Comscore Tracker

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik 

Sombong bisa berimbas lebih buruk ke berbagai faktor

Sombong adalah menganggap diri sendirinya lebih unggul dan hebat dari orang lain. Orang yang punya sifat sombong sering kali merendahkan orang lain, sehingga sikapnya pun membuat orang lain tidak suka kepadanya.

Sikap sombong bisa terjadi karena amalannya, ilmunya, kecantikannya, atau kekayaanya hingga membuat pengidapnya jadi merasa bangga dan memandang dirinya lebih tinggi dari yang lain. Biasanya sikap sombong ini bisa muncul entah disadari atau tidak, karena hakikat manusia memang selalu merasa melebihi dari orang lain.

Padahal sikap sombong tidak diperbolehkan dalam Islam, seperti melansir dari Al-Quran surat Luqman ayat 18 yang berbunyi;

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri."

Sudah dibuktikan bahwa kita sebagai manusia jangan bersikap sombong, karena orang lain aja gak suka lihatnya apalagi Allah SWT. Supaya kita terhindar dari rasa tinggi hati tersebut, islam mengingatkan pada lima hal ini agar kita tidak demikian.

1. Selalu ingat bahwa semua yang terjadi itu kehendak Allah 

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik ilustrasi masjid (pexels.com/Ali Khalil)

Cara agar kita tidak memiliki rasa tinggi hati yaitu selalu mengingat bahwa semua yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah SWT. Kita sebagai makhluk hamba Allah sudah seharusnya untuk selalu ingat kalau di dunia ini ada yang ngatur yakni Allah.

Mengingat juga manusia memiliki Tuhan yang Maha Tinggi dan Maha Besar, tidak sepatutnya kita merasa tinggi dari yang lain. Apalagi kita ini sedang diatur sama Allah, jadi apapun yang terjadi adalah atas kehendakNya.

2. Selalu ingat bahwa yang kita punya itu hanya titipan 

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain mengingat bahwa semua kejadian di dunia ini atas kehendak Allah, kita harus ingat juga kalau yang kita miliki itu hanya titipan Tuhan. Semua yang kita miliki itu adalah kepunyaan Allah. Misalnya, kita memiliki sesuatu dengan sepenuhnya, lalu menyombongkan hak tersebut, siap-siap aja kehilangan.

Karena Tuhan-lah yang menciptakan segalanya, Allah Maha Pencipta langit dan bumi beserta isinya. Jadi, kita gak perlu menyombongkan sesuatu ke orang lain, cukup bersikap biasa-biasa saja.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Tahu Kelemahan Diri, Terhindar dari Sombong

3. Khawatirlah jika amalan yang dikerjakan tidak diterima 

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik ilustrasi beribadah (charismanews.com)

Terjadinya sikap sombong tidak hanya dari satu hal saja, bisa dari berbagai faktor lainnya, seperti amalannya. Meskipun kita merasa rajin ibadahnya, tidak seharusnya kita untuk bersikap sombong karena merasa amalannya lebih baik.

Karena sudah pasti segala sesuatu atas kehendakNya, bisa jadi amalan yang kita kerjakan sudah baik, namun belum tentu diterima oleh Allah SWT. Kita pun tidak tahu punya dosa dari mana saja, karena manusia juga tidak luput dari kesalahannya.

Maka dari itu, ingat dengan amalan kita selama ini apakah diterima atau tidak. Sehingga rasa sikap sombong di dalam diri pun jadi lebih berkurang.

4. Banyak mensyukuri nikmat Allah 

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik Ilustrasi orang yang mensyukuri hidup (Pexels.com/Idina Risk)

Buka mata terhadap segala sesuatu yang kita jalani hari ini, seperti masih bisa makan yang layak, masih tidur di tempat yang nyaman, masih punya pekerjaan, dan setidaknya memiliki orang-orang yang kita kenal. Itulah sebuah rezeki yang luar biasa dari Allah SWT yang sepatutnya kita syukuri.

Belajar untuk memahami segala sesuatu yang ada di sekitar kita, maka rasa syukur pun ikut terbuka lebar. Dengan banyaknya mensyukuri nikmat dari Allah, kita pun jadi gak perlu ada rasa tinggi hati.

5. Selalu merasa bahwa diri masih banyak dosa 

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik Ilustrasi orang yang kurang bersyukur. (pexels.com/Lola Russian)

Kurang lebih seperti di poin ketiga, manusia memang tidak luput dari kesalahan. Kita tidak tahu sudah punya berapa banyak dosa dari masa lampau hingga detik ini.

Merenungkan terhadap dosa sendiri salah satu cara agar kita terhindar dari rasa jumawa. Sehingga kita pun merasa tidak layak untuk bersikap sombong seperti itu.

6. Selalu ingat bahwa dunia hanya sementara 

6 Tips Cegah Sifat Sombong Menurut Islam, Perbaiki Diri Lebih Baik Ilustrasi sedang bertafakur (Pexels.com/Samuel Silitonga)

Poin terakhir untuk bisa menghilangkan rasa sifat sombong pada diri sendiri yaitu selalu mengingat bahwa hidup di dunia ini cuma sementara. Kita mengetahui hal tersebut, bahwa setelah dunia itu masih ada kehidupan lain yaitu akhirat, tempat kehidupan makhluk hidup paling kekal dan abadi selamanya.

Lihat sekarang kita yang masih hidup di dunia, yang sifatnya sementara. Sedangkan kalau kita bersikap sombong atas sesuatu, hal itu pun nilainya akan sementara juga, alias bukan milik kita.

Perlu digaris bawahi, jika orang bersikap sombong atas hal apapun itu meskipun bercanda, itu sungguh tidak baik di pandangan Allah, sangat merugikan bukan? Jadi, sebaiknya kita sesama manusia bersikap sewajarnya saja di depan orang-orang, dan tetaplah mengerjakan kebaikan.

Baca Juga: Hindari 5 Mindset yang Bisa Membuatmu menjadi Sombong

Gebialya Photo Verified Writer Gebialya

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya