Comscore Tracker

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani Ramadan

#RamadanMasaKini Ibadah puasa sangat istimewa!

Orang yang belum tahu tentang Keistimewaan puasa mungkin akan merasa puasa itu tidak bermakna, tidak berguna, dan cenderung mengabaikannya. Namun ternyata pahala bagi orang yang menjalankan ibadah puasa itu sungguh luar biasa.

Jangan banyak mengeluh dan tetaplah semangat untuk terus menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas. Baca enam hadis tentang Keistimewaan puasa berikut ini agar kamu makin semangat menjalaninya.

1. Hadits riwayat Imam Ahmad: Puasa adalah perisai

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani RamadanInstagram.com/Henry Hustava

Yang pertama adalah hadits dari riwayat Imam Ahmad yang berbunyi:

"Puasa itu perisai yang dipergunakan seorang hamba untuk membentengi dirinya dari siksaan neraka.” (Hadist riwayat Imam Ahmad)

Berarti puasa bisa menjadi senjata seperti perisai yang dapat menglindungi kita dari siksaan api neraka. Betapa beruntungnya jika kita menjalani ibadah tersebut dengan ikhlas. So, kita harus tetap semangat dalam menjalaninya.

2. Hadits Bukhari-Muslim: Puasa menjauhkan dari api neraka

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani RamadanUnsplash.com/Tegan Mierle

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri ra berkata bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Setiap hamba yang berpuasa di jalan Allah, Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun.” [Bukhari-Muslim].

Hampir sama dengan hadis pertama tadi. Namun hadis kedua ini lebih menekankan agar kita menjalankan ibadah puasa di jalan AllahSWT. Maka Allah pun akan menjauhkan kita dari api neraka. Bahkan sampai sejauh seperti berjalan tujuh puluh tahun. Sungguh luar biasa bukan?

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Rutin Membaca Al-Quran Saat Ramadan Bagi Kesehatan

3. Hadits dari Abu Hurairah ra: Saat puasa dibukakan pintu surga

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani RamadanUnsplash/Victoriano Izquierdo

Riwayat Abu Hurairah ra berujar bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu." (Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim: 1793)

Bulan Ramadan begitu dimuliakan sehingga pintu-pintu surga pun dibuka untuk orang-orang yang senantiasa ingin memperbanyak pahala. Dan justru pintu neraka ditutup, juga setan-setan dibelenggu. Jadi makin semangat untuk puasa dong!

4. Hadist riwayat dari Tirmidzi: Doa orang puasa tidak akan ditolak

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani RamadanPixabay.com/surgull01

Hadits berikutnya adalah hadis dari riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

"Ada tiga golongan orang yang tidak ditolak doanya mereka: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan doanya orang yang dizalimi."(HR. Tirmidzi).

Sungguh orang yang sedang berpuasa itu sangat dimuliakan oleh Allah swt. Buktinya hadis riwayat Tirmidzi ini mengatakan bahwa salah satu doa yang tidak akan ditolak adalah doa dari orang yang sedang berpuasa. Jadi kamu jangan malas, berpuasalah hingga waktu berbuka, maka doa kamu insyaallah akan dikabulkan.

5. Hadits riwayat Bukhari: Diampuni dosa-dosanya terdahulu

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani Ramadanpexels.com/rawpixel

Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu." (HR. Bukhari).

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan pengampunan. kita bisa memanfaatkannya untuk menggugurkan dosa-dosa kita yang telah lalu.

Ketika menjalankan ibadah puasa dengan tujuan mengharap pahala dan ridha dari Allah SWT, maka dosa-dosa kita yang terdahulu akan diampuni oleh sang maha kuasa. Jadi jangan banyak mengeluh, karena dosa kita akan diampuni.

6. Masih hadits riwayat Al-Bukhari: Orang puasa masuk ke pintu Ar-Rayyan

6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani RamadanUnsplash/azhrjl

Nabi Muhammad saw telah bersabda:

"Di dalam surga terdapat satu pintu yang disebut Ar-Rayyan; pada hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk daripadanya (dan) tidak seorang pun selain mereka memasukinya…..” (Hadist riwayat Al-Bukhari)

Pahala bagi orang yang berpuasa sungguh luar biasa. Tidak hanya mendapat keberkahan dan ampunan dosa saja, tapi jaminannya juga surga. Hadits di atas menyatakan bahwa di hari kiamat orang yang rajin berpuasa akan masuk surga yang disebut dengan surga Ar-Rayyan.

Setelah membaca dan mengetahui bahwa pahala bagi orang yang menjalankan ibadah puasa itu sangat luar biasa. Pasti kita tambah semangat dalam menjalankannya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Wendy Novianto

Just For You