Comscore Tracker

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Ini

Percaya diri penting untuk menunjang masa depanmu

Tidak semua orang dilahirkan dengan rasa percaya diri yang baik. Tetapi bukan berarti kamu harus pasrah jika dilahirkan dengan rasa kepercayaan diri yang rendah. Kamu bisa dan harus belajar mengembangkannya. Kepercayaan diri adalah kualitas yang sangat penting dan hal ini bisa dilatih.

Coba bayangkan seberapa sering berpikir bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan impianmu dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Jika kamu adalah orang yang percaya diri, tentu bakal lebih sering memimpikannya. Namun ini terjadi sebaliknya untuk kamu yang kurang percaya diri.

Itulah sebabnya deretan tips psikologis berikut ini berguna untuk kamu yang kurang percaya diri. Apa saja tipsnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Belajar menerima pujian

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Iniunsplash.com/@ann_van_

Semua orang bereaksi terhadap pujian secara berbeda. Beberapa orang merasa malu, bahkan ada yang memperhatikan kekurangan mereka. Ini adalah cara yang salah sebagai respons terhadap pujian dan menunjukkan ketidakpercayaan diri. Selain itu, respon tersebut bisa terdengar seolah kamu tidak menghargai pendapat orang yang memberikan pujian.

Cara terbaik untuk bereaksi terhadap pujian adalah dengan tersenyum tulus dan berkata, "Terima kasih." Jangan berasumsi bahwa ada motif jika seseorang mencoba menyanjungmu. Coba saja percaya bahwa beberapa kualitas dirimu mungkin benar-benar tampak menarik bagi orang lain.

2. Jangan coba menjadi sempurna

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipixabay.com/id/users/mickey970

Katakanlah kamu punya jadwal yang sangat ketat sampai harus menjawab dua puluh panggilan telepon, menghadiri sepuluh pertemuan, membaca dan membalas email. Seolah tidak ada satu menit pun yang tidak efektif untuk dirimu. Tapi bukannya puas, kamu justru akan merasa kecewa jika ternyata hasil dari pekerjaanmu tidak cukup baik.

Ketika kamu menetapkan tujuan yang tidak mungkin bisa kamu capai, kamu akan bergerak menuju kegelisahan, bukan kesuksesan. Orang-orang sukses juga membuat kesalahan dan menyesali beberapa keputusan yang mereka buat. Tetapi mereka melihat pelajaran dalam semua situasi ini, bahwa tidak mungkin untuk bisa menyenangkan semua orang.

3. Bicaralah dengan orang asing

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Initopcv.vn

Pergilah ke sebuah acara di mana kamu tidak mengenal siapapun dan mencoba memainkan peran sebagai orang yang percaya diri. Kamu tidak perlu menjadi bintang saat itu juga. Mungkin ini akan sulit dilakukan ketika kamu sedang dikelilingi oleh orang asing, tapi kamu akan merasa lebih percaya diri nanti karena tidak ada orang lain yang benar-benar mengenalmu.

Selain itu, cobalah untuk memulai percakapan dengan orang asing dalam kehidupan sehari-harimu. Bersikap ramah dengan kasir atau berbicara dengan pelayan di kafe. Ingat, ini mungkin tidak akan bekerja pada semua orang. Jika kamu merasa sangat tidak nyaman ketika berbicara dengan salah satu orang, kamu boleh menghentikan percobaan.

Baca Juga: 7 Karakter yang Cowok Inginkan Ada Dalam Diri Pendamping Hidupnya 

4. Pikirkan tentang dirimu yang ideal

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipixabay.com/id/users/StartupStockPhotos

Apa yang akan dilakukan dirimu dengan percaya diri dalam sebuah situasi? Ini adalah pertanyaan bagus yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri dari waktu ke waktu. Terutama, ketika kamu akan melakukan sesuatu yang membutuhkan rasa kepercayaan diri. Kamu tidak perlu keluar dan mulai berbicara dengan orang paling menarik di jalanan, tetapi mulailah dari hal yang kecil seperti tersenyum pada orang asing.

Saat melamar pekerjaan, kirimkan CV sebaik mungkin. Jangan khawatir tentang konsekuensinya. Bersiap untuk mengambil resiko. Tanggung jawab adalah apa yang setiap orang percaya diri harus mampu lakukan.

5. Tandai prestasimu

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipixabay.com/id/users/picjumbo_com

Buat buku harian tentang pencapaian kamu dan tuliskan hal-hal baru setiap hari. Jangan hanya menuliskan hal-hal yang sangat besar. Tandai pula setiap langkah menuju pencapaian, meskipun itu terlihat kecil. Misalnya, "makan oatmeal untuk sarapan," "sudah membaca dua puluh halaman buku," dan seterusnya. Ketika kamu memiliki banyak alasan untuk bangga dengan diri sendiri, ini akan membantu meningkatkan kepercayaan dirimu.

6. Hapus pikiran negatif

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipixabay.com/id/users/DanaTentis

Cobalah untuk melacak semua pemikiran yang kamu miliki selama seminggu. Tuliskan semua yang terkait dengan perasaan negatif. Tanyakan kepada diri kamu pertanyaan, "apakah kamu memiliki alasan nyata untuk merasa buruk?" Setelah kamu menganalisis pikiranmu, kamu akan menyadari bahwa kebanyakan dari hal tersebut tidak didasarkan pada apapun. Ketika kamu menganalisis yang negatif, kamu juga harus membuat daftar kualitas dan pencapaian positifmu. Kamu dapat membacanya setiap kali memiliki pikiran negatif dalam benakmu.

7. Jaga punggungmu tetap lurus dan ubah cara berjalan

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipsychologistworld.com

Punggung yang lurus, gerak tubuh yang terbuka, dan jalan yang penuh percaya diri adalah beberapa tanda yang dimiliki oleh mereka yang percaya diri. Jadi, pertahankan kepalamu tetap tegak, jaga punggung tegak, dan lihat ke atas, bukan ke bawah. Orang-orang di sekitar kamu akan melihat ini dan kamu akan segera melihat bahwa dirimu terasa berbeda. Dalam sebuah penelitian dari Columbia dan Harvard University menunjukkan bahwa bahasa tubuh orang yang percaya diri bisa mengurangi tingkat stres mereka.

8. Pertahankan kontak mata selama percakapan

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipixabay.com/id/users/jamesoladujoye

Kamu bisa mendeteksi suasana hati dan emosi seseorang dengan melihat mata mereka. Bayi menatap mata orang tua mereka untuk memahami emosi mulai usia sembilan bulan.

Pembohong biasanya memalingkan muka, untuk menyembunyikan fakta bahwa mereka berbohong. Ketika seseorang menghindari kontak mata, itu berarti mereka tidak percaya diri. Jadi, menjaga kontak mata dengan orang lain akan membantu kamu mendapatkan kepercayaan dan meyakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang jujur.

9. Jangan terlalu banyak membuang waktu di media sosial

Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Inipixabay.com/id/users/khsmiley

Jangan melihat foto orang yang dikenal dan membandingkannya dengan dirimu sendiri, kebiasaan ini dapat merusak harga dirimu. Media sosial adalah tempat orang bersaing untuk menjadi sukses. Orang-orang hanya memposting foto-foto indah dari tempat-tempat menakjubkan dan sangat sedikit orang yang mengambil foto narsis di rumah sambil mengenakan pakaian biasa dan melakukan pekerjaan rutin mereka.

Periksa media sosialmu, berhenti mem-follow orang yang terus-menerus memposting foto diri mereka sendiri dan biarkan dirimu beristirahat sejenak dari situs web atau aplikasi ini.

Baca Juga: Pilihanmu Terhadap Permata Ini Bisa Tunjukkan Kepribadianmu!

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You