Comscore Tracker

Banyak Diminati, Sukses di Industri Film Memerlukan 3 Hal Ini!

Berdasarkan pengalaman tim IDN Pictures

Jakarta, IDN Times - Jauh sebelum berorientasi pada jumlah penonton yang ingin dicapai, proses produksi film adalah fase signifikan yang harus dilakoni dengan sepenuh hati. Proses yang baik tentu akan selaras dengan hasil kerja yang juga baik. Artinya, kemungkinan untuk memperoleh jumlah penonton yang tinggi pun akan semakin besar. Untuk merealisasikan proses produksi yang ideal, Yogi Supra sebagai Film Director dan Deo Mahameru selaku Creative Manager di IDN Pictures menyebutkan beberapa hal lain yang dapat mendukung keberhasilan sebuah film. Wah, apa saja, ya?

1. Tekad kuat dan koneksi

Banyak Diminati, Sukses di Industri Film Memerlukan 3 Hal Ini!IDN Creator Network (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa hanya orang dengan latar belakang pendidikan perfilman saja yang dapat terjun ke dunia perfilman. Padahal, menurut Yogi, “Untuk bisa terjun ke dunia perfilman, seseorang tidak harus memiliki latar belakang pendidikan di dunia perfilman. Faktanya, ada beberapa sutradara atau penulis yang tidak memiliki background pendidikan film, tapi mampu membuat karya film yang luar biasa. Intinya, semua orang dapat terjun ke dunia perfilman asalkan memiliki tekad yang kuat, kerja keras, dan kecintaan yang besar terhadap film itu sendiri. Itu, sih, kunci pertama yang harus dimiliki.”

Menambah keterangan dari Yogi, Deo mengungkapkan, “Jangan berhenti di situ saja. Dimulai dari tekad, kerja keras, dan kecintaan itulah, kita harus mulai proaktif mencari dan membangun koneksi. Tidak bisa dipungkiri, koneksi juga memainkan peran penting di dunia perfilman. Koneksi memungkinkan kita untuk mendapat lebih banyak ‘jalan’ menuju ke titik yang kita dambakan. Namun, harus diingat bahwa mencari dan membangun koneksi itu bukan sesuatu yang mudah dan singkat, ya.”

2. Ciptakan pengalaman

Banyak Diminati, Sukses di Industri Film Memerlukan 3 Hal Ini!Deo Mahameru, Creative Manager IDN Pictures (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Seperti koneksi, pengalaman sering menjadi salah satu aspek utama yang dipertimbangkan dalam pekerjaan apapun, termasuk di dunia perfilman. Bagi Yogi, hal tersebut benar adanya. “Dalam sebuah produksi film, misalnya, kita akan banyak dihadapkan dengan banyak kejadian dan tantangan. Dengan pengalaman yang sudah kita peroleh, kita relatif dapat melaluinya dengan lebih baik, lebih tenang, lebih solutif,” ujar Yogi.

Namun, kalau dipikir secara realistis, semua orang tentu mengawali segala sesuatunya dengan pengalaman yang sangat limit. Menanggapi hal tersebut, Deo mengungkapkan, “Kalau saya pribadi, merangkaklah dulu. Sebelum jadi Creative Manager, saya memulai karier saya sebagai seorang penulis. Saya awali langkah saya dengan bergabung bersama tim writer yang sudah lebih mapan. Perlahan-lahan, secara hierarki, karier saya naik, hingga akhirnya saya dilepas sendiri. Di saat itulah saya coba banyak kemungkinan, hingga akhirnya saya bisa menjadi Creative Manager di IDN Pictures.”

3. Reputasi dan hubungan baik di tim internal

Banyak Diminati, Sukses di Industri Film Memerlukan 3 Hal Ini!Supra Yogi, Film Director IDN Pictures (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Track record dan reputasi positif juga menjadi hal yang diperhatikan dalam diri seseorang, termasuk badan atau organisasi yang terlibat dalam proses pembuatan film. “Track record dan reputasi yang baik sebuah production house, misalnya, juga dapat diwujudkan melalui setiap hal yang terjadi saat proses produksi film sedang berlangsung. Tak perlu sibuk pikirkan pihak eksternal dulu, selagi pihak internal dapat bekerja dengan nyaman, tanpa beban, dan sepenuh hati demi hasil yang terbaik, well, it’s a good working culture. What’s good will spark itself,” tegas Yogi.

Menyambung poin pertama, networking, bagi Deo, tak melulu dilakukan dengan pihak-pihak eksternal yang mungkin kita temui di sebuah festival film, misalnya. “Networking, menciptakan dan membangun koneksi itu bisa kita mulai lakukan dengan tim kerja. Membuat film itu kerja kelompok, jadi hubungan antara masing-masing individu sangatlah penting karena dapat membantu kita untuk mengerjakan sebuah produksi film dengan baik,” kata Deo menyimpulkan, menutup percakapan kami sore hari itu.

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya