Comscore Tracker

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!

Bisa bahaya kalau merasa bersalah terus-terusan..

Setiap orang pasti pernah merasa bersalah. Namun, perasaan bersalah yang berlebihan dan tidak segera diatasi dapat berakibat buruk bagi hidupmu lho! Kamu akan merasa tertekan sekaligus merasa sulit untuk maju dalam hidup. Jika sudah demikian, bisa saja kamu mengalami depresi hingga sulit berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengatasi hal tersebut, coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Pahami rasa bersalah yang kamu alami

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!funeralbasics.org

Seringkali, kita merasa bersalah karena menganggap telah melakukan atau mengatakan sesuatu yang menyakiti perasaan orang lain. Rasa bersalah seperti ini, memang normal. Namun agar terlepas dari rasa bersalah, cobalah ajak berbicara orang yang kamu rasa tersakiti agar tahu apa yang sebenarnya dia rasakan. Belum tentu dia menganggapmu bersalah, kok!

2. Berhenti berpikir 'harus' pada diri sendiri

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!luvze.com

Ketika kamu berpikir untuk fokus 'saya harus melakukan ini atau saya seharusnya melakukan itu', itu sama saja jika kamu sedang bersikap kritis terhadap diri sendiri. Tentunya hal ini tidak baik karena dapat membatasi potensi yang ada di dalam diri untuk tumbuh dan berkembang.

Pikiran kamu juga akan menjadi sempit karena hanya berfokus pada pemikiran 'keharusan'. Akibatnya, kamu akan merasa benar-benar terpuruk jika 'keharusan' tersebut tidak terlaksana. Oleh karenanya, hindari pemikiran-pemikiran seperti itu.

3. Coba hargai usaha yang telah kamu lakukan

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!pinterest.com

Cara terbaik untuk menghilangkan perasaan bersalah yang menghantuimu adalah dengan menyadari dan menghargai segala bentuk usaha yang telah kamu lakukan. Meskipun kenyataannya, apa yang dilakukan berdampak negatif pada orang lain dan membuat dirimu merasa bersalah, kamu bisa mengevaluasinya agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Selain itu, kamu harus menganggap jika usaha yang kamu lakukan adalah usaha terbaik yang sudah diberikan, sehingga tidak perlu lagi merasa bersalah.

Baca Juga: 11 Perasaan Bersalah Ini akan Menghantuimu Jika Kamu ML Sebelum Nikah

4. Melihat kesalahan yang kamu perbuat dari sudut pandang orang lain

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!cdn.theactivetimes.com

Tidak semua hal yang menurutmu salah itu benar. Oleh karenanya, kamu butuh pandangan orang lain terhadap permasalahan yang sedang kamu alami. Kesampingkan pandangan mu dan coba tanyakan pada orang lain.

Lihat dari sudut pandang orang tersebut. Mungkin saja dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk melihat situasi yang sedang kamu alami dan mampu mengatasi rasa bersalah yang berlebihan.

5. Mengakui kesalahan yang sudah kamu lakukan

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!social.hays.com

Jika memang kamu telah melakukan suatu hal yang menyakiti perasaan orang lain, akuilah hal tersebut. Selain itu, jika kamu merasa bersalah di saat kamu tak perlu merasa bersalah atau tidak melakukan hal yang salah, sebaiknya segera anggap perasaan tersebut perasaan yang tidak sehat.

Merasa bersalah atas hal yang tidak pernah kamu lakukan, bisa saja memengaruhi pemikiranmu terhadap dirimu sendiri. Lebih baik mengakui kesalahan yang memang kamu perbuat saja.

6. Cobalah meminta maaf pada orang yang telah kamu sakiti secara langsung

6 Cara Menghilangkan Perasaan Bersalah, Jangan Sampai Terpuruk!thoughtco.com

Jika benar kamu melakukan hal yang salah, sebaiknya segeralah minta maaf pada orang yang bersangkutan. Pastikan jika permintaan maaf kamu tulus dan tidak memberikan alasan dari tindakan yang kamu perbuat sebelumnya. Setelah itu, kamu bisa merenungkan hal yang kamu lakukan dan berpikir untuk tidak mengulangi hal yang serupa.

Itulah cara menghilangkan perasaan bersalah dari dirimu. Perasaan bersalah yang menumpuk dapat mengakibatkan munculnya hal buruk pada kehidupanmu, baik secara fisik, emosional, maupun spiritual. Oleh karenanya, segera atasi perasaan bersalah yang kamu rasakan dengan hal-hal di atas.

Baca Juga: Jangan Merasa Bersalah Kalau Orang-orang Nyinyir Padamu Karena Hal Ini!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya