi oleh empat divisi akademik, yakni ilmu kedokteran, matematika, fisik dan ilmu hayati, humaniora dan ilmu sosial.

Baca Juga: Bisa Nikah di Kampus! 5 Fakta Nanyang Technological University (NTU)

4. Terkenal sebagai kampus dengan sistem perpustakaan terbesar di Inggris

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universityinstagram.com/oxunistudents

Untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa, akademisi, dan komunitas penelitian internasional, Oxford menyediakan layanan sistem perpustakaan terbesar di Inggris dengan lebih dari 100 perpustakaan. Salah satu perpustakaan yang ada adalah Bodleian Library yang merupakan perpustakaan utama di Universitas Oxford. Seluruh perpustakaan di Oxford, apabila ditotal, menyediakan 12 juta cetakan, lebih dari 80.000 e-journal dan banyak koleksi buku langka.

5. Rumah bagi beasiswa internasional tertua dan paling terkenal di dunia

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universityinstagram.com/rhodestrust

Oxford University juga menjadi rumah bagi program beasiswa pascasarjana internasional tertua, bernama Rhodes Scholarship. Beasiswa tersebut pertama kali masuk ke Oxford pada 1903. Tahun ini, Universitas Oxford akan membuka kembali program beasiswa Rhodes pada musim gugur dengan 102 cendekia yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

6. Bisa disewa untuk acara konferensi hingga pernikahan

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universityloveourweddingmag.com

Selain sebagai tempat studi, Oxford juga memanfaatkan ruang yang ada untuk disewa sebagai tempat konferensi, acara, bahkan pernikahan. Terdapat sekitar 61 tempat yang bisa kamu sewa, sehingga Oxford bukan hanya sebagai tempat belajar, namun juga bisa menjadi tempat yang ramah untuk melakukan acara pernikahan dan acara lainnya.

7. Pernah menjadi lokasi syuting film Harry Potter

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford Universityimdb.com/Warner Bros

Universitas Oxford ternyata juga sempat menjadi lokasi syuting dari film bertema sihir yang terkenal, Harry Potter. Terdapat 3 lokasi yang dijadikan sebagai latar dari film tersebut, yakni Bodleian Library, New College, dan Christ Church. Dengan desain bangunan yang gotik dan sangat ikonik, wajar jika Universitas Oxford dipilih untuk menjadi sekolah sihir, bukan?

Itulah beberapa fakta menarik tentang Universitas Oxford. Tertarik melanjutkan studi di tempat yang sama dengan Maudy Ayunda tersebut?

Almamater Kampus Maudy Ayunda, Ini 7 Fakta Menarik Oxford UniversityIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Baca Juga: 7 Fakta The University of Sydney, Mantan Kampus Sherina Munaf

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya