Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijak

Penting diketahui sebelum berbuat baik

Perbuatan baik adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan dan perlu dijadikan sebagai kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pernahkah terpikir olehmu bahwa perbuatan baik mungkin juga tidak selalu berdampak baik?

Penyebabnya tentu saja bermacam-macam, salah satunya bisa jadi karena perbuatan baik itu tidak dilakukan dengan bijak. Daripada makin bingung, yuk simak dulu lima alasan penting berikut.

1. Demi menghindari kesalahpahaman yang seharusnya tidak perlu terjadi

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijakpexels.com/Andrea Piacquadio

Berbuat baik itu penting disertai dengan kebijaksanaan. Tujuannya tentu untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi saat kamu berusaha berbuat baik.

Meski kamu punya niat yang baik dan tulus, mungkin saja orang lain malah menganggapmu melakukan hal yang sebaliknya jika cara atau tindakan yang kamu lakukan tidak tepat. Jadi, ingatlah kalau niat baik juga perlu dipertimbangkan dengan matang saat diwujudkan dalam suatu tindakan.

2. Sebab kesalahan yang tampak sepele mungkin dapat terulang kembali saat berusaha berbuat baik

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijakpexels.com/Wictor Cardoso

Sebaiknya bijaklah dalam berbuat baik agar dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi, meski kesalahan itu tampak begitu sepele. Sebagai manusia biasa, kesalahan itu memang mungkin saja terjadi. Namun, kita tentu dapat berusaha sebaik mungkin untuk mencegahnya, bukan?

Baca Juga: 5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan Kecil

3. Supaya perbuatan baik yang dilakukan benar-benar dapat menjadi inspirasi yang membangun

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijakpexels.com/Karolina Grabowska

Kebaikan dan kebijaksanaan juga sama-sama perlu diperhatikan dengan baik. Kenapa? Ya, tentunya perbuatan baik yang dilakukan juga diharapkan agar dapat menjadi inspirasi yang membangun.

Bukan berarti perbuatan baik itu perlu dipamerkan ya, hal ini kembali lagi pada niat dan kebijaksanaan masing-masing orang. Yang penting, seandainya perbuatan baik tersebut diketahui orang lain, semoga dapat menjadi inspirasi agar dapat melakukan kebaikan serupa atau lainnya.

4. Agar kebaikan yang kamu lakukan tepat sasaran bagi mereka yang membutuhkan

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijakpexels.com/Gabriel Santos

Niat hati memang sudah baik, namun sadarkah bahwa niat baik bisa saja tidak tersalurkan dengan tepat jika tidak disikapi dengan bijak? Nah, hal inilah yang juga perlu disadari saat sedang berusaha berbuat baik. Hal ini penting agar kebaikan tersebut bisa diterima bagi mereka yang memang benar-benar membutuhkan bantuan atau pertolongan.

5. Demi menghindari penyesalan yang mungkin saja dapat terjadi

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijakpexels.com/Spencer Selover

Sebaiknya jangan pernah anggap remeh rasa penyesalan, termasuk dalam hal berbuat baik. Kebaikan yang dilakukan mungkin masih jauh dari kata sempurna, bahkan mungkin rasanya tidak akan pernah sempurna.

Namun, sekali lagi ingatlah kita dapat memilih untuk melakukan yang terbaik. Meski tidak sempurna, saat sudah melakukan yang terbaik maka seharusnya rasa penyesalan dapat berkurang atau bahkan hilang.

Jadi, itulah kelima alasan penting kenapa berbuat baik juga perlu dilakukan dengan bijak. Dengan mengetahui hal-hal di atas, semoga kamu dapat menjadi pribadi yang lebih bijak saat berbuat baik ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Uang dan Kebahagiaan adalah Hal yang Saling Berkaitan

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya