Comscore Tracker

5 Hal Sederhana untuk Kamu Berkembang Jadi Pribadi Lebih Baik

Harapan banyak orang di setiap tahun, nih

Setiap orang pasti berharap agar setiap tahun mereka bisa berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik. Tentu harapanmu juga sama seperti itu, bukan? Harapan ini tentu gak mustahil untuk kamu capai, jika dilakukan dengan keyakinan berubah kearah yang lebih baik.

Sebenarnya banyak cara sederhana untuk mendorong dirimu berkembang. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari bahkan meremehkan suatu hal sederhana. Padahal seperti yang diketahui bahwa perubahan besar biasanya diawali oleh sesuatu  yang kecil. Nah, berikut ini adalah lima hal sederhana yang mampu mendorongmu berkembang jadi pribadi lebih baik.

1. Hentikan kebiasaan membuang waktu

5 Hal Sederhana untuk Kamu Berkembang Jadi Pribadi Lebih Baikilustrasi perempuan melamun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanpa disadari kebiasaan membuang waktu hanya akan menghambatmu untuk berkembang, nih. Kebiasaan membuang waktu yang dimaksud seperti sering menunda pekerjaan, mengeluh tanpa melakukan hal apapun atau terlalu banyak menghabiskan waktu bermain sosial media.

Jika kamu ingin berkembang lebih baik cobalah untuk menghentikan kebiasaan membuang waktu dari sekarang. Kamu bisa mengatasinya dengan membuat prioritas, hal ini agar kamu bisa membedakan mana hal yang mendesak dan mana yang tidak. Selain itu, gunakanlah media sosial dengan lebih bijak agar waktumu gak terkuras habis hanya untuk scrolling seharian.

2. Berusaha untuk meningkatkan kemampuan

5 Hal Sederhana untuk Kamu Berkembang Jadi Pribadi Lebih Baikilustrasi latte art (pexels.com/Chevanon Photography)

Selanjutnya, hal mendasar yang gak boleh kamu lewatkan jika ingin berkembang adalah belajar dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilanmu. Hal ini akan sangat berguna dalam mengembangkan kariermu, lho.

Dengan memiliki skill yang mumpuni, tentu saja akan membuka kesempatan dan peluang baru untuk kamu berkembang. Sehingga gak mustahil jika kamu bisa memiliki pekerjaan atau mencapai karir yang kamu impikan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Jadi Pribadi Autentik, Apa Adanya Lebih Nyaman

3. Belajar dari kesalahan sebelumnya

5 Hal Sederhana untuk Kamu Berkembang Jadi Pribadi Lebih Baikilustrasi perempuan melamun (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan dimasa lalu. Nyatanya kesalahan di masa lalu bisa menjadi sebuah pembelajaran bagimu asal kamu mau merenungi, di mana letak kesalahannya sehingga kamu gak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

Belajar dari kesalahan sebelumnya juga menjadi salah satu hal yang membantumu untuk berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Dari sanalah kamu akan paham arti penting dari bertanggung jawab. Jadi kamu pun lebih bijak dalam mengambil keputusan di masa depan.

4. Rencanakan tujuan untuk masa depan

5 Hal Sederhana untuk Kamu Berkembang Jadi Pribadi Lebih Baikilustrasi menulis rencana (pexels.com/Magnetme)

Untuk mendorong dirimu berkembang maju, kamu bisa memulai dari hal kecil atau rencana jangka pendek seperti membuat rutinitas harian atau mingguan yang dapat membantumu berkembang lebih baik.

Selain itu membuat rencana jangka panjang juga penting. Misalnya dalam 5 tahun ke depan kamu ingin memiliki sebuah rumah. Untuk mencapai target itu buatlah rencana yang dapat membantumu untuk mewujudkannya.

5. Belajar menghadapi rasa takut

5 Hal Sederhana untuk Kamu Berkembang Jadi Pribadi Lebih Baikilustrasi pusing (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Well yang gak kalah penting dalam menunjang perkembangan diri adalah belajar menghadapi rasa takut. Mungkin ini terdengar sepele, tapi sebenarnya hal ini sangat berpengaruh.

Jika kamu terus merasa takut dalam memulai hal yang sebenarnya mengarahkanmu jadi lebih baik, maka kamu akan sulit mencapai yang kamu inginkan. Jadi, cobalah belajar menghadapi rasa takut dengan cara mengenali apa yang membuatmu takut. Lalu coba tenangkan diri dan lebih berpikir positif.

Wah, ternyata hal-hal sederhana yang dijelaskan diatas menjadi faktor pendukung agar kamu bisa berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Mungkin sudah ada yang kamu terapkan? Jika sudah, semangat untuk kalian. Sedangkan untuk kamu yang baru memulai, jangan berkecil hati. Cobalah memulai satu demi satu, pasti akan terwujud.

Baca Juga: 5 Sikap yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Melakukan Kesalahan

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya