Comscore Tracker

Contoh Integrasi Politik dan Integrasi Ekonomi

Mendukung kesatuan Indonesia yang utuh

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak suku, ras, dan agama. Untuk menyatukan banyaknya perbedaan yang ada, diperlukan sebuah integrasi nasional yang berpedoman pada Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Integritas nasional merupakan pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh. Meski memiliki banyak perbedaan, semua masyarakat Indonesia mengakui bahwa semuanya adalah satu kesatuan.

Integrasi ini terbagi menjadi integrasi politik, ekonomi, dan sosial-budaya. Jika kamu memiliki pertanyaan berikan contoh integrasi politik dan integrasi ekonomi di Indonesia, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Apa itu integrasi?

Contoh Integrasi Politik dan Integrasi EkonomiIlustrasi hukum dan undang-undang (IDN Times/Sukma Shakti)

Secara etimologis, integrasi merupakan pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Menurut Riza Noer Arfin (2001), integrasi merupakan pembentukan suatu identitas nasional dan penyatuan berbagai kelompok sosial budaya agar bersatu.

Selain itu, menurut Djualiati Suroyo (2002), integrasi merupakan bersatunya suatu bangsa yang menempati wilayah tertentu dalam sebuah negara yang berdaulat. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia harus saling bertoleransi satu sama lainnya.

2. Pengertian integrasi politik

Contoh Integrasi Politik dan Integrasi EkonomiIlustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Integrasi politik merupakan penyatuan masyarakat dengan sistem politik. Dalam tataran integrasi politik, terdapat dimensi vertikal dan horizontal. Dimensi vertikal menyangkut hubungan elit dan massa.

Sedangkan, dimensi horizontal yang menyatukan hubungan antar daerah, suku, umat beragama, atau golongan. Integrasi politik terbagi menjadi lima jenis, yakni integrasi bangsa, wilayah, nilai, elit-massa, dan tingkah laku. 

3. Contoh integrasi politik

Contoh Integrasi Politik dan Integrasi Ekonomiilustrasi keadilan (Pexels.com/EKARINA BOLOVTSOVA)

Berikut beberapa contoh integrasi politik yang perlu diketahui:

  1. Integrasi bangsa: Proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam satu kesatuan wilayah dan dalam suatu pembentukan identitas sosial
    Contoh: Acara kebudayaan, kelompok kebudayaan yang beragam dalam satu acara
  2. Integrasi wilayah: Masalah pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat atas unit-unit sosial yang lebih kecil yang beranggotakan kelompok tertentu
    Contoh: Kesatuan wilayah Negara Indonesia
  3. Integrasi nilai: Adanya konsensus terhadap nilai minimum yang diperlukan dalam memelihara tertib sosial
    Contoh: Orang yang bersama untuk bersatu dalam acara keagamaan atau acara sosial
  4. Integrasi elit-massa: Masalah penghubungan antara pemerintah dengan yang diperintah. Mendekatkan perbedaan-perbedaan mengenai aspirasi dan nilai pada kelompok elit dan massa
    Contoh: Pemimpin yang dekat dengan rakyat saat blusukan atau terjun ke lapangan
  5. Integrasi tingkah laku (perilaku integratif): Penciptaan tingkah laku yang terintegrasi dan yang diterima demi tujuan bersama
    Contoh: Orang-orang yang bekerja dan terintegrasi untuk tujuan yang sama, misalnya untuk mencari nafkah keluarga atau menyambung hidup

Baca Juga: Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila: Pengertian, Sejarah, dan Prinsipnya

3. Pengertian integrasi ekonomi dan contohnya

Contoh Integrasi Politik dan Integrasi Ekonomiilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times)

Integrasi ekonomi merupakan saling ketergantungan antar daerah dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup rakyat. Ketergantungan ini menjadikan orang-orang dari berbagai latar akan mengadakan kerja sama yang saling menguntungkan dan sinergis.

Selain itu, integrasi ekonomi juga akan menghapus berbagai hambatan antardaerah yang memungkinkan ketidaklancaran antara hubungan keduanya. Peraturan, norma, prosedur ini mampu menciptakan kesatuan ekonomi.

Contoh: Kerja sama antardaerah, pemasokan bahan-bahan antardaerah, atau bantuan sosial antardaerah.

Nah, itu dia jawaban dari pertanyaan "berikan contoh integrasi politik dan integrasi ekonomi di Indonesia". Integritas nasional ini akan menyatukan Indonesia menjadi sebuah kesatuan yang utuh.

Baca Juga: Ciri-Ciri Demokrasi Liberal: Pengertian, Sejarah, dan Kekurangan

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Lea Lyliana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya