Comscore Tracker

5 Alasan Rasa Berduka Perlu Ada Batas Waktunya

Jika tenang dan damai bisa didapatkan, berupayalah

Berduka karena ada suatu kejadian atau peristiwa yang menyakitkan dan membuatmu dilanda kesendihan, sangat wajar jika kamu merasa berduka. Perasaan berduka memang sebaiknya kamu terima dan janganlah menyangkalnya. Memberikan kesempatan kepada diri untuk berduka, itu memang perlu, sebab setelah merasakannya, hatimu akan lebih lega.

Namun, rasa berduka juga perlu kamu beri batasan waktu. Sebab, jika kamu biarkan dirimu terlarut dalam kedukaan, maka hati akan sulit untuk tenang dan damai dalam menjalani kehidupan. Bangkit dan berupayalah untuk kembali melangkah dan berbahagia. Berikut lima alasan yang akan menjelaskan kepadamu, mengapa rasa berduka itu juga perlu ada batas waktunya.

1. Agar kamu gak semakin merasa tertekan 

5 Alasan Rasa Berduka Perlu Ada Batas Waktunyailustrasi seseorang yang sedang tertekan (pexels.com/David Garrison)

Berduka membawa kesedihan dalam prosesnya. Kesedihan yang kamu rasakan kerap membuat diri menjadi tertekan. Inilah sebabnya, bahwa penting sekali untukmu memberikan batasan waktu kepada diri, kapan saatnya menerima duka dan kapan waktunya untuk bangkit dan kembali melangkah.

Jangan menambah beban diri yang telah mengalami momen menyedihkan. Menyangkal pun juga jangan, maka terima saja dan berupayalah untuk menemukan solusi supaya kamu bisa bangkit. Dengan begitu, rasa dukamu tak akan membuat diri semakin tertekan pada akhirnya.

2. Rasa duka yang tak segera diatasi, mampu memicu kecemasan diri 

5 Alasan Rasa Berduka Perlu Ada Batas Waktunyailustrasi orang merasa cemas (pexels.com/Ali Pazani)

Alasan berikutnya, mengapa rasa duka perlu kamu berikan batasan waktu yaitu, karena kedukaan yang tak segera diatasi, itu mampu memicu kecemasan di dalam diri semakin meningkat. Sehingga, kesedihanmu juga semakin dalam nantinya. Sebab, rasa cemas akan selalu mengiringi perasaan yang sedang bersedih.

Berduka dan bersedih itu boleh saja, memang sebaiknya kamu rasakan dulu, supaya nanti mudah untuk melepaskannya. Nah, bagaimana agar bisa mudah melepaskan kesedihan dari perasaan berduka? Salah satunya adalah dengan meyakinkan diri, bahwa kamu akan bangkit dalam beberapa hari ke depan. Sehingga, kecemasan gak akan kamu rasakan, sebab dirimu memutuskan untuk bangkit di saat yang sudah ditentukan.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Wajib Dihindari saat Menghadapi Teman yang sedang Berduka

3. Supaya gak meningkatkan rasa stres 

5 Alasan Rasa Berduka Perlu Ada Batas Waktunyailustrasi orang merasa stres (pexels.com/Liza Summer)

Stres juga bisa kamu rasakan, jika rasa berdukamu gak segera diselesaikan. Maka dari itu, berikan batas waktu terhadap rasa dukamu, agar kedukaan tersebut gak membuatmu stres yang berkepanjangan. Semakin larut dalam rasa duka yang terlalu lama, kemungkinan besarnya stres pun akan melanda.

Untuk itu, sebelum terjadi peningkatan stres pada diri, segeralah memberikan batasan waktu untuk kapan saatnya bangkit dari perasaan berduka yang sedang kamu alami. Percayalah, di balik peristiwa atau kejadian yang menyakitkan, pasti ada sisi positif untukmu di masa depan, asalkan kamu bersemangat untuk bangkit kembali.

4. Agar dukamu gak menimbulkan rasa dendam 

5 Alasan Rasa Berduka Perlu Ada Batas Waktunyailustrasi orang yang menyimpan rasa dendam (pexels.com/Spencer Selover)

Berduka karena suatu peristiwa maupun tindakan menyakitkan dari orang lain, jika kamu terus-menerus membiarkan diri terlarut di dalamnya. Maka, bisa menimbulkan rasa dendam di dalam hatimu kepada orang-orang yang terlibat. Dendam bukanlah hal yang baik, sebab akan menimbulkan dampak negatif, entah bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitarmu.

Inilah alasan berikutnya, mengapa rasa berduka perlu ada batas waktunya. Tujuannya yaitu, agar rasa dendam gak menguasai dirimu. Meskipun, sangat wajar jika kamu bersedih, tapi tetaplah menjadi pribadi yang baik dan bijaksana. Maafkan atas apa yang telah terjadi, terima kenyataan dan lepaskan segala kedukaan. Kemudian, bangkit dan lakukanlah yang terbaik.

5. Supaya kamu bisa tetap terlihat menarik dan sehat

5 Alasan Rasa Berduka Perlu Ada Batas Waktunyailustrasi memiliki tubuh sehat dan segar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika, diri sedang berduka, ekspresi wajah hingga postur tubuh, pasti akan mengikuti apa yang sedang kamu rasakan. Orang yang sedang berduka, pada umumnya terlihat letih, lesu dan kurang bersemangat. Itu adalah reaksi alami yang wajar terjadi.

Oleh karena itu, agar kamu kembali sehat, bersemangat dan menarik dengan senyuman manis, serta ekspresi bahagia. Maka, berikan batas waktu terhadap rasa dukamu. Dalam hal ini, memang penting sekali untuk bisa menerima semuanya dengan keikhlasan hati terdalam. Semoga secara perlahan, kamu bisa bangkit dan kembali tersenyum bahagia, setelah berhasil melewati kedukaan.

Saat kamu sedang berduka, jika ingin menangis, maka menangislah. Apabila membutuhkan waktu untuk menenangkan diri dalam kesendirian, maka lakukanlah. Namun, jangan lupa untuk memberikan batas waktu terhadap rasa dukamu, dan persiapkan diri untuk bisa kembali bersosialisasi.

Berduka karena suatu peristiwa menyedihkan, itu sangatlah manusiawi. Jangan malu jika membutuhkan teman berbagi cerita, supaya hati semakin lega. Gak perlu juga berpura-pura kuat di tengah rasa duka, jika sebenarnya hatimu rapuh. Sikapi secara apa adanya dan bijaksana tentang sesuatu yang sedang kamu rasakan.

Tetaplah menjaga hati dan pikiran agar senantiasa positif, meski kamu sedang dalam kedukaan. Tenanglah, setiap orang punya waktunya masing-masing. Jika, sekarang kamu sedang mengalami kedukaan, ikhlaskan hati untuk menerima, beri kesempatan diri berduka, dan jangan lupa untuk memberikan batas waktunya.

Memberikan batas waktu untuk diri yang sedang berduka, bukanlah sebuah tindakan pemaksaan. Namun, sebuah upaya untuk mendatangkan ketenangan dan kedamaian, setelah diri mengalami kedukaan. Yakinlah, jika saat ini kamu sedang diberikan ujian berupa rasa berduka, pasti nanti juga akan ada saatnya kamu diberi hadiah berupa kebahagiaan. Sejatinya, hidup memanglah seperti itu, kadang suka dan kadang duka.

Baca Juga: 5 Cara Melawan Kesendirian dan Kesepian, Jangan Sedih Ya

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya