Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Jadikan Prioritas Setiap Memasuki Tahun Baru

Bikin kamu jadi pribadi yang berkualitas

Tak terasa tahun akan segera berganti dan mau tak mau kamu pun harus segera berbenah diri. Kehidupan akan terus berjalan dan akan ada banyak hal yang menantimu di tahun depan.

Tak hanya mengejar persoalan karier, finansial, keluarga; ada juga hal-hal lain yang seharusnya dijadikan prioritas utama setiap memasuki tahun yang baru.

Berbeda dengan resolusi, lima hal ini bisa kamu prioritaskan agar kamu menjadi pribadi yang baru dan semakin berkualitas. Apa saja sih hal tersebut?

1. Punya lebih banyak kebaikan yang dilakukan untuk orang lain 

5 Hal yang Harus Kamu Jadikan Prioritas Setiap Memasuki Tahun Baruilustrasi masalah solidaritas (unsplash.com/timmarshall)

Orang yang memberi banyak manfaat bagi orang lain adalah sebaik-baiknya menjadi manusia. Semakin banyak kamu berbuat kebaikan, maka akan semakin berarti kehidupanmu akan terasa.

Tak perlu sesuatu yang besar, kamu bisa memulai banyak kebaikan dari hal yang kamu mampu lakukan. Jika tahun lalu kamu belum banyak berbuat kebaikan, maka tahun ini harus lebih baik lagi.  

2. Bisa lebih menerima kekurangan diri dan bersikap mindfulness 

5 Hal yang Harus Kamu Jadikan Prioritas Setiap Memasuki Tahun Baruilustrasi menatap ke samping (unsplash.com/barncreative)

Bersikap mindfulness ternyata tak segampang kelihatannya. Menjadi sadar betul terhadap kenyataan dalam hidupmu memang tidaklah mudah. Seiring bergantinya tahun, kamu dituntut untuk bisa menjadi lebih bijak dan bersikap lebih dewasa.

Kamu sadar betul bahwa kamu tak bisa mengeluh terhadap setiap kekuranganmu. Kamu hanya perlu menerima dan menjadikan hal tersebut sebagai caramu untuk bisa lebih memperbaiki diri.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kedisiplinan Diri untuk Mencapai Resolusi Tahun Baru

3. Jangan terlalu memikirkan orang yang tak mengenalmu secara personal 

5 Hal yang Harus Kamu Jadikan Prioritas Setiap Memasuki Tahun Baruilustrasi mengekspresikan amarah (unsplash.com/julienlphoto)

Semakin kamu dewasa harus semakin memberikan efek bahwa kamu akan lebih memperhatikan kesehatan mentalmu pula. Jangan terlalu memikirkan hal yang tak bisa kamu kontrol.

Termasuk persepsi orang terhadap dirimu. Jangan terlalu memikirkan apa yang orang katakan tentangmu jika mereka tidak mengenalmu secara personal. Lepaskan hal yang berada di luar kendalimu, fokuslah pada orang-orang yang mencintaimu.

4. Tak berlarut dalam penyesalan dan kegagalan di masa lalu 

5 Hal yang Harus Kamu Jadikan Prioritas Setiap Memasuki Tahun Baruilustrasi sedang memikirkan seseorang (unsplash.com/joshrh19)

Jika kamu memiliki kegagalan di tahun lalu, maka jangan berlarut dalam kesedihan. Jadikan itu sebagai pembelajaran dan pengalaman berharga. Semua yang terjadi di tahun lalu, biarkanlah berlalu. Setidaknya kamu sudah melaluinya sekalipun itu pahit.

Bersiaplah untuk tahun-tahun ke depannya yang pasti akan memiliki banyak kejutan untuk dihadapi. Waktu tak bisa diputar kembali, jadi jangan habiskan waktumu dalam penyesalan.

5. Fokus pada tujuan dan resolusi yang ingin dicapai 

5 Hal yang Harus Kamu Jadikan Prioritas Setiap Memasuki Tahun Baruilustrasi menulis resolusi (unsplash.com/cathrynlavery)

Pastikan setiap kamu memasuki tahun yang baru, kamu memiliki sesuatu yang kamu rencanakan untuk dicapai.

Memiliki resolusi itu penting agar kamu bisa menggapai tujuan-tujuan kecil yang didapat dalam waktu yang cukup singkat sehingga kamu akan lebih terarah dan tak bingung akan seperti apa kamu menjalani satu tahunmu yang begitu berharga.

Nah, tidak sulit bukan? Itulah lima hal yang bisa kamu jadikan prioritas di setiap tahunnya. Selain bermanfaat untuk dirimu, juga bantu kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Tips Lakukan Refleksi Diri sebelum Membuat Resolusi Akhir Tahun

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya