5 Tips Mengalihkan Fokus Hanya pada Hal yang Bisa Dikendalikan 

Karena fokus pada hal yang tak bisa dikendalikan itu lelah

Kesejahteraan mental biasanya berkaitan erat dengan kemampuanmu untuk mengelola pikiran dan emosi. Terutama dalam menghadapi situasi yang tidak bisa kamu kendalikan.

Tidak jarang, kamu akan merasa mudah cemas atau tertekan karena memusatkan perhatian pada hal-hal di luar kendali. Berikut lima tips efektif untuk mengalihkan fokus hanya pada hal-hal yang bisa dikendalikan. Ini akan membantumu menciptakan lingkungan mental yang lebih sehat dan positif.

1. Terapkan kesadaran atau mindfulness

5 Tips Mengalihkan Fokus Hanya pada Hal yang Bisa Dikendalikan ilustrasi seseorang merasakan kedamaian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mindfulness atau kesadaran sepenuhnya adalah proses yang melibatkan fokus pada momen sekarang tanpa menilai atau memberikan reaksi emosional yang berlebihan pada apa yang terjadi di sekitarmu. Dengan mengembangkan kebiasaan ini, kamu bisa melatih diri untuk tidak terbawa arus oleh pikiran negatif atau kecemasan yang berada di luar kendali.

Menerapkan hal ini bisa membantumu menjaga fokus pada pengalaman saat ini. Hal ini juga akan membantu kamu meresapi kebahagiaan dan ketenangan yang dapat ditemukan dalam momen sehari-hari.

2. Tentukan prioritas dan fokus pada yang paling penting

5 Tips Mengalihkan Fokus Hanya pada Hal yang Bisa Dikendalikan ilustrasi seseorang berpikir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Mengalihkan fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan juga memerlukan kemampuan untuk menentukan prioritas. Saat kamu menghadapi banyak tugas atau masalah, penting sekali untuk mencari tahu apa yang benar-benar dapat kamu kontrol dan memiliki dampak signifikan pada kehidupanmu.

Buatlah daftar prioritas dan curahkan energi serta perhatian pada hal-hal yang memang bisa diubah atau dikelola. Dengan melakukan ini, kamu tidak hanya akan meningkatkan efisiensi, tetapi juga mengurangi stres yang muncul akibat merasa terlalu banyak tanggung jawab yang tidak bisa diatasi.

Baca Juga: Kendalikan 5 Perasaan Ini untuk Kebaikan Hidupmu, Ubah Pola Pikir

3. Batasi diri dari paparan terhadap berita dan media sosial

5 Tips Mengalihkan Fokus Hanya pada Hal yang Bisa Dikendalikan ilustrasi bermain gadget (Pexels.com/mikoto.raw)

Berita dan media sosial bisa menjadi sumber stres yang signifikan jika tidak dikelola dengan bijaksana. Informasi yang kamu konsumsi secara terus-menerus tentang peristiwa yang tidak bisa kamu kendalikan bisa memicu kecemasan dan rasa tidak aman. Makanya, penting untuk menetapkan batasan pada paparan terhadap berita dan media sosial.

Atur waktu khusus untuk mengkonsumsi berita dan hindari terlalu sering memeriksa media sosial. Pilih sumber informasi yang bisa dipercaya dan ambil jeda jika merasa terbebani oleh informasi yang tidak bisa diubah. Dengan mengontrol paparan ini, kamu bisa lebih mengalihkan fokus pada aspek-aspek positif dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kembangkan skill problem solving

5 Tips Mengalihkan Fokus Hanya pada Hal yang Bisa Dikendalikan ilustrasi seseorang belajar bersama (pexels.com/Keira Burton)

Mengalihkan fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan juga berarti mengembangkan skill problem solving. Daripada terjebak dalam perasaan tidak berdaya terhadap masalah yang sulit, kamu bisa memusatkan energi untuk mencari solusi. Seperti misalnya memecahkan masalah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil atau fokus pada tindakan yang bisa kamu lakukan.

Jika kamu menghadapi masalah yang rumit, mencari nasihat atau dukungan dari orang-orang terpercaya juga bisa membantu. Terkadang, melibatkan perspektif orang lain membantu kamu melihat opsi dan solusi yang tidak terpikirkan sebelumnya.

5. Terima kekurangan dan fokus pada perbaikan diri

5 Tips Mengalihkan Fokus Hanya pada Hal yang Bisa Dikendalikan ilustrasi seseorang melakukan refleksi (pexels.com/SHVETS production)

Menerima kenyataan bahwa tidak semua hal bisa kamu kendalikan adalah langkah penting untuk mengalihkan fokus pada hal-hal yang bisa diubah. Dalam kehidupan, kamu akan menghadapi kekurangan dan ketidakpastian. Namun, yang bisa kamu kendalikan adalah caramu merespon dan tumbuh dari pengalaman tersebut.

Fokus pada perbaikan diri dan pertumbuhan diri adalah strategi yang kuat untuk mengubah energi ke arah positif. Cari tahu mana yang bisa kamu kembangkan, tetapkan tujuan yang realistis, dan berusahalah untuk meningkatkan diri.

Mengalihkan fokus hanya pada hal-hal yang bisa dikendalikan merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan menjaga keseimbangan emosional. Seiring waktu, kebiasaan ini bisa menjadi cara yang kuat untuk menjaga pikiran dan emosi tetap sehat. Bahkan dalam menghadapi ketidakpastian dan perubahan dalam kehidupan. Mau mencoba dari sekarang?

Baca Juga: 5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Denmark, Negara Paling Bahagia di Dunia

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, ig: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya