Comscore Tracker

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Berkualitas

Yuk, mulai memperbaiki diri sendiri 

Kita semua pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Namun seringkali kita merasa bingung bagaimana caranya memperbaiki diri itu sendiri. Memang hal tersebut bukan perkara yang mudah sebab akan banyak tantangan dan rintangan yang harus kamu lalui ketika ingin menjadi seorang yang lebih baik lagi.

Namun, jangan khawatir kamu bisa memulainya dari diri sendiri terlebih dahulu mengubah kebiasaan buruk dan mulai konsisten dengan hal baik yang ingin kamu lakukan. Awalnya memang berat, tapi kamu harus yakin itulah cara untuk meningkatkan kualitas diri. Begini langkah yang bisa kamu praktikkan.

1. Lebih mencintai diri sendiri

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi yang Lebih BerkualitasPexels.com/burst

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu saat ini mulailah untuk lebih mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita bersikap egois dan selalu mementingkan diri sendiri. Namun sebaliknya kita bisa lebih mencintai diri dengan menerima segala kekurangan dan kelebihan yang kita punya. Sehingga kita bisa menerima apa adanya diri kita. Kalau kamu tidak mencintai dirimu sendiri lantas bagaimana orang lain akan mencintaimu?

2. Selalu berpikir dan bertindak positif

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Berkualitaspexels.com/pixabay

Cara kedua yaitu biasakan diri untuk selalu berpikir dan bertindak positif. Dengan selalu berpikir dan bertindak positif dalam kehidupan sehari-hari tentunya hidup kita akan merasa lebih bahagia dan tenang. Memang jika kita menginginkan perubahan baik dalam hidup tidak semudah ketikan tulisan, tidak semudah juga mengucapkan kata sebab kita butuh niat besar untuk melakukan hal tersebut. So, be positive and stay positive ya

Baca Juga: 5 Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Memperbaiki Diri

3. Mulailah untuk mengendalikan amarah dan iri hati

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Berkualitaspexels.com/it's me neisiam

Perasaan amarah, iri hati, atau dengki adalah perasaan yang tidak baik. Jangan biarkan perasaan tersebut kamu biarkan bersarang di hatimu lebih lama. Memang, perasaan tersebut kadang muncul saat kita melihat orang lain lebih sukses, lebih kaya, lebih berhasil dari kita. Namun disadari atau tidak ketika perasaan itu muncul akan membuat diri kita terjebak dalam lubang keburukan. Maka dari itu cobalah untuk menerima keadaan orang lain tersebut ambillah pengalaman darinya dan mulailah untuk belajar memperbaiki diri. 

4. Instoprksi dan tentukan apa yang harus diperbaiki

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Berkualitaspexels/Christina Morillo

Cara selanjutnya yaitu selalu instropeksi diri, instropeksilah dirimu secara menyeluruh. Ketahuilah apa yang menjadi kekurangan dan kelebihanmu. Jika sudah kamu ketahui apa kekurangan dalam dirimu waktunya untuk memperbaiki diri dengan menutupi kekurangan tersebut dengan kelebihan yang kamu punya. Yakinlah ketika kita berusaha untuk memperbaiki diri, itu sama halnya dengan memperbaiki masa depan kita. 

5. Menjadi pribadi yang lebih pemaaf

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Berkualitaspexels.com/Just Name

Cara terakhir yaitu jadilah pribadi yang lebih pemaaf. Tidak hanya menjadi seorang pemaaf untuk kesalahan orang lain, namun menjadi pribadi yang bisa memaafkan kesalahan diri sendiri. Terkadang kita dengan mudahnya memaafkan orang lain yang telah menyakiti kita namun justru sulit memberi maaf pada diri sendiri, akibatnya akan terus diliputi penyesalan dan dihantui oleh kesalahan. Maka dari itu maafkanlah diri sendiri sebelum memaafkan orang lain. 

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Semoga membantumu ya!

Baca Juga: Renungkan 5 Hal Ini Agar Kamu Menjadi Pribadi yang Pemaaf!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya