Comscore Tracker

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktif

Dengan produktif, hidupmu akan berkembang

Produktif adalah aktivitas dengan minimal usaha dan waktu untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jadi berbeda dengan sibuk, kalau sibuk adalah aktivitas yang tidak memiliki fokus dan banyak kegiatan menumpuk yang harus dikerjakan.

Produktif bisa melakukan yang kita sukai secara terjadwal, dan dapat meraih progres yang diinginkan. Cara bikin hidup lebih produktif sangat mudah kita lakukan untuk sehari-hari, berikut pemaparannya.

1. Membuat target 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi menulis (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Hidup itu layaknya seperti bermain game, banyak tantangan yang harus kita lalui agar menempuh ke puncak kesuksesan. Sebelum permainan dimulai, biasanya kita akan memikirkan langkah-langkahnya seperti apa agar bisa berhasil saat melewati terjangan yang sulit itu. 

Sama saja seperti gambaran pada kehidupan ini, jika ingin hidup lebih produktif dan aktif terus setiap harinya, buatlah target terlebih dahulu seperti membuat jadwal kegiatan harian yang ingin dicapai. Dengan memiliki sasaran yang ingin diraih setiap hari, maka kita jadi tertantang untuk menjadi pribadi lebih baik sehingga hidup makin produktif dan aktif terus tiap saat dan perlahan hasil yang diinginkan pun mulai kelihatan.

2. Bangun lebih pagi 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi bangun pagi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kalau sudah membuat target semalam, tentu keesokannya akan lebih terorganisir saat menjalani aktivitas harian, termasuk bikin jadwal tidur yang baik. Waktu tidur merupakan poin pertama yang harus dikelola sebab semua kegiatan lancar tentunya diawali dengan bangun pagi yang segar.

Dengan bangun pagi, bikin seseorang jadi lebih produktif saat menjalani kesehariannya yang telah dirancang semalam (membuat target). Jadi lebih aktif saat berkegiatan, hingga bikin suasana hati lebih bahagia, dan membuat seseorang lebih sukses dari sebelumnya.

3. Membatasi distraksi 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi memasukkan ponsel ke tas (pexels.com/Artem Beliaikin)

Salah satu poin yang bikin harimu jadi lebih produktif yaitu bisa membatasi hal-hal yang sering membuat kamu terdistraksi. Contohnya saja dalam keseharian yang bikin kita mudah teralihkan adalah sosial media.

Jika kita tidak menggunakannya secara bijak, tentu akan mengganggu kegiatan harian yang seharusnya kita kerjakan. Maka itu, kita lihat lagi apa saja yang bikin kita sering terdistraksi hingga membuat pekerjaan lainnya jadi terganggu, tulislah itu dan batasi dengan jadwal waktu terbaik untuk menggunakannya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Seorang Productivity Addict, Ingin Produktif Terus!

4. Belajar dari kesalahan 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi memperbaiki kesalahan (pexels.com/Sam Lion)

Manusia punya kesalahan itu wajar, asal kita harus berjanji pada diri sendiri untuk bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Tidak apa-apa kalau sebelumnya masih mager-mageran, belum tau arah tujuan hidup, atau belum bisa melakukan yang terbaik.

Namun, kita harus sadar bahwa hidup kalau diratapi terus tanpa aksi nyata, maka hasilnya tidak akan ada perubahan sama sekali. Oleh karena itu, yuk kita ubah kesalahan kemarin jadi kebaikan untuk hari ini dan seterusnya. Mulai berubahlah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Membuat progres setiap hari 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi berolahraga (pexels.com/Jonathan Borba)

Percaya saja bahwa hidup tanpa adanya target berasa seperti hampa dan kosong. Kita buat hidup itu seperti perlombaan untuk diri kita sendiri. Balik lagi seperti di poin sebelumnya, kita buat target harian yang bikin diri kita jadi lebih berkembang, contohnya membaca buku.

Biasanya baca buku adalah kegiatan yang sering kali tertunda, tapi dengan dibuatnya target, lalu kamu melakukannya secara perlahan dan konsisten, maka hasilnya kamu akan kebiasaan dan itulah progres kamu sendiri. Buatlah progres sendiri dimulai dari hal sederhana dulu, dan dikerjakan dengan konsisten setiap harinya.

6. Tidak membandingkan diri dengan pencapaian orang lain 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi membandingkan orang lain (pexels.com/cottonbro)

Orang yang sangat percaya dengan pencapaiannya sendiri, ia senantiasa fokus pada kehidupannya sendiri. Lain hal jikalau masih suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain, ia akan sulit jadi pribadi yang produktif sebab ia hanya fokus kepada orang lain saja bukan ke dirinya sendiri.

Jadi, berhentilah dalam bersikap membanding-bandingkan, lebih baik kita belajar jadi diri sendiri. Biasakan untuk self talk di depan cermin, mensyukuri semua hal dalam hidup sendiri, membatasi sosial media, hingga memperbaiki kekurangan diri sendiri. Maka perlahan, dirimu tidak akan membandingkannya lagi dengan orang lain.

7. Memiliki hobi yang bermanfaat 

7 Cara Bikin Hidup Lebih Produktif agar Menjadi Pribadi yang Aktifilustrasi mencari hobi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada saat membuat jadwal harian, selipkan juga kegiatan yang paling kamu sukai seperti hobi ke dalam list daily tersebut. Memiliki hobi yang bermanfaat, bisa meningkatkan hidup jadi lebih baik.

Tak hanya itu, menjalani hobi bisa mengembangkan kreativitas, meningkatkan kesehatan fisik serta mental, dan juga kemampuan sosial. Dengan memiliki hobi maka hidup akan lebih produktif dan jadi pribadi yang aktif.

Jangan kebalik lagi, ya kalau produktif itu berbeda dengan sibuk. Produktif mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat pada waktunya dan memperoleh lebih banyak kesempatan yang ada dengan mengisi hal-hal bermanfaat. Yuk, mulailah produktif hari ini! 

Baca Juga: 9 Alasan yang Bikin Gak Produktif, Siapa yang Masih Suka Rebahan?

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya