Comscore Tracker

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh 

#IDNTimesLife Biar mampu bertahan dalam kondisi tersulit

Segala sesuatu membutuhkan proses, termasuk ketika kamu ingin menjadi pribadi yang tangguh. Memiliki karakter satu ini akan membuatmu menjadi sosok yang gak mudah menyerah serta mampu mencari solusi dari setiap persoalan yang dihadapi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar kamu semakin kuat menghadapi berbagai permasalahan hidup. Kamu pun bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? Langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini!

1. Jangan pernah lari dari masalah sekecil apa pun

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Pexels.com/SplitShire

Persoalan ada untuk dihadapi, bukan dihindari. Kebiasaan lari dari masalah hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang lemah. Sekecil apa pun ujian yang datang, cobalah menyikapinya dengan lapang dada. Setelah itu, perlahan carilah solusi dari permasalahan yang menimpamu tersebut.

2. Menjadi orang yang mau belajar dari kesalahan

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Pexels.com/Polina Sirotina

Gak sedikit orang yang enggan disalahkan atau mengakui kesalahannya. Mungkin kamu salah satunya. Padahal dari situ sebenarnya kamu dapat belajar agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terlebih jika kamu ingin menjadi seorang yang tangguh, banyak-banyaklah belajar dari kesalahan yang telah kamu buat.

3. Melihat cobaan sebagai batu loncatan menuju pribadi yang lebih tangguh

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Pixabay.com/Xusenru

Masih banyak orang yang menganggap cobaan sebagai kesialan yang pantas diratapi. Kalau kamu ikut-ikutan berpikiran begitu, itu artinya kamu belum siap menjadi sosok yang dapat diandalkan. Karena, orang-orang tangguh biasanya akan menjadikan setiap musibah yang datang sebagai batu loncatan agar mampu pribadi yang lebih kuat.

Baca Juga: Mampu Kendalikan 7 Emosi Ini, Terbukti Kamu Punya Mental yang Kuat!

4. Gak pernah menyalahkan orang lain saat ditimpa musibah

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Pexels.com/Burst

Salah satu tanda jiwa yang lemah ialah senang melemparkan kesalahan kepada orang lain ketika ditimpa musibah. Padahal mungkin kekeliruan itu murni buatanmu sendiri. Bagaimana kamu bisa menjadi sosok yang tangguh kalau menghadapi persoalan sendiri saja gak mampu?

5. Gak suka membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Pixabay.com/Pexels

Kebiasaan membanding-bandingkan hanya akan membuat hatimu kian gelisah. Apalagi jika kamu kerap membandingkan diri dengan orang-orang yang status sosialnya jauh di atasmu. Untuk itu, belajarlah untuk menerima diri sendiri agar hatimu lebih tenang. Dengan begitu, perlahan kamu bisa tumbuh menjadi sosok tangguh serta memiliki prinsip yang kuat.

6. Mudah memaafkan kesalahan orang lain

Agar Gak Mudah Jatuh, 6 Langkah Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Pexels.com/Kristina Paukshtite

Memaafkan orang yang telah menyakitimu memang bukan perkara yang mudah. Namun, gak ada salahnya jika kamu terus mencobanya. Siapa tahu perlahan-lahan hatimu bisa terbuka untuk merelakan kesalahan orang lain. Jika berhasil melakukan ini, secara gak langsung kamu telah menjadi sosok yang kuat.

Itulah 6 cara yang dapat kamu lakukan agar menjadi pribadi yang tangguh. Kira-kira, nomor berapa nih yang sudah kamu praktikkan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya