Comscore Tracker

5 Komunikasi Buruk dalam Hubungan, Gak Nyimak Pasangan Saat Bicara

Bisa buat hubungan lama-kelamaan renggang

Komunikasi adalah kunci penting dalam hubungan, yang mana jika komunikasi di dalamnya buruk maka perlahan-lahan hubungan yang dijalani pun jadi menurun kualitasnya. 

Sehingga sangat penting untuk tahu apa yang menandakan komunikasi dalam hubungan itu buruk. Supaya jangan sampai hubungan renggang dan rusak gara-gara komunikasi yang kurang baik. Beberapa di antaranya ada di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya! 

1. Asyik bicara sendiri dan gak mau memberi pasangan kesempatan bicara

5 Komunikasi Buruk dalam Hubungan, Gak Nyimak Pasangan Saat Bicarailustrasi bicara (pexels.com/Cottonbro)

Salah satu komunikasi buruk dalam hubungan ialah jika salah satu pihak terlalu asyik bicara sendiri sampai tidak memberi pasangan kesempatan untuk bicara. Sesekali mungkin masih bisa dimaklumi, tapi kalau selalu seperti itu jadinya malah buruk untuk hubungan. 

Karena komunikasi adalah obrolan dua arah, sehingga menjadi tidak sehat jika hanya satu yang aktif sedangkan satunya lagi pasif dan tidak bisa ikut bicara. Jadi gak ada salahnya untuk introspeksi diri dan memperhatikan keaktifan pasangan saat kalian ngobrol, jangan kamu aja yang bicara panjang lebar. 

2. Gak menyimak pasangan saat bicara

5 Komunikasi Buruk dalam Hubungan, Gak Nyimak Pasangan Saat Bicarailustrasi gak tertarik (pexels.com/Cottonbro)

Komunikasi buruk lainnya dalam hubungan ialah kalau salah satu pihak tidak pernah menyimak. Sekedar mendengarkan berbeda dengan benar-benar menyimak apa yang pasangan bicarakan. 

Kenapa hal ini termasuk komunikasi yang buruk? Karena komunikasi jadi tak ada gunanya jika seperti ini. Mau bicara atau bercerita panjang lebar selama seharian pun gak ada gunanya kalau diabaikan pasangan, terlihat dari responsnya yang seakan acuh selama kamu bercerita. 

Baca Juga: 6 Tips Tingkatkan Komunikasi dengan Pasangan, Hubunganmu Naik Kelas!

3. Memilih memendam dan silent treatment saat ada masalah

5 Komunikasi Buruk dalam Hubungan, Gak Nyimak Pasangan Saat Bicarailustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Komunikasi yang satu ini sudah bukan hal yang baru lagi, bahwa memendam dan silent treatment pada pasangan adalah komunikasi yang buruk. Yang mana komunikasi semacam ini jika terus dilakukan bisa merusak hubungan. 

Karena setiap masalah tidak akan benar-benar selesai jika suka silent treatment pada pasangan. Sama sekali gak dewasa dan menekan mental karena mengharuskan pasangan untuk paham sendiri, padahal harusnya setiap permasalahan dalam hubungan dibicarakan baik-baik secara terbuka. 

4. Menuntut kepekaan pasangan tanpa mengatakan yang dimaksud

5 Komunikasi Buruk dalam Hubungan, Gak Nyimak Pasangan Saat Bicarailustrasi menatap (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau suka main kode-kodean dengan pasangan juga termasuk komunikasi yang buruk, lho. Dimana kamu tidak pernah bicara terus terang tentang keinginan, isi hatimu, atau bahkan apa yang sedang kamu pikirkan. 

Kamu ingin dia yang peka sendiri untuk menyadari apa yang kamu inginkan darinya, dan kebanyakan hal ini tidaklah berhasil. Menjadi tidak sehat karena komunikasi buruk seperti ini dapat menimbulkan salah paham dan membuat pasangan capek harus menebak-nebak dirimu. 

5. Menyepelekan komunikasi dengan malas berbagi cerita

5 Komunikasi Buruk dalam Hubungan, Gak Nyimak Pasangan Saat Bicarailustrasi pasangan cuek (pexels.com/Cottonbro)

Terakhir, malas bercerita dan memberi kabar pada pasangan adalah komunikasi yang sangat buruk dalam hubungan. Entah itu salah satu pihak saja yang melakukannya atau justru kalian berdua sama-sama malas berkomunikasi. 

Disebut sebagai dry communication, jika terus dilakukan bisa bikin hubungan jadi terasa hambar karena masing-masing malas berinteraksi. Biasanya terjadi pada hubungan yang sudah terjalin lama dan berada di titik jenuh, sehingga malas untuk ngobrol dan deep talk

Beberapa komunikasi buruk memang tidak melukai, akan tetapi ada dampak jangka panjangnya untuk hubungan yang dijalani. Karena bagaimanapun juga komunikasi berperan penting dalam hubungan, jadi kalau komunikasinya buruk tentu hubungan jadi tidak sehat. 

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mengatasi Komunikasi yang Kian Memburuk dengan Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya