Comscore Tracker

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!

Bagikan perjalananmu pada orang terdekat

Kalau bisa memilih, semua pekerja tentu ingin tiba di rumah sebelum hari gelap. Selain agar waktu istirahat menjadi panjang, pulang kerja di malam hari juga lebih berisiko untuk keselamatan diri

Bahaya yang lebih besar mengancam baik perempuan maupun pria. Namun, tentu saja kamu tak bisa selalu pulang sore. Ada kalanya kamu harus lembur atau bekerja dengan sistem shift. 

Supaya perjalanan pulangmu lebih aman, ikuti tips-tipsnya di bawah ini. Jaga terus kewaspadaanmu sekalipun tubuh sudah capek dan mengantuk.

1. Sebaiknya pulang bersama teman, jangan sendirian

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi pulang kerja (pexels.com/Lidia Riehman)

Selama ada teman satu arah, mengapa tidak pulang bersama? Terkesan sederhana, tetapi inilah cara paling mudah untuk menjaga keselamatan masing-masing.

Kalian dapat menggunakan kendaraan umum yang sama, salah satu memberikan tumpangan, atau berkendara sendiri-sendiri tetapi beriringan. Ketika kalian berpisah, setidaknya jarak rumah telah lebih dekat.

2. Bagikan perjalananmu pada orang terdekat

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi pulang kerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat kamu pulang di malam hari, penting untukmu mengabari orang di rumah. Bagikan perjalananmu, minimal kamu naik apa dan sudah sampai di mana. Apalagi kalau rute atau alat transportasinya berbeda dari yang biasa kamu gunakan.

Bila perlu, kamu dapat berpura-pura menelepon orang terdekat dan mengabarkan perjalananmu. Tindakan ini diambil agar driver atau orang di sekitarmu berpikir seribu kali bila hendak melakukan kejahatan padamu.

3. Jangan menerima atau memberi tumpangan pada orang tak dikenal

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi memberi tumpangan (pexels.com/Matheus Bertelli)

Saat kamu menunggu kendaraan umum di malam hari yang sepi, adanya seseorang yang menawarkan tumpangan barangkali terasa menggiurkan. Apalagi sosoknya ramah, berjenis kelamin sama, dan tidak terlihat berbahaya. Kalau ikut dengannya, kamu jadi lebih cepat sampai rumah.

Sayangnya, beginilah cara sebagian penjahat beraksi. Tidak langsung dengan tindak kekerasan, melainkan terlebih dahulu mendekati targetnya dengan cara yang halus. Untuk alasan yang sama, sebaiknya kamu juga tidak memberi tumpangan pada orang asing.

Jika kamu merasa kasihan padanya, lebih baik minta dia menunggu. Kamu dapat pergi ke pos polisi terdekat dan memberi tahu petugas bahwa sepertinya ada orang yang membutuhkan bantuan, tetapi kamu tidak mau mengambil risiko. 

4. Hindari menunjukkan barang berharga

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi pulang kerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Guna membagikan perjalananmu pada orang di rumah, kamu memang butuh membuka HP. Akan tetapi, jangan berlama-lama menggunakannya. Pakai seperlunya saja lalu pusatkan konsentrasimu pada orang-orang di sekitarmu dan perjalanan itu sendiri.

Jika kamu tampak waspada, orang yang punya niat jahat pun akan merasa takut. Jaket dengan saku di bagian dalam lebih aman buat menyimpan HP dan barang berhargamu lainnya ketimbang tas. 

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

5. Kenakan pakaian yang paling mudah untuk gerakan membela diri

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi perempuan di stasiun (pexels.com/Anna Shvets)

Terutama untuk perempuan, pulang malam dengan mengenakan rok atau sepatu berhak tinggi tidaklah dianjurkan. Apabila terjadi ancaman dari orang di sekitarmu, kamu akan kesulitan untuk membela diri.

Jangankan melawan, lari menghindar pun kamu bakal kesulitan. Salah-salah kamu malah lebih mudah cedera dalam upayamu menyelamatkan diri. Kenakan celana panjang yang tidak terlalu ketat serta sepatu olahraga.

6. Pilih rute yang lebih ramai meski memutar

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi berkendara di jalan sepi (pexels.com/Andre Mouton)

Rute yang ramai biasanya paling dihindari orang. Terlebih para pekerja yang sudah lelah seharian beraktivitas dan ingin secepatnya sampai di rumah. Namun, jalan pintas dan sepi tidak tepat dilintasi di malam hari dan seorang diri.

Kamu bisa menjadi korban pembegalan dan kesulitan mendapatkan pertolongan. Bersabarlah sedikit dengan mengikuti padatnya arus kendaraan, yang penting kamu pulang dengan selamat.

7. Simpan nomor darurat polisi

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi pulang kerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Di mana pun kamu berada, nomor darurat sebaiknya ada di HP-mu. Terutama nomor polisi, yaitu 110. Untuk mencegah kamu lupa ketika membutuhkannya, pastikan dirimu telah menyimpannya.

Meski tentu saja, apabila masih ada orang lain di sekitarmu, meminta pertolongan pada mereka bakal lebih cepat. Juga, jangan sekadar iseng ketika menelepon nomor darurat polisi, ya!

8. Bawa senjata sederhana seperti pepper spray

8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!ilustrasi pulang kerja (pexels.com/Keira Burton)

Pepper spray atau semprotan merica merupakan salah satu senjata sederhana yang dapat kamu bawa dengan mudah. Letakkan pepper spray di bagian tas atau saku yang mudah diambil.

Walau maksudmu buat melindungi diri dari potensi bahaya di jalanan, hindari membawa senjata tajam apa pun. Takutnya, kamu berlebihan dalam melawan atau senjata tersebut justru membahayakanmu ketika kamu kalah dalam pergulatan dengan penjahat.

Bagi kamu yang bekerja, tidak ada banyak pilihan untuk menentukan jam pulang. Mau tidak mau, kamulah yang harus meningkatkan kehati-hatian selama perjalanan pulang. Waspada terus, ya!

Baca Juga: 5 Tips Kerja Aman dan Nyaman Selama di Kantor, Bikin Betah

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya