Comscore Tracker

5 Persiapan Penting Orangtua Ketika Bayi Berumur 7 Bulan, Wajib Tahu!

Maksimalkan tumbuh kembangnya!  

Memasuki usia 7 bulan, maka akan ada banyak hal yang dialami oleh bayi. Sebagai orangtua, kamu mungkin akan merasa lebih sibuk dibandingkan sebelumnya. Pada usia ini, bayi sudah bisa memakan makanan lain selain asi. Jadi, penting bagi kamu untuk memberikannya makanan yang tepat dan bergizi.

Selain itu, pada usia 7 bulan juga bayi akan belajar kemampuan baru seperti duduk, berguling, hingga memasukkan berbagai benda ke mulutnya. Nah, supaya gak bingung harus bagaimana, berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan saat bayi memasuki usia 7 bulan.

1. Perhatikan tumbuh kembangnya dan jangan bandingkan dengan bayi lain  

5 Persiapan Penting Orangtua Ketika Bayi Berumur 7 Bulan, Wajib Tahu!ilustrasi tumbuh kembang bayi(pexels.com/Henley Design Studio)

Pada usia ini, bayi mengalami tumbuh kembang yang cukup pesat. Beberapa bayi mungkin akan mulai merangkak, gemar memakan makanan jenis baru, atau ada juga yang hanya ingin minum susu saja. Dikutip dari Verywellfamily, Benjamin Levinson, MD, seorang dokter anak, menjelaskan bahwa pada usia 7 bulan, bayi mungkin akan meningkatkan kemampuannya yang dia pelajari saat usia 6 bulan.

“Biasanya dia bisa duduk tegak tanpa bantuan, berguling, merayap, hingga merangkak,” ungkapnya.

Dr. Levinson juga menambahkan bahwa, sebagai orangtua, kamu jangan membandingkan anakmu dengan anak lainnya, apalagi sampai memaksanya. Karena, setiap bayi akan berkembang sesuai dengan kecepatannya. Namun jika kamu merasa khawatir, bisa lakukan konsultasi dengan dokter anak.

2. Persiapkan untuk mengajaknya berkomunikasi  

5 Persiapan Penting Orangtua Ketika Bayi Berumur 7 Bulan, Wajib Tahu!ilustrasi membacakan cerita (pexels.com/Andrea Picquadio)

Bayi umur 7 bulan juga akan lebih aktif bergerak dan mulai berkomunikasi. Sehingga, mungkin akan lebih banyak membutuhkan perhatian dari kamu dan orang-orang sekitarnya. Dilansir Verywellfamily, Marie Trace, MD, seorang dokter anak spesialis perkembangan-perilaku, mengungkapkan bahwa, bayi akan lebih banyak mengoceh dan mengeluarkan suara tertentu seperti “oh”, “ah”, “bbb” yang menggambarkan emosinya. Bayi juga bisa mengungkapkan beberapa kata secara spesifik seperti “papa”, “mam”, atau “mama”.

“Pada usia 7 bulan, bayi mungkin bisa mengeluarkan beberapa suara vokal dan konsonan. Selain itu, dia juga bisa merespon suara, kebisingan, hingga sesuatu yang visual,” jelasnya.

Sehingga, untuk mendukung tumbuh kembangnya, kamu bisa mulai membacakan buku cerita untuk bayimu. Atau, bisa juga menyanyikan berbagai lagu dan mengajaknya berkomunikasi ringan.

3. Persiapkan untuk memberikan jenis makanan baru untuk bayi  

5 Persiapan Penting Orangtua Ketika Bayi Berumur 7 Bulan, Wajib Tahu!ilustrasi bayi makan (pexels.com/Hasan Albari)

Pada usia 6 bulan adalah saat pertama di mana bayi mulai belajar makan. Dr. Trace menyarankan pada usia 7 bulan, sebaiknya bayi diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan terbaru yang memiliki tekstur. Namun, perlu diperhatikan untuk jangan terburu-buru, karena ada beberapa bayi yang membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan hal baru. Selain itu, kamu juga bisa mulai mengajarinya untuk makan sendiri.

Dr. Trace juga menambahkan bahwa, kamu bisa membiarkan bayimu untuk menjelajahi makanannya sendiri dan membiarkannya berantakan. Hal tersebut akan membantu tumbuh kembang bayi untuk menciptakan otonomi dan kemandirian dalam hal makanan. Namun, pastikan untuk memberikan makanan yang lunak dan mudah dicerna untuk bayi.

Baca Juga: Orangtua Lain Membentak Anakmu? Tetap Tenang dan Lakukan 5 Hal Ini

4. Gigi pertamanya akan segera tumbuh  

5 Persiapan Penting Orangtua Ketika Bayi Berumur 7 Bulan, Wajib Tahu!ilustrasi bayi 7 bulan (pexels.com/Pixabay)

Hal menakjubkan lainnya yang akan terjadi pada saat bayi umur 7 bulan adalah, tumbuh gigi pertamanya. Pada fase ini mungkin bayi akan lebih rewel dari biasanya, jadi persiapkan dirimu dan minta bantuan pasangan untuk bergantian menjaga bayi. 

Dikutip dari Grow by WebMD, Stephanie Watson, seorang penulis topik kesehatan dan telah mendapat medical review dari Dan Brennan, MD, seorang dokter anak, memberikan tips, untuk meredakan ketidaknyamanan pada gusi, berikan bayi kain dingin atau teether. Perlu diperhatikan bahwa, FDA menyarankan untuk gak memberikan obat pereda nyeri pada bayimu, karena memiliki efek samping yang berbahaya.

5. Persiapkan untuk mengajak anak bermain berbagai permainan atau lakukan playdate

5 Persiapan Penting Orangtua Ketika Bayi Berumur 7 Bulan, Wajib Tahu!ilustrasi mengajak bayi bermain (pexels.com/Andrea Picquadio)

Agar bayi merasa lebih bahagia, maka kamu bisa meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain. Watson menyarankan untuk menjadikan waktu bermain sebagai kegiatan rutin setiap hari. Kamu bisa melakukan permainan pek-a-boo atau ciluk-ba, mengejar bayi kamu yang tengah merangkak, dan sebagainya.

Selain itu, pada usia 7 bulan, kamu juga sudah mulai bisa mengajaknya playdate dengan teman sebayanya. Namun, pastikan untuk selalu memperhatikan pergerakannya. Karena, biasanya ada beberapa bayi yang senang mencubit atau memukul bayi lainnya.

Memiliki bayi yang memasuki usia 7 bulan, perlu dilakukan persiapan khusus. Karena pada saat ini, banyak hal yang akan terjadi pada tumbuh kembang bayimu. Semoga tips di atas bisa jadi guideline-mu, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Orangtua Menjadi Helicopter Parent, Tuntutan Sosial?

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya