Comscore Tracker

5 Tanda Anak Berpotensi Jadi Penulis Hebat, Dukung Bakatnya!

Perhatikan kebiasaannya sejak dini, ya

Anak-anak cenderung memperlihatkan ketertarikannya pada suatu bidang saat mereka masih kecil. Ada yang suka mendengarkan musik, olahraga, menggambar, atau bahkan membaca buku. Sebagai orangtua, sudah sepatutnya memperhatikan dan mendukung anak untuk mengembangkan bakat mereka.

Salah satu bakat yang mungkin dimiliki adalah bakat menulis. Memang, dulu profesi penulis bukanlah pekerjaan impian orangtua. Namun sekarang, pekerjaan sebagai penulis tidak lagi dipandang sebelah mata, bahkan banyak orangtua yang ingin anaknya menjadi penulis hebat di masa depan.

Bakat dalam menulis sebenarnya bisa dilihat dari kebiasaan dan kepribadian anak sedari kecil. Inilah beberapa tanda anak berpotensi jadi penulis hebat di masa depan yang wajib orangtua dukung bakatnya.

1. Mengungkapkan perasaannya lewat tulisan

5 Tanda Anak Berpotensi Jadi Penulis Hebat, Dukung Bakatnya!ilustrasi anak menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tentu saja tanda yang paling jelas terlihat adalah hobinya dalam menulis, bahkan terkadang mereka sampai lupa waktu ketika menulis. Padahal, menulis adalah kegiatan yang tidak disukai anak-anak, bahkan orang dewasa. Namun, jika anak suka menulis untuk mengisi sela-sela waktunya, mungkin ini adalah sinyal bahwa mereka berbakat jadi penulis yang hebat.

Anak-anak akan semakin bersemangat jika karya mereka diapresiasi. Sebagai bentuk penghargaan, kamu bisa memberikan pujian dan tanggapan ketika membaca tulisannya. Tunjukan antusias terhadap karyanya dan semangati dia untuk membuat lebih banyak tulisan. Bila perlu, tawarkan dia untuk mengikuti kelas menulis anak atau lomba menulis.

2. Hobi membaca dengan fokus

5 Tanda Anak Berpotensi Jadi Penulis Hebat, Dukung Bakatnya!ilustrasi anak sedang membaca (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua orang setuju bahwa kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak dini, tapi tentu itu tidak mudah. Membaca adalah salah satu kegiatan yang jarang disukai anak-anak. Padahal membaca adalah salah satu cara untuk memperkaya kosakata.

Namun, jika anakmu bisa membaca buku dengan fokus tanpa disuruh, mungkin inilah salah satu tanda bahwa dia punya potensi jadi penulis. Kebanyakan penulis pasti senang membaca untuk memunculkan inspirasi dan imajinasi.

Sebagai bentuk dukungan, perhatikan jenis buku apa yang sering dia baca, kemudian belikan buku sejenis sebagai hadiah agar mereka lebih semangat membaca. Sebagai orangtua, kamu juga bisa melihat antusiasme mereka ketika diajak ke toko buku. Kebanyakan anak akan mencari alat tulis lucu atau mencari peralatan sekolah bagus sementara anakmu akan lebih antusias melihat-lihat buku bacaan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Belum Juga Menemukan Bakat hingga Dewasa

3. Kosakatanya lebih kaya dibanding anak seusianya

5 Tanda Anak Berpotensi Jadi Penulis Hebat, Dukung Bakatnya!ilustrasi anak-anak sedang belajar (pexels.com/Artem Podrez)

Pernahkah kamu melihat dan membandingkan kemampuan belajar anakmu dengan anak-anak lainnya? Apakah anakmu mengetahui kosakata yang tidak diketahui oleh teman-temannya?

Jika iya, mungkin ini adalah tanda awal anakmu berbakat menjadi penulis. Kekayaan kosakata memang bersumber dari kebiasaan anak yang gemar membaca buku.

Hal ini juga membuktikan, anakmu memiliki daya ingat yang kuat. Untuk menambah pengetahuannya, kamu bisa membelikan buku cerita bergambar, sesekali ajarkan juga bahasa inggris atau bahasa asing, agar pengetahuannya tentang bahasa lebih berkembang.

4. Imajinasinya tinggi

5 Tanda Anak Berpotensi Jadi Penulis Hebat, Dukung Bakatnya!ilustrasi anak sedang bermain (pexels.com/cottonbro)

Salah satu bakat yang dimiliki seorang penulis adalah imajinasinya yang unik dan out of the box. Lihat saja karya fiksi penulis ternama yang alur ceritanya sangat mindblowing. Karya tersebut bisa tercipta karena penulis memiliki imajinasi yang tinggi. Namun, tidak semua orang bisa menuangkan imajinasinya dengan baik dalam bentuk tulisan.

Imajinasi memang sangat sulit dijelaskan, banyak orang tidak berani mengungkapkannya karena takut dianggap aneh. Namun, jika anakmu bisa menuangkan imajinasinya dengan baik lewat tulisan, mungkin itu adalah salah satu tanda bahwa dia berpotensi jadi penulis. Kamu bisa mengembangkan imajinasinya dengan cara membelikan buku cerita fiksi, membacakan dongeng setiap malam, atau mengajaknya membentuk origami.

5. Sensitif terhadap lingkungan sekitar

5 Tanda Anak Berpotensi Jadi Penulis Hebat, Dukung Bakatnya!ilustrasi anak-anak sedang belajar (pexels.com/olia danilevich)

Anak yang peka terhadap lingkungan sekitar biasanya punya rasa ingin tahu yang besar. Mereka selalu berpikir kritis dan tidak menerima mentah-mentah informasi yang diberikan. Selain itu, mereka juga bisa jadi pendengar dan penasihat yang baik saat orang lain sedang dalam masalah. Tenyata, sifat ini juga bisa jadi salah satu ciri anak yang berbakat dalam bidang kepenulisan. 

Seorang penulis biasanya memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya. Banyak karya penulis hebat yang terinspirasi dari pengalaman hidup orang lain atau kejadian yang terjadi di sekitarnya. Ada beberapa cara untuk melatih kepekaan anak, salah satunya dengan membatasi pemakaian gawai pintar agar lebih banyak bersosialisai dengan dunia luar.

Apakah anakmu menunjukan sederet tanda diatas? Jika iya, mungkin inilah tanda bahwa mereka berbakat dalam bidang kepenulisan. Perhatikan kebiasaannya sejak dini dan kembangkan bakatnya. Siapa tau mereka bisa jadi penulis hebat di masa depan.

Baca Juga: 5 Bahaya Minum Kopi untuk Anak-anak, Bisa Hambat Pertumbuhan!

Delweys Octoria Photo Verified Writer Delweys Octoria

Hi, bestie! Have a great day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya