Comscore Tracker

5 Tips Bangun Hunian dengan Budget Terbatas, Rumah Tumbuh Solusinya!

kamu bisa melakukan pembangunan rumah secara bertahap

Di era millennial ini, mulai banyak orang yang lebih memilih rumah yang sesuai budget walaupun gak sesuai dengan mimpi. Nah, kamu bisa lho mempersiapkan rumah dengan budget terbatas tapi tetap memenuhi kriteria rumah idamanmu.

Coba terapkan konsep rumah tumbuh atau growing house. Dengan konsep ini, kamu bisa melakukan pembangunan rumah secara bertahap dan terencana sesuai dengan anggaranmu. Untuk tahu caranya, ini dia tips membangun rumah dengan budget terbatas.

1. Menentukan area perluasan rumah tumbuh

5 Tips Bangun Hunian dengan Budget Terbatas, Rumah Tumbuh Solusinya!ilustrasi rumah (unsplash.com/Patrick Perkins)

Project Coordinator Pinhome, Teodorus Indra Satriantoro, menjelaskan bahwa kriteria utama pembangunan rumah tumbuh adalah adanya sisa lahan yang bisa dibangun, baik secara horizontal maupun vertikal. Karenanya, penting untuk menentukan area perluasan sejak awal. Pikirkan baik-baik apakah rumahmu akan cocok dibangun secara horizontal atau vertikal.

“Pastinya kita harus memiliki sisa lahan yang bisa dibangun, baik secara vertikal atau horizontal, untuk bisa menjalankan pembangunan rumah secara bertahap. Rumah tumbuh ini bisa diadopsi untuk lahan luas maupun terbatas. Perencanaannya saja yang perlu diperhatikan antara pertumbuhan vertikal dan horizontal,” ujar Indra.

Tipe growing house vertikal cocok untukmu yang memiliki luas lahan terbatas sehingga rumah dapat dibuat bertingkat. Berbeda dengan pemilik rumah yang ingin mengadopsi tipe growing house horizontal, yang perlu memiliki lahan dua kali lebih luas dari bangunan awal.

2. Buat rencana anggaran secara detail

5 Tips Bangun Hunian dengan Budget Terbatas, Rumah Tumbuh Solusinya!ilustrasi menulis (unsplash.com/Thought Catalog)

Pemilik rumah harus membuat rencana anggaran pembangunan secara detail dengan mempersiapkan dana yang dibutuhkan. Tujuannya adalah supaya pembangunan berjalan sesuai rencana dan menghindari over budget.

Langkah penting yang gak boleh terlewatkan ketika membangun rumah adalah menentukan anggaran pembangunan. Sejatinya, pemilik rumah harus menyesuaikan tipe atau konsep rumah yang akan dibangun dengan ketersediaan dana.

Ketika kamu sudah membuat rencana anggaran pembangunan secara detail dan sesuai dengan budget, maka kamu bisa menghindari kondisi over budget. Pembangunan rumah juga dapat berjalan dengan lancar sesuai keinginan pemiliknya.

3. Tentukan skala prioritas rumah yang ingin dibangun

5 Tips Bangun Hunian dengan Budget Terbatas, Rumah Tumbuh Solusinya!ilustrasi rumah (unsplash.com/Daniel McCullough)

Indra menambahkan pentingnya mengetahui apa yang kamu inginkan dalam pembangunan rumah. Pasalnya, setiap pembangunan rumah pasti dimulai dengan pondasi yang kuat. Apabila kamu menginginkan rumah tumbuh vertikal, maka pastikan kekuatan struktur bangunan dari kolom atau balok yang dipakai.

Selain itu, kamu harus tahu apa yang ingin dibangun. Coba tentukan skala prioritas dalam pembangunan rumah agar budget tidak bocor.

“Skala prioritas yang dimaksud adalah jumlah ruangan, ruangan apa saja, ke depannya mau seperti apa,” kata Indra.

Baca Juga: 7 Tips Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC, Jadi Hemat Listrik, deh!

4. Bertemu dengan expertise dalam perencanaan pembangunan rumah

5 Tips Bangun Hunian dengan Budget Terbatas, Rumah Tumbuh Solusinya!ilustrasi konsultasi (unsplash.com/Kenny Eliason)

Tentu saja pembangunan rumah harus dibantu oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Maka dari itu, jangan lupa berkonsultasi dengan para ahli seperti arsitek, kontraktor, konsultan sipil, atau interior designer.

Menurut Interior Design Expert Pinhome, Shania Tahir, bertemu dengan para ahli akan sangat menolong dalam mendapatkan gambaran yang jelas tentang konsep, desain, proses pembangunan, hingga anggaran detail yang diperlukan. Setiap permintaan atau keinginan bisa diolah dengan baik untuk menghasilkan rumah idaman tanpa over budget.

5. Rencanakan waktu pembangunan

5 Tips Bangun Hunian dengan Budget Terbatas, Rumah Tumbuh Solusinya!ilustrasi membangun rumah (unsplash.com/Henry & Co.)

Nah, langkah terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah menentukan rencana pembangunan rumah. Pasalnya, rencana ini nanti bisa mempengaruhi arsitek, konsultan sipil, atau interior designer ketika mereka ingin mengerjakan rumahmu.

“Baiknya semisal, mau mulai bangun rumah di tahun 2013 dan budget yang dimiliki hanya untuk satu kamar, namun ada gambaran untuk melanjutkan pembangunan di 2020 dan penambahan sebanyak dua kamar, rencana ini harus disampaikan ke arsitek supaya bisa direncanakan layout rumah idealnya seperti apa. Kalau mau rumah bertingkat, mau tingkat berapa juga harus disampaikan ke konsultan sipilnya supaya pondasinya diukur dan disesuaikan agar kuat,” tutur Shania.

Itu dia beberapa langkah dalam membangun rumah dengan budget terbatas. Semoga membantumu supaya gak makin boncos, ya!

Baca Juga: 5 Tips Atur Keuangan saat Rumah Masih Ngontrak, Antiboncos!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya